Sejeworks – Salam oprex dan salam satu asphal, “
motornya perlu bongkar mesin, mas “ adalah kalimat yang mengerikan bagi para
pemakai sepeda motor. Dan ini ngga pandang bulu bagi para bikers, entah dari jenis
motor matic, bebek dan sport. Sebab jika mendengar kata bongkar mesin maka yang
terbesit adalah keluar banyak duit untuk meperbaiki motor tunggangannya. Dan
untuk kali ini kita akan membahas bongkar mesin total, bongkar mesin atas,
ganti keteng dan ganti kanvas kopling pada Honda Supra X 125 karburator.
Biar ada gambaran apa itu bongkar mesin maka baca
artikel ini sampai selesai dan tonton videonya, tapi jangan lupa subscribe dan
aktifkan tombol lonceng agar ada lo ngga pernah ketinggalan info – info terbaru
dari blog dan channel ini. Bongkar mesin penyebabnya ada banyak sekali mulai
dari motor ngebul, ulir baud tap oli / drain bolt slek, suara mesin kasar atu
ngglitik.
Karena kita mau ngomongin bongkar mesin pada motor Honda
Supra X 125 karburator maka kita cari duhulu penyebabnya ya bro, pada dasarnya
bongkar mesin Supra X 125 dibagi menjadi 4 bagian ya bro. Mulai dari bongkar
blok kopling ganti kanvas kopling dan part lainnya, bongkar magnet ganti
keteng, magnet, spul magnet, bongkar mesin atas yaitu skir klep saja atau ganti
piston kit dan yang paling komplit yaitu bongkar mesin total atau biasa
dibilang turun mesin.
Nah dari sedikit penjelasan diatas maka kita akan tahu
tujuan untuk membongkar mesin mau memperbaiki komponen atau part sebelah mana,
kerana tiap bagian tadi mempunyai kerusakan yang berbeda walaupun kalau
didengarkan suara mesinnya sama saja kasar atau berisik. Tapi jika pendengaran
lo tajam setajam silet baru beli maka lo bakalan bisa memprediksi kerusakannya,
bira lebih jelasnya langsung saja check it dot.
Biaya Bongkar Mesin Supra Sebelah Atas
Untuk bongkar mesin sebelah atas ada beberapa
penyebabnya bro yaitu motor loss kompresi, knalpot ngebul putih dan suara mesin
kasar karena kondisi piston yang aus. Penanganan pada setiap bengkel pun macam –
macam ya bro, mulai dari ganti ring seher doang, ganti piston dan ring piston
saja, yang paling kumplit ganti piston kit dan korter silinder comp. Lho kenapa
banyak perbedaan ? kembali lagi ke masalah utamanya yaitu duit, maksudnya
meminimalisir pengeluaran bro. Jadi setelah motor dibongkar kemudian dicek satu
persatu dan akhirnya ditarik kesimpulan, bahwa kondisi piston dan boringan
tidak ada luka mbaret atau bisa dikatakan mulus tanpa ada sedikitpun luka. Maka
hanya dilakukan penggantian ring piston / seher saja tanpa melakukan korter dan
penggantian piston. Apakah ini dibolehkan ? ya sah – sah saja bro, tapi perlu
diingat kemungkinan motor masih ngebul walaupun masih tipis - tipis.
Ganti piston kit saja tanpa melakukan korter, piston kit
atau piston set terdiri dari piston, ring piston, pen piston dan pengunci pen,
untuk motor supra x 125 dijual dengan harga sekitar Rp 130.000 (tergantung merk
dan lokasi toko). Untuk penggantian piston kit saja tanpa mengkorter menurut
gua ini sangat beresiko gagal jika dibandingkan dengan mengganti ring piston
saja. Karena jika mengganti piston kit biasanya piston lama ada sedikit mbaret
kemudian kondisi silinder terlihat mulus tanpa ada lecet sedikitpun, tapi hal
ini jika dilihat memakai mata tanpa melakukan pengukuran menggunakan dial
guage.
Ganti piston kit dan korter silinder, sebelumnya kita
bahas terlebih dahulu apa itu korter ? bagi yang sering baca blog ini pasti
tahu lah ya.. tapi kalau belum tahu kita bahas sebentar. Korter atau oversize
yaitu memperbesar diameter blok silinder tujuanya agar boring silinder comp
tidak mbaret atau lecet, pabrikan biasanya akan menyediakan 4 pilihan piston
untuk disuaikan diamternya oleh bengkel bubut. Nah bengkel bubut disini
bertugas untuk memperbesar diameter silinder bore, sesuai ukuran piston yang
baru. Biasanya dipasaran ada 5 jenis piston yang disediakan oleh pabrikan untuk
setiap motor, karena kita lagi membahas Supra X 125 jadi fokus kita pada motor
ini.
Diameter standar piston Honda Supra X 125 yaitu 52,00 mm
jika dihitung menggunakan jangka sorong / micrometer, nah pihak AHM menyediakan
piston untuk oversize mulai dari 25 (0,25 mm), 50 (0,50), 75 (0,75) dan 100
(1,00 mm). Maksud dari piston oversize begini bro, kalau dibagian atas piston
tertulus 50 maka diameter piston menjadi 52 mm + 0,50 mm dan hasilnya menjadi
52,50 mm. Untuk lebih jelasnya baca artikel gua yang judulnya “ukuran piston
sepeda motor”.
Untuk biaya penggantian piston kit dan korter biasanya
sekitar Rp 700.000 bro tergantung bengkel dan pemakaian part original motor
atau part after market. Biar ada gembaran berikut estimasinya ya bro :
Piston kit Rp 130.000,
Paking top Rp 60.000,
Skir klep RP 50.000,
Bongkar pasang mesin Rp 350.000,
Korter Rp 100.000,
Biaya Bongkar Mesin Total Honda Supra X 125
Nah kalau bongkar mesin total atau turun mesin ada
banyak komponen tambahan yang harus diganti jika dibandingkan dengan bongkar
mesin atas. Diantaranya 2 bearing kruk as dan stang seher jika diganti secara
pretelan, tapi jika diganti secara assy yang dibutuhkan hanya bearing sebelah
kanan. Tapi harga kruk as assy untuk motor Honda Supra X 125 sekitar 1 jutaan,
sementara jika yang diganti stang sehernya saja (pretelan) harganya sekitar Rp
250.000, belum termasuk bongkar pasang dan 2 bearing kruk as. Untuk lebih
jelasnya berikut estimasinya bro..
2 bearing kruk as Rp 200.000,
Stang Seher Rp 250.000,
Piston Kit Rp 100.000,
Paking full set Rp 80.000,
Korter & cantum stang Rp 150.000,
Ongkos bongkar pasang
R400.000,
Nah supaya ada gambarannya bro, silahkan tonton video
berikut ini sampai selesai dan jangan lupa subscribe ya bro..
Top bang
BalasHapusHarga bisa bervariasi...tempat gw servis korter 600 rebu
BalasHapusApakah bisa seperti motor baru? Kasih tahu alamat dan WA.
BalasHapusHarga suka" Sendiri tu.. Hargabarang ori saja gx nyampe segitu.
BalasHapusSaya kemrin ganti servis piston ko bisa smpe hampir 2jt
BalasHapus