Penyebab CDI Vario 110 Karbu Sering Mati atau Meledak

Salam oprex dan salam satu asphal, ok bro kali ini kita akan ngomongin Honda Vario 110 karburator yang sering mati mendadak. Sebenarnya ada banyak faktor yang menyebabkan Honda Vario 110 karburator mogok. Tapi kali ini kita akan fokus membahas masalah pengapian dari motor Vario 110. Honda Vario 110 karbu masih menggunakan CDI untuk otak pengapiannya, tapi CDI ini termasuk kategori CDI canggih. Karena ada beberapa sensor dan relay yang ada didalam. Sensor tersebut mulai dari sensor ECT ( engine coolant temperatur) untuk mengukur panas mesin. Kemudian sensor standar samping dan relay starter.

Sistem pengapian Vario 110 karbu menggunakan pengapian DC, dimana aki / baterai sebagai sumber energi pengapiannya. Nah, spul Vario 110 karbu buat apa bro ? Spul tersebut digunakan sebagai sumber pengisian aki / spul aki, spul lampu sebagai sumber penerangan lampu depan dan satu lagi spul pulser sebagai pembaca timing waktu pengapian. 

Nah, spul pulser ini yang sering kali mengalami masalah jika CDI Vario 110 mengalami kerusakan atau meleduk alias terbakar. Kerusakan yang bersumber dari spul ini akan sangat fatal kalau tidak diperbaiki juga. Biasanya saat ganti CDI tanpa melakukan pengecekan spul pulser, akan membuat CDI baru meledak lagi. Jadi lo bakalan habis 2 CDI mati yang meledak.

Kenapa spul pulser menjadi penyebab CDI meledak? Biasanya hal ini terjadi karena kabel pulser terkikis / mengelupas, ke bagian blok mesin. Jadi arus listrik yang seharusnya masuk ke CDI bocor ke blok mesin / ngeground. Secara bertahap CDI akan meledak dan mengeluarkan asap, karena bagian elco terbakar. Nah, untuk lebih jelasnya langsung saja tonton video dibawah ini dan jangan lupa untuk subscribe terlebih dahulu ya bro... Ya itung - itung Lo bantuin channel dan blog ini supaya bisa berkembang menjadi lebih baik lagi.






Akhir kata dari gua tetep keep riding no arogan, hormati para pejalan kaki. Salam operex dan salam satu asphal, wor... Wor....

Komentar