Sejeworks – Salam Oprex dan salam satu asphal bro semua,
untuk postingan kali ini kita akan ngomongin khusus buat motor Honda Tiger,
Megapro Primus, Megapro Lama, GL Neotech pokoknya Gl series bro. Problem yang
sering dihadapi pada motor GL series yaitu gear belakang yang oblak atau
goyang, sehingga saat dipakai motor tersebut tidak akan terasa nyaman. Selain
itu kalau dibiarkan secara terus menerus maka rantai roda akan sering copot dari
gear roda belakang. Penyebab gear roda belakang yang goyang atau oblak berasal
dari bosh gear belakang yang mulai aus atau rusak. Hal ini biasanya diakibatkan
karena usia pakai dari bosh gear roda belakang yang telah lama dipakai,
sehingga colar bagian tengah dari bosh gear lepas dari karet bosh gear
belakang.
Solusinya untuk mengatasi bosh gear roda belakang yang
rusak yaitu dengan menggantinya dengan bosh gear yang baru, nah itu semua orang
juga tahu bro... he... he.. Tapi untuk mengganti bosh gear roda belakang tidak
semudah perkiraannya, karena ngga semua bengkel mau menerima untuk mengganti
bosh gear roda belakang. Nah untuk itu postingan kali ini gua biikin khusus
bagi para pengguna motor – motor tipe GL series, biar lebih jelasnya baca
artikel ini sampai selesai dan tonton video dibawah ini supaya lo ada gambaran.
Tapi sebelumnya subscibe terlebih dahulu channel ini, ya itung – itung lo
bantuin gua supaya channel ini bisa berkembang dan bisa bertahan dari kucek –
kucek jemur jemur lainnya he...
Cara Ganti Bosh Gear Honda Tiger, Megrapro Primus dan GL Neotech
Siapkan peralatan terlebih dahulu seperti palu, obeng
min buat pahat, tang potong, tang sirklip external dan kunci ring untuk melpas
roda belakang.
Mulai pengerjaan melepas roda belakang dengan kunci ring
17 dan ring 24 untuk melepas roda belakang Honda Tiger. Sedangkan jika memakai
Honda Megapro memakai kunci ring 17 dan ring 19, kunci itu semua jika as roda
belakang motor lo belum diganti atau masih bawaan motor.
Langkah selanjutnya lepas gear roda belakang dengan
menggunakan tang sirklip external dan bisa menggunakan alat bantu seperti obeng
min.
Setelah itu perhatikan kondisi bosh gear roda belakang,
kalau colar bagian dalam belum terlepas dari karet bosh maka putar pakai tang
potong agar colar bisa terlepas dari bosh gear.
Untuk mempermudah pengerjaan bisa dengan membakar karet
bosh roda belakang, bisa dilakukan ditukang las. Tapi kalau tidak mau bisa
dengan menggetok langsung bosh gear roda belakang bagian pinggir seperti pada
video dibawah ini.
Tapi perlu diingat usahakan saat menggetok bosh gear
roda belakang cari bagian tromol paling tebal dari letak bosh gear belakang,
karena biasanya tromol tersebut pecah, tapi kalau mau main aman mending dibakar
saja bosh karet tromol.
Baru kemudian getok aluminium bagian pinggir dari bosh
gear roda belakang, perlu diingat untuk melepas bosh gear roda belakang
membutuhkan banyak waktu jadi sabar ya bro.
Jika bosh gear telah terlepas dari tromol, maka
bersihkan dudukan bosh gear tersebut, agar saat pemasangan nanti kotoran bekas
karet bosh gear tidak mengganjal.
Langkah selanjutnya pasang bosh gear roda belakang
dengan melumasinya sedikit oli mesin atau greas (gemuk), cara masangnya dengan
cara memukul bosh gear tersebut.
Nah langkah terakhir memasang gear belakang dengan
menguncinya mengunakan snapring, tapi sebelumnya ganjal terlebih dahulu dengan
menggunakan ring seher bekas. Agar snapring tersebut kuat dan roda belakang
tidak goyang, kemudian pasang kembali roda belakang ke motor tersebut.
Untuk lebih jelasnya tonton video berikut ini ya bro,
tapi sebelumnya subscribe terlebih dahulu. Ya itung – itung lo bantuin gua
supaya channel ini bisa berkembang dan bertahan.
Komentar
Posting Komentar