Jumlah dan Kanvas Kopling yang Cocok Untuk CBR150, CB150R, Sonic 150, CS 1 dan Supra 150 GTR

Salam oprex dan salam satu asphal selalu, kesempatan kali ini kita akan ngomongin kanvas kopling pada Honda CBR150 Thailand, CBR150R lokal, CBR150LED, CSI, Sonic 150, Supra 150 GTR, CB150R old dan New CB150R LED. Kenapa artikel ini gua bikin borongan untuk semua motor CBR150R, CB150R, Sonic, CSI dan GTR, karena memang motor – motor ini ada beberapa yang beti (beda tipis) jadi gau kelompokan langsung semuanya biar para biker yang punya jenis – jenis motor ini tidak mengalami kesulitan. Tapi sebelum kita ngomong lebih jauh lagi, gua minta bantuan ya untuk subscribe channel ini agar blog dan channel ini bisa berkembang dan selalu update.

Kalau semisal lo masih bingung atau ada unek – unek silahkan koment di video dibawah ini ya bro, supaya gua bisa lebih mudah membalasnya he.. ok dari pada kebenyakan muter – muter langsung saja check it dot bro. Jumlah kanvas kopling, kanvas kopling yang cocok untuk motor Honda CBR150R, CB150R, Sonic, GTR 150 dan CSI.

Jumlah Kanvas Kopling Honda CBR150R, CB150R, CS1, Sonic dan GTR 150


Untuk jumlah kanvas kopling dari semua motor diatas adalah 5 kanvas kopling gesek dengan 4 plat kopling, dengan mengunakan 4 spring clucth (peer kopling) dan 4 baud kepala 10 mm sebagai pengikat peer kopling tersebut. Tapi dari semua motor ini akan kita bagi menjadi 2 sesuai penggunaan kanvas kopling dan kode part masing – masing part. Untuk saat ini sampai artikel ini dibuat kanvas kopling yang dipakai pada jenis motor Honda CBR150R, CB150R dan Sonic memakai kode part KGH dan K56. Kedua kanvas kopling ini mempunyai banyak sekali perbedaan yaitu, bentuk kanvas kopling, harga kanvas kopling dan mur pengikat antara kopling dengan transmisi.


kanvas kopling honda cbr150 thailand injeksi dan karburator



Kanvas Kopling yang Cocok Untuk Honda CBR150R Thailand dan CB150R old


Kode kanvas kopling KGH sebenarnya dipakai sejak CBR150R karburator, Sonic 125 / CS1, CBR150R injeksi Thailand dan kode kanvas kopling ini juga bisa dipakai pada Honda CBR150R old (lokal dengan lampu utama H4) sampai CB150R old. Selain kanvas kopling penggunaan gasket / paking blok kopling sampai presure dan center clucth bisa saling substitusi dengan memakai part yang sama. Pada generasi ini mur pengikat kopling memakai kunci mahkota seperti pada umumnya mur kopling motor Honda pada generasi bebek dan sport lamanya (Tiger dan Megapro).
Harga dari kanvas kopling KGH untuk Honda CB150R old dan temen – temennya diatas sekitar Rp 50 ribu satu lembarnya, jadi totalnya sekitar Rp 250 ribu untuk 5 kanvas kopling. Selain itu sering kali saat penggantian kanvas kopling pada bagian center clucth dan presure clucth mengalami aus / terkikis. Jika dibiarkan saja tanpa mengganti center dan presure clucth sekalian biasanya akan membuat kanvas kopling seret, gampang aus dan rusak kembali. Untuk harga center clucth sekitar Rp 50 ribu dan presure clucth sekitar Rp 160 ribu, tapi kembali lagi ke toko penjual dari part – part tersebut.

Memang kanvas kanvas kopling pada motor – motor ini bisa disubstitusi dengan menggunakan kanvas kopling Honda Tiger dan Supra 100, tapi ada efeknya bro yaitu tarikan motor akan ndut – ndutan dan rasanya ngga karuan bro. Saran gua dari pada lo bakar duit dan ganti 2 kali mendingan ganti dengan kanvas kopling bawaanya pakai KGH, kalau pakai kanvas kopling racing gimana ? Sama saja ngga karuan bro. Tapi kalau mau dicoba mending pakai racing sekalian dari pada diganti memakai kanvas kopling Honda Tiger and the gank he...

Berikut Kode Part Kopling Honda CBR150R Thailand, CS1 CB150R old


Kanvas Kopling 22355-KGH-600
Plat Kopling 22321-KGH-600
Center Clucth 22120-KPP-T00
Presure Clucth 22355-KGH-600
Outer Comp 22100-KPP-T00

Kanvas Kopling Honda New CBR150R LED, New CB150R, Sonic 150, Supra GTR


Pada generasi mesin New CBR150R, New CB150R, Sonic 150 dan Supra GTR 150, mengunakan kode K56 sebagai kode part bagian Kopling. Mesin ini mempunyai banyak sekali perbedaan dengan generasi sebelumnya yang mempunyai kode KGH untuk kanvas koplingnya. Walaupun sama – sama menggunkan DOHC, volume mesin 150 cc dan berpendingan air, tapi nyatanya kontruksi mesin mereka berbeda jauh.

Sering kali saat kanvas kopling aus / terkikis akan membuat oli mesin pada tidak bisa naik dengan sempurna kebagian head cylinder, akibatnya noken as dan head cylinder terkikis karena kurang pelumasan. Asal tahu saja bro harga untuk memperbaiki noken as dan head cylinder yang terkikis sekitar 2 juta, tapi kalau mau hemat bisa dengan merubah noken as dan head cyinder dengan menambahkan bearing. Karena pada motor Honda CBR150R LED, Sonic 150, Supra GTR dan CB150R LED bagian noken as tidak menggunakan bearing / laher, bagian noken as hampir mirip dengan Suzuki Satria 150 Fu Karburator. Tujuannya untuk menghilangkan bunyi kasar dari noken as dan head cylinder yang terkikis tersebut, tapi untuk mencari tukang bubut yang bisa melakukannya lumayan susah.

Maka dari itu bro, jika lo pemilik salah satu dari motor – motor Honda CBR150R LED, Sonic 150, Supra GTR dan CB150R LED  sebaiknya jika kanvas kopling aus segera lakukan penggantian kanvas kopling jangan ditunda – tunda bro. Memang harga kanvas kopling motor – motor ini sekitar Rp 100 ribu untuk 1 pcs, sedangkan kanvas kopling yang dibutuhkan sekitar 5 pcs. Jadi otomatis Rp 500 ribu untuk mengganti kanvas kopling saja belum ongkos bongkar pasang, oli mesin, air coolant, paking kopling dan part – part terkait lainnya.

Berikut Kode Part Kanvas Kopling Honda CBR150R LED, Sonic 150, Supra GTR dan CB150R LED

kanvas kopling 22201-K56-N01
Plat Kopling 22321-KWW-742
Center Clucth 22121-K56-N01
Presure Clucth 22350-k56-N01
Outer Clucth 22121-K56-N01

Nah biar ada gambarannnya tonton video berikut ini sampai dengan selesai dan jangan lupa subscribe terlebih dahulu ya bro.. kalau masih belum jelas denggan artikel ini silahkan tinggalkan komen pada bagian video ya bro..



Akhir kata dari gua tetep keep riding no arogan, hormati para pejalan kaki dan emak – emak. Salam oprex dan salam satu asphal...

Komentar