Sejeworks – Salam oprex dan salam satu asphal, pada
kesempatan yang berbahagia ini kita akan ngomongin busi pada Honda Beat dan
suadara kembarnya yaitu Scoopy. Yang punya motor beat pasti tahulah motor beat
punya banyak varian mulai dari Beat karbu, Beat FI (stater kasar), Beat ESP,
Beat ECO dan Honda Scoopy juga mempunyai banyak varian bro. Salah satunya
Scoopy karbu, Scoopy FI (starter kasar), Scoopy ESP dan Scoopy velg ring 12.
Nah dari banyaknya jenis tersebut kita akan bahas busi yang dipakai, posisi busi
motor Beat dan Scoopy, ukuran kunci busi, busi yang paling bagus diipakai dan
cara melepas busi Honda Beat dan Honda Scoopy. Untuk mempersingkat waktu
langsung saja, check it dot bro...
Posisi Busi Motor Honda Beat Injeksi dan Scoopy Injeksi
Untuk posisi busi motor semua Honda Beat dari karburator
sampai injeksi berada disebelah kanan dari mesin lebih tepatnya dibagian depan
dari arah magnet dan kipas magnet. Untuk mengganti busi motor Honda Beat karbu
dan Beat injeksi harus membuka cover center body atau biasa disebut cover tutup
klep. Kemudian melepas cangklong / cop busi yang tertempel dari busi, langkah
selanjutnya yaitu mencopt busi dari lubang busi.
Jujar saja bro, untuk melepas busi pada motor matic
tidak semudah melepas busi pada motor bebek seperti Honda Supra X 125, Suzuki
Shogun 125 dan Yamaha Jupiter Z. Sebab posisi busi pada motor Honda Beat yang
tertutup cover mesin dan letaknya agak menjorok ke dalam. Selain itu ruangan
posisi untuk memakai kunci busi lumayan agak sempit dan lumayan ribet jadi
kalau belum terbiasa akan terasa sangat susah bro.
Ukuran Kunci Busi Honda Beat FI
Jika menggunakan kunci ring biasa maka ukuran kunci busi
Honda Beat memakai kunci ring 16 mm, tapi yang membedakan dengan busi motor
lainnya yang sama – sama memakai kunci busi 16 mm yaitu kode panas dan panjang
ulir busi. Jadi sebelum mengganti busi Honda Beat karbu dan Beat injeksi harus
memperhatikan kode panas dan panjang ulir busi.
Busi yang Bagus untuk Honda Beat Karbu dan Honda Beat Injeksi
Sebelum kita ngomongin busi yang paling bagus untuk
motor Honda Beat karbu dan Beat injeksi maka perhatikan dahulu busi asli atau
busi bawaan motor tersebut. Contohnya untuk Busi Honda Beat karbu memakai busi
NGK dengan kode CPR8EA – 9 sedangkan jika memakai merk Denso menggunakan busi
U24EPR9. Nah jika mau upgrade untuk pemakaian busi bisa menggunakan busi CPR8EAGP
untuk NGK Platinum sementara kalau mau pakai busi iridium bisa memamakai
CPR8EAHIX.
Sama halnya dengan motor Honda Beat Injeksi dari
generasi Beat Fi starter kasar, Beat ESP, Beat ECO memakai busi NGK CPR9EA -9
atau jika menggunkan busi Denso bisa memakai U27EPR9. Tapi selain kedua busi tersebut ternyata busi
bawaan motor Honda Beat ECO memakai MRC9C -9N, nah busi ini alternatif jika
kedua busi tersebut jika tidak ada. Tapi kalau lo mau upgrade busi Honda Beat
injeksi bisa memakai busi NGK platinum CPR9EAGP atau bisa memamaki busi
iridiumnya yang memakai kode CPR9EAHIX.
Biar ada gambaran buat lo, tonton video ini sampai
selesai dan jangn lupa subscribe ya bro.. itung – itung lo bantuin channel ini
supaya bisa update terus dan terus berkembang sebagai media bagi para pecinta
otomotif roda dua.
Masih proses
Komentar
Posting Komentar