Sejeworks - Salam oprex dan salam satu asphal, ganti oli mesin sering kali menjadi perdepatan oleh para pemakai sepeda motor, mulai dari kapan dan berapa kilometer waktu penggantian oli mesin, oli apa yang paling cocok untuk motor matic, letak baut pembuangan oli mesin dan kapan waktu penggantian filter oli. Nah untuk khusus postingan kali ini ditujukan bagi para pemakai motor matic Honda mulai dari karburator ataupun injeksi, mulai dari Honda Beat, Vario 150, Vario 125, Vario 110, Scoopy, Spacy, PCX 150. Kenapa semua motor matic Honda gua sebutin semua ? sebab secara pemakaian oli mesin dan jenis filter oli yang dipakai mempunyai banyak persamaan. Nah biar lebih jelasnya langsung saja bacaartikel ini sampai selesai dan jangan lupa tonton videonya, tapi sebelumnya jangan lupa subscribe terlebih dahulu. Kalau mau meninggalkan pertanyaan usahakan di channel video saja, untuk mempermudah gua menjawabnya bro.
Sedangkan untuk posisi baut pembungan Honda Beat disebelah kiri mesin berada disamping dari standar tengah dan sejajar dengan blok CVT. Untuk membuka baud tersebut bisa memakai kunci T 17 mm dan jangan gunakan kunci ring 17 mm apa lagi kunci pas 17 mm, karena sering kali membuat baud tersebut rusak. Tapi jika mau memakai kinci ring usahakan memakai dur klep ring 17 mm, kenapa dur klep bukan kunci ring biasa ? sebenarnya kedua kuci ini sama memakai jenis kunci ring yang membedakannya adalah ketebalan sisi dari masing – masing kunci. Dur klep posisi ujung kunci pas dengan ketebalan dari kepala baud, jadi sangat presisi dan jarang sekali kunci terpleset. Tapi kekurangan dari dur klep yaitu bentuknya yang tipis tersebut membuat kekuatan dan daya cengkram ke baud yang mempunyai torsi yang besar kurang. Sebab biasanya kunci akan melengkung tidak kuat melawan torsi (kekencangan baud) yang terpasang dengan torsi diatas 80 newton.
Maka dari itu untuk antisipasi kehabisan oli mesin dan menurunnnya kualitas oli mesin lakukan penggantian oli mesin setiap 2.000 km atau per 2 bulan sekali. Tapi beda halnya jika motor tersebut ngebul putih (oli mesin terbakar diruang bakar / mesin), penggantian oli mesin bisa sebulan sekali malah bahkan seminggu sekali selama motor masih ngebul dan belum melakukan perbaikan pada piston.
Untuk mengganti oli mesin pada Honda dari posisi sebelah kanan mesin bisa menggunakan kunci ring 12 mm atau kunci shock 12 mm tapi jangan pernah memakai kunci pas 12 m. Karena biasanya akan membuat kepala baut menjadi slek, ingat kepala baut ya bro bukan ulir baut.
Putar kunci ke posisi kiri untuk mengendorkan baut pembuangan oli mesin, setelah itu bisa gunakan tangan untuk melepaskan baud.
Maka oli yang ada didalam mesin akan keluar tapi jangan lupa buka tutup / stick oli mesin agar ada cukup udara yang masuk kedalam mesin. sehingga oli mesin bisa keluar dengan maksimal tanpa tertahan didalam mesin.
Apakah wajib disemprot memakai angin kompresor / spray gun bertekanan tinggi ? asal tahu saja bro angin kompresor mengandung air (H2O). Sehingga dikhawatirkan bisa membuat oli mesin bercampur dengan air dan pada akhirnya akan merusak mesin.
Tapi kalau kompresor tersebut susah dilengkapi filter pemisah air dan angin maka kemungkinan kecil udara kompresor tidak akan bercampur dengan air.
Setelah dirasa oli mesin terbuang semua, maka pasang baut pembuangan oli mesin tapi jangan lupa pasang ring aluminium supaya ulir baut pembungan oli mesin tidak slek.
Apakah perlu ditambah dengan sil tape? tergantung dari jarak kelonggaran antara baut dengan ring aluminium tersebut, jika seret / presisi maka tidak perlu ditambah dengan sil tape.
Tapi jika ring alumium dan baut longgar maka bisa ditambahkan sil tape, dan langkah ini biasanya banyak orang yang salah kaprah. Jadi tolong simak baik – baik agar ulir bautpembuangan motor lo tidak slek.
Cara memberi sil tape pada baut pembuangan pada oli mesin yang benar yaitu lilitkan sil tape tersebut disekitar ulir pertama dengan kepala baut bukan melilitkan sil tape ke seluruh ulir baut bro.
Kecuali jika ulir baut yang terdapat di crank case / bak mesin sudah slek atau dol, silahkan lilitkan sil tape sebanyak – banyaknya ke ulir baut tersebut yang terpenting oli mesin tidak bocor.
Langkah selanjutnya memasang baut oli ke crank case / bak mesin, ingat gunakan tangan dahulu sampai ulir baut tersebut benar – benar terpasang dengan benar.
Setelah itu kencangkan baut dengan memakai kunci ring 12 mm atau kunci shock 12 mm, usahakan torsinya 10 – 20 newton kalau tidak tahu torsinya silahkan perkirakan sendiri dan jangan mengeluarkan semua tenaga untuk mengencangkan baut pembuangan oli mesin.
Saat baut pembuangan telah terlepas maka akan terlihat filter oli mesin dan pegas / peer dibalik baut pembuangan oli mesin. Perhatikan benar – benar posisi filter dan pegas tersebut jangan sampai salah posisi saat pemasangan karena bisa merusak filer oli mesin tersebut.
Supaya oli mesin keluar semua miringkan posisi motor ke arah kiri, sampai oli didalam mesin benar – benar bersih.
Bersihkan filter oli mesin bisa dengan menyemprotnya menggunakan angin kompresor atau mencucinya dengan bensin.
Setelah itu pasang kembali baut pembuangan oli mesin, ingat – ingat posisi sebelum membuka baut pembungan tadi. Posisinya harus seperti ini mulai dari pegas / peer,
kemudian filter oli mesin dan terakhir tutup oli pembungan, pastikan juga pada bagian tutup oli pembuangan terdapat sil / karet gelang untuk mengantisipasi kebocoran pada oli mesin.
Nah yang paling susah adalah pemasangan baut pembuangan oli mesin ini, posisinya harus benar benar tegak lurus dan didorong sedikit kedalam sampai ulir baut dan crank case benar – benar terpasang.
Usahakan torsi kekencangan baut sekitar 10 newton dan jangan terlalu kencang, karena biasanya baut oli pembuangan tersebuta akan pecah. Tapi tenang saja bro sampai seumpama itu terjadi, lo bisa dengan mudah mendapatkan baut tersebut dibengkel.
Karena baut tersebut sama dengan baut pembungan oli mesin Honda Tiger, Megapro Primus, Neotech dll. Alternatif lainnya bisa memakai tutup klep Honda Grand, Supra 100, yang membedakannya hanya kepala baut tutup klep Honda Grand berukuran 14 mm.
Untuk lebih jelasnya tonton video ini sampai selesai dan jangan lupa subscribe terlebih dahulu ya bro, ya itung – itung lo bantuin channel dan blog ini bisa berkembang menjadi lebih baik lagi.
Akhir kata dari gua tetep keep riding no arogan, hormati para pejalan kaki, emak – emak, orang tua, para guru, kong udin. Salam oprek dan salam satu asphal selalu... wor.. wor..
Letak Baut Pembungan Oli Mesin Honda Beat FI
Posisi baut pembuangan oli mesin Honda Beat FI, Beat Esp dan Beat Karbu terletak disamping kanan dan samping kiri dari crank case (bak mesin). Posisi baut pembuangan oli mesin samping kanan dari bak mesin Honda Beat berada didekat standar tengah dan dekat dengan knalpot. Ukuran kepala baud yang dipakai mengunakan kunci ring 12 mm dan bisa juga dipakaikan dengan baut pembuangan oli mesin supra yang ukuran kepala bautnya 17 mm. Yang perlu diperhatikan jika menganti oli mesin Honda Beat, Vario, Scoopy dan Spacy adalah posisi ring aluminium yang harus terpasang pada baut pembuangan tersebut. Fungsinya untuk mencaga supaya ulir baud pembuangan oli mesin tidak slek / dol.Sedangkan untuk posisi baut pembungan Honda Beat disebelah kiri mesin berada disamping dari standar tengah dan sejajar dengan blok CVT. Untuk membuka baud tersebut bisa memakai kunci T 17 mm dan jangan gunakan kunci ring 17 mm apa lagi kunci pas 17 mm, karena sering kali membuat baud tersebut rusak. Tapi jika mau memakai kinci ring usahakan memakai dur klep ring 17 mm, kenapa dur klep bukan kunci ring biasa ? sebenarnya kedua kuci ini sama memakai jenis kunci ring yang membedakannya adalah ketebalan sisi dari masing – masing kunci. Dur klep posisi ujung kunci pas dengan ketebalan dari kepala baud, jadi sangat presisi dan jarang sekali kunci terpleset. Tapi kekurangan dari dur klep yaitu bentuknya yang tipis tersebut membuat kekuatan dan daya cengkram ke baud yang mempunyai torsi yang besar kurang. Sebab biasanya kunci akan melengkung tidak kuat melawan torsi (kekencangan baud) yang terpasang dengan torsi diatas 80 newton.
Berapa Kilometer Ganti Oli Motor Honda Beat
Jika memperhatikan buku panduan penggantian oli mesin pada Honda Beat dan motor matic Honda lainnya, kita kadang akan melihat angka 4.000 kilometer. Apakah ini benar ? ya benar tapi bro, ada banyak syaratnya mulai dari daerah sekitar harus daerah lembab dan tidak panas kayak Jakarta dan sekitarnya. Tidak sering bermacet – macetan, karena kondisi yang sering macet akan membuat mesin bekerja lebih keras tapi spidometer dan jarak temuh tidak bertambah. Nah ini yang menyebabkan perbedaan antara jarak tempuh dan usia pakai mesin. Dan akibatnya oli mesin akan berkurang dari volumenya dan kualitas oli tersebut dengan kilometer yang rendah disepeda motor.Maka dari itu untuk antisipasi kehabisan oli mesin dan menurunnnya kualitas oli mesin lakukan penggantian oli mesin setiap 2.000 km atau per 2 bulan sekali. Tapi beda halnya jika motor tersebut ngebul putih (oli mesin terbakar diruang bakar / mesin), penggantian oli mesin bisa sebulan sekali malah bahkan seminggu sekali selama motor masih ngebul dan belum melakukan perbaikan pada piston.
Cara Ganti Filter Oli dan Oli Motor Matic Honda Beat
Setelah mengetahui diaman lokasi baut pembuangan oli mesn maka kita bisa langsung melakukan penggantian oli mesin. Nah sebelumnya kita tentukan terlebih dahulu dari posisi baut sebelah mana kita akan mengganti oli mesin, sebab beda lokasi bud beda pula kunci yang digunakan. Ok untuk lebih jelasnya langsung saja check it dot..Ganti Oli Mesin Dari Baut Sebelah Kanan Mesin
Untuk baut sebelah kanan mesin jika kondisi motor lo masih original menggunakan baut bawaan asli pabrikan maka ukuran baut tersebut adalah ring 12 mm. Tapi jika ukurannya kepala bautnya telah menjadi 17 mm, berarti motor lo sudah diganti bautnya. Apakah ini bermasalah ? tidak bro, selama ulir baut tersebut masih sama dan tidak diperbesar ngga ada masalah bro.Untuk mengganti oli mesin pada Honda dari posisi sebelah kanan mesin bisa menggunakan kunci ring 12 mm atau kunci shock 12 mm tapi jangan pernah memakai kunci pas 12 m. Karena biasanya akan membuat kepala baut menjadi slek, ingat kepala baut ya bro bukan ulir baut.
Putar kunci ke posisi kiri untuk mengendorkan baut pembuangan oli mesin, setelah itu bisa gunakan tangan untuk melepaskan baud.
Maka oli yang ada didalam mesin akan keluar tapi jangan lupa buka tutup / stick oli mesin agar ada cukup udara yang masuk kedalam mesin. sehingga oli mesin bisa keluar dengan maksimal tanpa tertahan didalam mesin.
Apakah wajib disemprot memakai angin kompresor / spray gun bertekanan tinggi ? asal tahu saja bro angin kompresor mengandung air (H2O). Sehingga dikhawatirkan bisa membuat oli mesin bercampur dengan air dan pada akhirnya akan merusak mesin.
Tapi kalau kompresor tersebut susah dilengkapi filter pemisah air dan angin maka kemungkinan kecil udara kompresor tidak akan bercampur dengan air.
Setelah dirasa oli mesin terbuang semua, maka pasang baut pembuangan oli mesin tapi jangan lupa pasang ring aluminium supaya ulir baut pembungan oli mesin tidak slek.
Apakah perlu ditambah dengan sil tape? tergantung dari jarak kelonggaran antara baut dengan ring aluminium tersebut, jika seret / presisi maka tidak perlu ditambah dengan sil tape.
Tapi jika ring alumium dan baut longgar maka bisa ditambahkan sil tape, dan langkah ini biasanya banyak orang yang salah kaprah. Jadi tolong simak baik – baik agar ulir bautpembuangan motor lo tidak slek.
Cara memberi sil tape pada baut pembuangan pada oli mesin yang benar yaitu lilitkan sil tape tersebut disekitar ulir pertama dengan kepala baut bukan melilitkan sil tape ke seluruh ulir baut bro.
Kecuali jika ulir baut yang terdapat di crank case / bak mesin sudah slek atau dol, silahkan lilitkan sil tape sebanyak – banyaknya ke ulir baut tersebut yang terpenting oli mesin tidak bocor.
Langkah selanjutnya memasang baut oli ke crank case / bak mesin, ingat gunakan tangan dahulu sampai ulir baut tersebut benar – benar terpasang dengan benar.
Setelah itu kencangkan baut dengan memakai kunci ring 12 mm atau kunci shock 12 mm, usahakan torsinya 10 – 20 newton kalau tidak tahu torsinya silahkan perkirakan sendiri dan jangan mengeluarkan semua tenaga untuk mengencangkan baut pembuangan oli mesin.
Ganti Oli Mesin dan Filter Oli Honda Beat dari Sebelah Kiri Mesin
Untuk mengganti oli mesin dari sebelah kiri bisa menggunakan kunci T 17 mm, tapi biasanya kekencangan baut pembuangan oli mesin yang sebelah kiri mesin lebih susah. Jadi untuk mempermudah pekerjaan sambung kunci T 17 mm dengan memakai pipa atau kuci ring lainnya.Saat baut pembuangan telah terlepas maka akan terlihat filter oli mesin dan pegas / peer dibalik baut pembuangan oli mesin. Perhatikan benar – benar posisi filter dan pegas tersebut jangan sampai salah posisi saat pemasangan karena bisa merusak filer oli mesin tersebut.
Supaya oli mesin keluar semua miringkan posisi motor ke arah kiri, sampai oli didalam mesin benar – benar bersih.
Bersihkan filter oli mesin bisa dengan menyemprotnya menggunakan angin kompresor atau mencucinya dengan bensin.
Setelah itu pasang kembali baut pembuangan oli mesin, ingat – ingat posisi sebelum membuka baut pembungan tadi. Posisinya harus seperti ini mulai dari pegas / peer,
kemudian filter oli mesin dan terakhir tutup oli pembungan, pastikan juga pada bagian tutup oli pembuangan terdapat sil / karet gelang untuk mengantisipasi kebocoran pada oli mesin.
Nah yang paling susah adalah pemasangan baut pembuangan oli mesin ini, posisinya harus benar benar tegak lurus dan didorong sedikit kedalam sampai ulir baut dan crank case benar – benar terpasang.
Usahakan torsi kekencangan baut sekitar 10 newton dan jangan terlalu kencang, karena biasanya baut oli pembuangan tersebuta akan pecah. Tapi tenang saja bro sampai seumpama itu terjadi, lo bisa dengan mudah mendapatkan baut tersebut dibengkel.
Karena baut tersebut sama dengan baut pembungan oli mesin Honda Tiger, Megapro Primus, Neotech dll. Alternatif lainnya bisa memakai tutup klep Honda Grand, Supra 100, yang membedakannya hanya kepala baut tutup klep Honda Grand berukuran 14 mm.
Untuk lebih jelasnya tonton video ini sampai selesai dan jangan lupa subscribe terlebih dahulu ya bro, ya itung – itung lo bantuin channel dan blog ini bisa berkembang menjadi lebih baik lagi.
Akhir kata dari gua tetep keep riding no arogan, hormati para pejalan kaki, emak – emak, orang tua, para guru, kong udin. Salam oprek dan salam satu asphal selalu... wor.. wor..
terima kasih mas untuk infonya. aku jadi tahu cara ganti oli mesin. dan bakal aku coba di rumah pas ganti federal oil sendiri nanti
BalasHapusMakasih infonya bang,, saya mau nanya lagi nih.. kanapa motor Honda Beat fi tarikannya berat, gak kuat nanjak maki di gas makin loyo dan getarannya kuat banget.. mohon infonya lagi bang.. terima kasih����
BalasHapus