Sejeworks – Salam oprex dan salam satu asphal, sekring
atau fuse sering kali dianggap hanya sebagai pelengkap atau bahkan pemanis
saja. Jadi para biker sering kali bertindak gegabah atau ceroboh jika
menghadapi sekring putus, padahal salah penanganan pada sekring yang putus akan
berakibat sangat fatal bagi sepeda motor injeksi. Salah satu akibatnya bisa
membuat ECU / ECM jebol atau mati dan membuat motor kebakaran pada bagian kabel
body.
Nah ngeri kan bro ? akibat salah pegang sekring, eh ...
maksudnya salah handel jika sekring sering putus. Jadi supaya tidak salah
penanganan baca artikel ini sampai selesai dan tonton video dibawah ini tapi
jangan lupa subscribe terlebih dahulu ya bro. Ya itung – itung lu bantuin gua
supaya channel ini bisa berkembang dan bisa bertahan dari pihak asong dan aseng
he... he...
Cara Mengetahui Sekring Putus
Untuk mengetahui sekring atau fuse yang putus ada banyak
cara bro, salah satunya dengan cara menerawang sekring tersebut. Ya seperti
menerawang duit asli apa palsu bro, yang membedakannya dengan sekring yaitu
saat menerawang usahakan mata kita fokus pada bagian tengah sekring. Karena
sekring tancap yang biasa dipakai pada sepeda motor sekarang antar bagian kaki
akan saling tersambung dibagian tengah sekring. Sekring yang putus bagian
tengahnya (biasanya berbentuk kawat seperti huruf “ s atau n “) tidak akan
tersambung sehingga arus listrik terputus pada satu kaki sekring tersebut.
Sedangkan sekring yang yang tersambung sisi kawat bagian tengah akan saling
berhubungan tanpa ada retak ataupun jarak.
Cara lainnya untuk mengetahui sekring putus atau tidak
yaitu dengan menggunakan alat berupa Avometer, tapi ada saratnya ya bro jika
menggunakan alat ini. Pertama pastikan dulu alatnya ada terserah lu mau pinjem
atau beli tapi jangan mencuri he... he... kedua lu tahu cara pakainya bukan
buat gaya doang atau malah ikut – ikutan he... Kalau ngga tahu cara usahkan
pakai avometer digital biar gampang cara pakainya, langkah pertama setting
avometer dengan cara memutar tombol pada posisi ohm / hambatan (lambang omega).
Kemudian pasang probe atau soket avo pada tiap – tiap kaki sekring, setelah itu
lihat tampilan layar avometer jika menunjukan angka tau entah iti 00.00 atau
angka lainnya maka kondisi sekring tersambung. Jika memakai avometer
konvensional atau analog bisa dilahat dari gerakan jarum avometer tersebut,
kalau jarum bergerak maka maka sekring dalam kondisi baik saja.
Kalau kondisi sekring putus, maka avometer digital hanya
akan menampilkan “O.L” tapi kalau lu pakai avomter analog maka jarum pada
avometer analog tidak akan bergerak. Tapi ini perli diingat lakukan pengecekan
dengan teliti jangan asal – asalan kalau bisa lakukan dua cara diatas mualai
dari ditrawang dan diukur pakai avometer.
Kesalahan Saat Sekring Sering Putus
Hanya Mengganti Sekring Saja
Ini kesalahan yang sering kali dilakukan oleh para
biker, jika sekring putus hanya menggantinya saja tanpa mencari atau bahkan
memperkirakan penyebab sekring putus. Tapi kalau hanya putus sekali kemudian
sekring diganti dan ternyata tidak ada masalah lagi, berarti hanya hubungan
arus pendek sementara. Tapi kalau sekring / fuse sering putus jangka waktunya
bisa seminggu sekali atau setiap hari putus, maka hal ini jangan dibiarkan bro.
Lu harus cepat – cepat ambil tidakan bisa menghubungi ultraman atau baja hitam
he... he..
Ganti Sekring dengan Ampere yang Lebih Besar
Kesalah saat sekring putus yang kedua adalah efek dari
kejadian diatas yaitu sekring yang putus kemudian mencoba mencari alternatif
dengan mengganti ukuran ampere sekring yang lebih besar. Ya berharap sekring
tidak putus dengan cara ini, tapi bro cara ini terlalu beresiko jika motor yang
lu pakai motor injeksi. Kalau motor karburator bagaimana ? sama saja berisiko
efeknya biasanya kabel body terbakar dan merembet ke kabel body lainnya.
Melilitkan Kawat Kabel Pada Sekring
Nah ini cara terakhir yang akan dilakukan kalau memang
dengan mengganti ukuran ampere sekring yang lebih besar tidak berhasil yaitu
dengan mengaitkan kabel / kawat pada sekring yang putus tersebut.
Nah biar ada gambaran tonton video berikut ini dan
jangan lupa subscribe ya bro..
Mas mau nanya , sekring utama motor sy sdh 2 hari sering putus , kelistrikan sama sekali nga ada, penyebabnya itu apa ma yahh knp sering putus sprt itu ?
BalasHapusKalau spull yamaha marine 15 pk gimana cara ceknya pakai avometer bang
BalasHapus