Sejeworks – Salam oprex dan salam satu asphal, selamat datang para bro semua dan para pecinta otomotif roda dua. Pada kesempatan kali ini kita akan ngomongin masalah yang jarang banget terjadi pada sepeda motor, pada kenyataannya hal ini bisa terjadi pada mesin oto dengan bahan bakar bensin. Masalah seperti juga bisa terjadi pada mesin mobil dengan bahan bakar bensin bro, tapi kita tidak akan ngomongin mobil ya bro. Karena kebetulan blog ini fokus ngomongin motor, maka tidak akan melebar ke topik lain ya bro.. he… he…
Kebetulan masalah kali ini terjadi pada Honda BeAT eco yang filter udaranya menggeluarkan oli mesin dan ngebul asap putih. Jadi kalau motor digas gede, ngebul putih tersebut akan semakin tampak pekat. Ya… intinya ngebul parah lah bro, pada kasus – kasus motor ngebul putih biasanya akan keluar lewat lubang knalpot. Yang disertai dengan berkumpulnya kerak karbun disekitar ruang bakar, busi dan lubang knallpot. Kondisi ngebul asap putih biasanya disebabkan karena 2 hal ya bro, bisa karena stelan bahan bkar yang terlalu miskin dan oli mesin yang ikut masuk keruang bakar. Untuk mengetahui faktor mana yang menjadi penyebab ngebul putih tersebut, bisa dilihat dengan mengecek volume oli mesin. Jika oli mesin berkurang atau bahkan sampai kehabisan, maka bisa dipastikan penyebab ngebul putih tersebut berasal dari oli mesin yang masuk keruang bakar.
Tapi yang menjadi tanda tanya besar ??? kenapa asap putih tersebut keluar lewat filter udara dan lubang hawa. Bukan melalui lubang knalpot ? Untuk menjawab pertanyaan tersebut solusinya harus dengan melakukan bongkar mesin atas. Kebetulan pada motor BeAT yang akan kita bongkar ini, tidak ada noise / suara abnormal pada mesin. Jadi kondisi motor pada bagian filter udara keluar oli mesin dan ngebul putih. Nah untuk lebih jelasnya langsung saja tonton video dibawah ini ya bro.. jangan lupa tinggalkan komen, like, share dan subscribenya ya bro..
Dari video diatas kita akan mengetahui penyebab oli mesin naik ke filter udara dan motor yang ngebul putih. Berasal dari ring piston dan tutup klep yang bocor pada plat saluran pernafasan mesin. Ring kompresi dan ring oli pada piston yang tidak mengembang atau seret membuat kompresi menjadi bocor dan oli mesin ikut masuk kedalam ruang bakar. Akibatnya oli mesin akan ikut terbakar bersama bensin, tapi asap putih karena oli tersebut bukan terbuang ke bagian depan (lubang knalpot). Malah asap putih terbuang kebelakang kedalam ruang karter, sehingga seluruh mesin akan terisi oleh asap putih. Nah asap putih tersebut akan keluar melalui lubang pernafasan mesin, drain bolt dan tutup stick oli mesin. Tapi selang pernafasan mesin adalah tempat yang paling sering kali menjadi jalan keluar asap putih sisa pembakaran, sebab kondisi drain bolt dan tutup stick oli biasanya terpasang dengan kencang. Kecuali kedua part tersebut dibuka maka asap putih akan keluar dari kedua part tersebut.
Cara Mengatasi Ngebul Asap Putih dari Filter Udara
Untuk mengatasi hal seperti ini bisa dilakukan dengan penggantian ring piston, dengan catatan cylinder comp / blok cylindertidak lecet / mbaret dan kondisi piston juga masih mulus tidak ada bekas lecet. Kalau kondisi blok cylinder lecet maka harus dilakukan korter atau penggantian blok cylinder, kedua pilihan ini bisa dilakukan sesuai dengan keterbatasan dana. Jika ingin hemat bisa dilakukan korter (memperbesar lubang liner pada blok cylinder). Yang kebetulan biasanya dibandrol sekitar 50 – 100 ribu.
Komentar
Posting Komentar