Sejeworks – Selamat datang kembali diblog otomotif
sepeda motor yang paling keren versi gua sendiri he... he... untuk kali ini
kita akan ngomongin tentang stang sepeda motor yang terasa berat sebelah saat
digunakan berkendara. Hal ini sering kali dirasakan oleh para pengguna sepeda
motor, entah jenis motor matic, bebek dan sport. Stang yang berat sebelah ini
akan membuat posisi berkendara yang tidak nyaman, karena biasanya stang yang
berat sebelah kekanan atau kekiri akan menjadikan sepeda motor susah
dikendalikan dan kadang serasa ingin ditabrakan ke kendaraan lain he... he...
ini sangat berbahaya bro untuk berkendara.
Penyebab Stang Motor Kaku
Stang motor yang kaku disebabkan karena stelan komstir
yang terlalu kencang dan ini terjadi bukan hanya pada motor – motor lama, motor
yang baru turun dari dealer juga sering kali dikeluhkan oleh para bikers. Kok
bisa seperti itu bro ? ya jelas bisa bro, sebab kalau ngomongin kaku atau seret
berarti juga ngomongin lawannya yaitu longgar dan enteng. Faktor stang kaku
atau seret itu balik lagi ke penyetelan komstir motor tersebut, hal ini
tergantung dengan perasaan dari orang yang menyetel komstir motor tersebut dan
setiap orang tak bisa disamakan.
Stang motor yang berat sering kali dikeluhkan oleh para
bikers, entah dari pabrikan sayap mengepak atau pabrikan garputala dan pabrikan
motor lainnya. Jika stang motor lo susah digerakan atau terasa berat untuk
menikung maka lakukan perbaikan ringan dahulu yaitu dengan menyetel komstir motor,
cara ini terbilang mudah dan paling murah. Karena hanya menggetok pada bagian
stelan komstir, tapi apakah ada pengaruh pada komstir kalau salah penyetelan ?
efek pada stelan komstir yang tidak pas ada dua bro dan itu pernah gua bahas,
tapi akan gua bahas lagi sedikit ya bro.
Terlalu kencang dan terlalu longgar, kalau terlalu
longgar akan terdapat bunyi pada komstir saat melakukan rem depan atau saat
melewati tanggul. Bunyi tersebut diakibatkan karena benturan antara peluru baja
dengan mangkokan (rumah komstir). Kalau dibiarkan secara terus menerus maka
komstir akan rusak, sedangkan komstir terlalu kencang akan membuat efek stang
menjadi berat dan susah dikendalikan. Efek jangka panjangnya juga membuat
komstir cepat rusak karena gesekan peluru baja dengan rumah komstir yang
terlalu seret. Tapi untuk kali ini kita akan lebih banyak ngomongin stang motor
yang berat dari pada ngomongin stang motor yang bunyi.
Ciri – Ciri Komstir Terlalu Kencang
Stang Motor Berat ke Kanan
Memang tidak selamanya komstir yang terlalu kencang akan
menimbulkan stang motor berat ke kanan, terkadang juga stang motor berat ke
kiri. Tapi kenapa cendrung berat kesebelah kanan, besar kemungkinan diakibatkan
oleh letak piringan cakram dan kaliper rem yang berada disebelah kiri.
Motor Goyang Seperti Ban Kempes
Kondisi motor saat diajak melaju bergoyang seperti ban
kempes padahal tekanan angin ban tidak ada masalah dan kondisi bearing roda
juga tidak rusak. Selain itu permukaan ban tidak aus dan termakan sebelah,
sementara oli shock tidak rembes. Maka kemungkinan besar komstir terlalu
kencang yang menjadi penyebab motor goyang seperti ban kempes saat dipakai buat
jalan.
Motor Susah Dikendalikan
Stang sepeda motor yang seret atau terlalau kencang akan
membuat motor susah dikendalikan terutama saat kondisi jalan lurus, jadi kalau
jalan lurus motor seperti mau belok sendiri. Untuk dipakai sehari – hari motor
tidak nyaman bro dan harus dilakukan penyetelan atau bahkan penggantian
komstir.
Untuk lebih jelasnya simak video berikut ini sampai
selesai ya bro dan jangan lupa subscribe bro.
Akhir kata dari gua tetep keep riding no arogan dan
banyar cicilan motornya tepat waktu ya bro... he... he... Salam oprex dan salam – salaman terus
wor... wor...
Makasih infonya
BalasHapus