Sejeworks - Salam
oprex dan salam satu asphal, kesempatan kali ini kita akan ngomongin
biaya servis shock depan pada motor Honda CB150R, CBR150R, Megapro
Primus, Honda Tiger, Megapro New dan Verza. Kenapa banyak benget
jenis motornya ? Sebab semua motor yang gua sebutin diatas mempunyai
banyak sekali kemiripan untuk bagian suspensi depan, jadi kalau lo
salah satu pemakai motor terseebut maka artikel ini gua kasih khusus
buat lo bro… he… Nah biar ada gambarannya tonton video dibawah
ini dan jangan lupa like komen serta subscribe supaya channel ini
bisa berkembang menjadi baja hitam RX king e.. salah menjadi lebih
baik lagi makasudnya bro.
Servis Shock Depan Honda CBR150R dan CB150R
Secara garis besar
untuk biaya servis shock depan sepeda motor dibagi menjadi 3 yaitu,
servis ringan (perawatan berkala), servis sedang penggantian sil
shock dan terakhir servis berat yaitu penggantian penggantian sil
shock dan as shock (pipa shock). Nah dari pembagian tadi yang
membedakannya adalah spare part yang diganti, biar ngga kelamaan
ngelantur langsung aja bro check it dot..
Biaya Servis Ringan Shockbreker Depan
Servis ringan shock
depan sebenarnya perawatan rutin yaitu menguras oli shock lama dengan
menggantinya dengan oli shock baru. Cara ini wajib dilakukan setiap
24.000 km atau per 2 tahun sekali, tujunannya jelas supaya oli shock
bekerja lebih maksimal untuk meredam getaran jalan yang terjal.
Kenapa oli shock harus diganti / dikuras ? Sebab takaran oli shock
akan berkurang dan berubah warrna, selain itu kekentalan oli shock
juga akan menurun jika setelah lama pemakaian.
Tapi bro, kebanyakan
para biker tidak terlalu memeperhatikan kapan waktunya menguras oli
shock motor, sering kali para biker menunggu kalau sil shock bocor
baru melakukan penggantian oli shock. Ya mungkin pikirannya itung –
itung sekali jalan he… tapi kalau sil shock ngga bocor – bocor
dan mampu bertahan 5 tahun, maka kemungkinan besar oli shock tersebut
telah habis.
Biar lebih jelasnya
berikut biaya servis ringan shockbreker depan atau kuras oli shock :
Ongkos bongkar
pasang : Rp 30.000,
Oli shock : Rp
15.000 (motor matic atau bebek 1 botol, sport 2 botol)
Biaya Servis Sedang Shockbreker Depan
Untuk servis
kategori sedang pada shockbreaker depan ada penambahan penggantianya
bro yaitu sil shockbreaker, kebanyakan para biker pasti tahu kalau
sil shock depan bocor maka oli shock akan rembes keluar. Oli yang
remes keluar tapi dibiarkan secara terus menerus maka akan berdampak
pada sistem pengereman, rem depan akan licin karena oli sock menempel
pada kanvas rem dan piringan cakram. Selain itu kalau oli shock
sampai habis maka akan merembet ke spare part lainnya seperti pipa
shock dan pegas shock yang rusak. Berikut estimasi perbaikan shock
depan jika oli shock rembes :
Oli shock : Rp
15.000
Sil Shock ; Rp
70.000 (untuk bebek dan matic) Rp 90.000 (sport)
Ongkos bongkar
pasang : Rp 40.000,
Untuk oli shock
diatas pakai aftermarket bukan original bawaan pabrik ya bro, kalau
original biasanya akan lebih mahal. Sedangkan sil shock diatas pakai
originalnya, untuk sil shock aftermarket banyak yang lebih murah,
tapi urusan kualitas ya harap maklum he.. he…
Biaya Servis Berat Shock Depan
Selanjutnya untuk
biaya servis berat pada shock depan biasanya lebih mahal, apa yang
membuatnya mahal bro ?? yaitu spare part yang diganti yaitu pipa
shock, pegas shock, sil shock dan oli shock. Jadi yang tersisa hanya
buttom shock (tabung shock depan). Penyebabnya karena oli shock benar
– benar habis dan dalam jangka panjang tanpa ada perbaikan. Cirinya
as shock akan mbaret / luka, saat posisi rem depan akan ada bunyi dan
posisi sparkboard depan akan berdekatan dengan cover body. Berikut
estimasi servis berat shock depan sepeda motor :
Sil shock : Rp
70.000,
Oli shock ; Rp
15.000,
Pipa Shock : Rp
300.000,
Peer shock : Rp
30.000,
Ongkos bongkar
pasang : Rp 40.000,
Catatan untuk harga
pipa shock diatas harga 2 pipa shock original buat motor bebek dan
matic, sementara untuk motorsport atau batangan biiasanya lebih
mahal. Sementara kalau pakai pipa shock aftermarket harganya akan
lebih murah tapi kualitasnya jelas sangat berbeda dengan pipa shock
original.
Nah biar ada
gambarannya toton video berikut ini ya bro, tapi sebelumnya subscribe
terlebih dahulu. Kalau mau komen di channel aja bro.. biar gampang
menjawabnya.
Akhir kata dari gua
tetep keep riding no arogan hormati para pejalan kaki, salam oprex
dan salam satu asphal selalu..
Mana alamatnya bang
BalasHapusTerimakasih buat tambahan masukan buat saya👍
BalasHapus