Salam oprex dan salam satu asphal, selamat datang semua
para bro dan sis si blog otomotif yang buakn kaleng – kaleng ini he... he..
Kali ini kita akan ngomongin masalah Honda CBR150R dan CB150R yang sering
banget dialami atau sering terjadi pada 2 motor ini. Motor yang mulai
diproduksi pada tahun 2013 sampai 2015 ini, merupakan motor sport Honda yang
digunakan untuk menandingi dominasi Yamaha Vixion pada clas motor batangan 150cc.
Sebab Honda New Megapro Monoshock kurang begitu digandrungi para konsumen
terutama generasi muda.
Tapi namanya juga motor bro, pasti mempunyai problem
yang sering dialami oleh para pemakainya, entah karena usai pakai atau karena
kerusakan part / komponen. Nah untuk leih jelasnya berikut keluhan dan solusi
pada Hoinda CBR150R dan CB150R old, langsung saja check it dot bro..
Honda CBR150R dan CBR150R Susah Hidup dan Sering Mogok
Penyebab Honda CBR150R dan CBR150R ada beberapa hal
penyebabnya dan tiap kedua motor
tersebut penyebabnya bisa berbeda satu sama lainnya, tapi untuk kali ini gua
menyederhanakannya menjadi beberapa hal.
Kuras Tangki Bahan Bakar / Tangki Bensin
Penyebanya motor CBR150R dan CB150R susah hidup biasanya
karena adanya air dalam tangki bahan bakar, maka dari itu motor perlu perawatan
rutin untuk melakukan kuras tangki. Ya setidaknya setahun sekali untuk
merakukan kuras tangki bahan bakar, tujuannya selain membersihakan air di
tangki bensin sekaligus juga sebagai pencegah agar tangki bahan bakar tidak
karat dan bolong. Ciri – ciri motor CB150R dan CBR150R yang perlu dilakukan
kuras tangki bensin biasanya motor tersebut brebet dan sering mati – matian.
Pompa Bahan Bakar (Fuel Pump) Rusak
Pompa bensin atau biasa disebut fuel pump adalah
komponen pada motor injeksi yang berfungsi untuk memompa bahan bakar dari dalam
tangki bensin ke injektor. Nah pompa bensin ini harus mempunyai tekanan yang
stabil yaitu 300 kpa (kilo pascal), entah pada saat rpm rendah, rpm menengah
dan rpm tinggi. Pada motor CBR150R dan CB150R kerusakan yang sering terjadi
pada soket kabel bagian dalam fuel pump dan pada rotak fuel pump (pressure
regulator).
Koil Rusak
Koil yang rusak pada motor Honda CB150R dan CB150R akan
membuat motor menjadi susah dihidupkan dan sering mogok. Walaupun busi motor
memercikan api itu bukan indikasi bahwa keadaan koil tidak ada masalah, untuk
mengetahui koil tersebut rusak atau tidak silahkan buka artikel gua yang yang
judulnya cara mengecek koil motor.
Honda CB150R dan CBR150R Tidak Bisa Distarter
Accu Soak
Aki atau accu menjadi penyebab pertama motor Honda
CBR150R dan CB150R tidak bisa distarter, accu pada kedua motor ini memakai aki
kering / MF (maintenance free) dengan kapasitas 12 volt 5 a/h. Dan aki motor
ini dibandrol dengan harga sekitar Rp 300.000, sehingga lumayan menguras dompet
he... he.. nah untuk memaksimalkan
penggunaan accu. Maka bisa dengan membuat saklar lampu depan, karena lampu
depan motor CB150R 65 watt sedangkan Honda CBR150R mempunyai 35 watt untuk satu
sisinya, jaddi totalnya sekitar 70 watt untuk lampu depan CBR150r. Saat membuat
saklar lampu bisa dengan memutus kabel masa (-) supaya kondisi saklar tidak
panas.
Bendix atau Relay Starter
Relay starter berfungsi sebagai saklar yang bekerja saat
dialirkan arus listrik kecil untuk membuka arus listrik besar. Arus listrik
kecil disini berasal dari saklar starter / swith starter kemudian akan
mengalisrkan arus listrik dari accu lewat kabel merah yang berhenti dibagian
bendix. Jadi bendix atau relay starter ini ibaratkan pintu bro, ciri – ciri
bendix atau relay starter yang rusak yaitu saat swit starter ditekan bendix
tidak berbunyi cetek – cetek.
Dinamo Starter
Kerusakan pada dinamo starter biasanya diakibatkan
karena sikat / arang starter yang aus atau terkikis, sehingga kumparan didalam
dinamo starter tidak berputar. Penyeba lainny bisa disebabkan karena magnet
didalam dinamo starter pecah dan kumparan didalam dinamo terbakar.
Nah biar ada gambarannya tonton video ini sampai selesai
dan jangan lupa subscribe terlebih dahulu ya bro, supaya channel ini bisa
berkembang dan bertahan.
Akhir kata dari gua tetep keep riding no arogan, hormati
para pejalan kaki, salam oprex dan salam satu asphal.
Misi gan syah mau nnya klo motor cb 150r taun 2014.
BalasHapusKnpa yh klo mau d starter ssah hidup nya.
Nah trus klo d gas sekli gus kya mau mati.
Kndala nya apa yh gan.
Kta bngkel d sini sih fullpump sma one way nya.
Mksih sblum nya gan.
Koil + busi, rotak, penyaring bensin
Hapushttps://www.facebook.com/groups/302266341130080/permalink/1054645312558842/?mibextid=2JQ9oc
Jarum Rotak macet tidak nyembur normal ๐๐๐
Motor cbr 150 r saya mengalami masalah boss ,akibatnya aki di pasang,malah pengapian dari koil ilang,setelah d lepas kabel+ dari aki malah nyala tpi cuman nyala beberapa detik saja ...
BalasHapusMohon tangapi bos gimana cara mengatasi masalah tersebut๐,, tramkasih
Min mau tanya kenapa motor cb 150 r saya susah untuk dinyalakan kalo habis dipakai dengan kecepatan tinggi
BalasHapusKenapa motor CBR 150R saya tidak bisa di stater tpi kalo di Sorong baru hidup..
BalasHapusKereta saya juga barusan kayak gitu kenapa ya?
HapusMau tanya kalo CBR 150R mau main gas setengah mati,,,kira kira penyebab nya apa.info bagi yg tau?
BalasHapusMau nanyak ni
BalasHapusKlok cbr 2014 mati padahal bensin ada dan akinya sehat, pagi pagi itu mati padhal sore kemaren hidup