Sejeworks – Salam oprex semua dan selamat datang diblog
otomotif special bagi para pecinta sepeda motor, pada kesempatan kali ini kita
akan ngomongin pentingnya kuras oli shock. Sering kali para biker’s kurang
peduli terhadap shock depan, penyebabnya bisa karena kurang paham atau bisa
nunggu rusak dulu baru cari tahu he... Shock beker depan berbeda dengan shock
beker belakang, jika shock belakang hanya sekali pakai setelah itu ganti baru
tapi shock depan harus rutin dilakukan perawatan tanpa harus menunggu rusak
atau bocor oli shock.
Et... siapa bilang shock belakang sekali pakai bro ?
memang iya ada beberapa bengkel yang bisa melakukan perbaikan pada shock beker
belakang, tapi biasanya umur pakai shock belakang tersebut tidak seperti umur
pakai jika melakukan penggantian shock beker belakang yang baru. Tapi kali ini
kita akan fokus ngomongin shock beker depan ya bro, dari mulai cara mengganti
oli shock, kapan waktu penggantian oli shock, penyebab shock depan keras dan
shock beker depan yang seret atau tidak empuk sama sekali. Untuk mempersingkat
waktu langsung saja check it dot bro, tapi jangan lupa tonton video dibagian
bawah artikel dan tinggalin jejak dengan subscribe, like, komen dan share nya
ya bro..
Shock Depan Keras, Seret dan Tidak Empuk
Pada bagian ini gua akan membagi penyebab shock depan
seret, keras dan tidak empuk menjadi 2 bagian, bagian pertama sebelum kuras oli
shock dan bagian kedua sesudah kuras oli shock. Kenapa gua bagi – bagi ? sebab
setiap sepeda motor mempunyai problem yang berbeda – beda pula tapi pada
intinya masalahnya itu – itu saja bro he... kalau menurut gua.
Sebelum Ganti Oli Shock
Ganti oli shock depan itu wajib bro, untuk menjaga
performa suspensi depan supaya motor nyaman diajak jalan, menikung dan
akselerasi. Biasanya oli shock depan yang tidak pernah ganti lama – kelaman
akan berwarna hitam kotor atau hitam keabu – abuan. Hal ini yang membuat shock
depan menjadi keras dan tidak empuk. Keras yang gua maksud shock beker masih
bisa melenting / mantul seperti biasanya tapi lama untuk kembali pada posisi
semula.
Solusinya adalah dengan menguras oli shock dan
memperhatikan takaran oli shock sesuai anjuran pabriakan. Adalagi jangan
mengganjal atau memasukan part lain kedalam shock depan seperti sil – sil, baud
atau roller. Tapi ini kenyataan yang sering terjadi dilapangan banyak sekali
yang main ganjel pada bagian shock depan, maka hasilnya jangan ditanya lagi bro
kalau suspensi depan tidak nyaman dipakai.
Sesudah Ganti Oli Shock
Biasanya hal ini terjadi bila kondisi motor pernah jatuh
atau bekas pres segita, sehingga shock depan akan keras dan tidak bisa
digerakan serasa seperti gerobak yang tidak pakai suspensi he... he... Masalah
utamanya berasal dari pipa shock yang telah bengkok dan dipasang kembali bukan
pada posisi sebulum shock depan dicopot dari segitiga. Penjelasan ringannya
begini bro, sebelum shock depan dicopot dari segitiga kondisi pipa shock dan
segitiga sebaiknya dikasih tanda garis lurus. Fungsinya saat pemasangan kembali
pipa shock ke segitiga tetap pada posisi semula dan tidak bergeser. Nah
penyebab shock beker depan keras setelah ganti oli shock karena pipa shock
tidak dikembalikan pada posisi semula sebelum dilakukan pembogkaran.
Solusi terbaiknya yaitu dengan mengganti pipa shock / as
shock, bisa juga dengan memutar as shock secara perlahan untuk mencari posisi
semula. Tapi jika mau mengganti pipa shock baru usahakan komponen tersebut
untuk motor yang dicari bukan untuk motor lain, contohnya jika motor Honda Beat
jangn pakai pipa shoch vario 110, memang bisa dipasang tapi panjang pipa shock
juga harus diperhatiakan bro. Harga pipa shock original biasanya berkisar
antara 140 ribu untuk satu sisi, jika butuh dua sisi maka akan manjadi 240
ribu. Sedangkan jika memakai merak kw, harga pipa shock sekitar 100 ribu untuk
2 sisi.
Berapa Takaran, Kekentalan dan Kapan Dilakukan Penggantian Oli Shock
Penggantian oli shock atau kuras oli shock sebaiknya
dilakukan setiap 2 tahun sekali dan jangan menunggu oli shock bocor atau
rembes. Waluapun oli shock tidak bocor tetep lakukan kuras oli shock, karena
oli shock yang telah lama dipakai akan berubah warna, kekentalan oli dan
kandungan dari oli shock pun akan ikut berubah.
Berapa ukuran kekentalan oli shock ? oli shock pada
sepeda motor kebanyakan encer biasanya memakai 20 W. Oli shock mempunyai
perbedaan sifat dengan oli mesin, jadi jangan salah kaprah ya bro dengan
memakai oli mesin sebagai oli shock. Untuk takaran oli shock pernah kita bahas
sebelumnya jadi carisendiri aja ya bro.
Cara Ganti Oli Shock Depan Agar Tidak Seret
Sebelum melakukan penggantian berikut peralatan yang
harus disiapkan, kunci ring 14 – 17, 19 – 17, T10, stelan angin (obeng min
paling kecil), dongkrak, kunci L bintang 6, gelas ukur dan satu bungkus oli
shock. Kebetulan motor yang mau gua omongin Honda Beat dan cara ini bisa
diterapkan pada Honda Scoopy, Spacy, Vario 110, 125 dan 150. Bagaimana dengan
motor merk lain ? caranya sama saja yang membedakannya hanya pengunci shock
atas dan takaran oli shock tersebut, jadi improvisasi sendiri tya bro jika
motor lo bukan merk Honda he..
Langkah pertama kasih marking / tanda pada pipa shock
dan segitiga, tujuannya agar pipa shock saat pemasangan nanti sesuai dengan
marking tersebut.
Lepaskan as roda dengan memakai kunci ring 14 dan ring
19, setelah itu pasang dongkrak.
Berikut lepas roda depan dan kaliper rem dengan memakai
kunci L bintang 6.
Setelah itu lepas shock beker depan dari segitiga dengan
memakai kunci ring 14, jika posisinya susah bisa dengan memakai kunci T14. Tapi
harus mencopot cover depan untuk sepeda motor Honda Beat, Scoopy, Spacy dan
Vario.
Jika shock depan sudah terlepas maka lanjut dengan
memukul tutup pipa shock bagian atas, tujuannya agar debu yang menempel pada
tutup pipa shock terjatuh.
Kemudian lepas klip pengunci pada pipa shock, proses ini
yang paling susah bro jadi biar gampang bisa minta bantuan orang lain alat yang
digunakan obeng plus untuk mendorong tutup pipa shock dan stelan angin untuk
mencongkel klip.
Setelah tutup klip terlepas maka tutup pipa shock akan
bisa dilepas dan buang oli shock lama dengan menuangkannya ke mangkok atau
sembarang tempat bro. Tapi ingat bau oli shock lama sangat menyengat jadi bijak
dikit ya bro.
Selanjutnya siapkan oli shock baru dan gelas ukur untuk
memperoleh takaran oli shock yang sesuai dengan standar pabrikan.
Masukan oli shock yang telah ditakar tadi ke dalam shock
depan dan pasang kembali peer / pegas shock depan denagn posisi bagian rapat
dibawah dan renggang diatas.
Tutup kembali pipa shock dan kunci pakai klip, kalau
posisinya susah panggil temen bro .. jangan sungkan ya he..
Langkah selanjut yaitu pasang kembali pipa shock ke
segitiga dengan mengikuti marking yang berada pada pipa shock dan segitiga.
Pasang kembali caliper rem dan roda depan, tapi jangan
lupa cek hasil pengerjaan ya bro.
Kalau kurang jelas silahakan tonton video ini sampai
selesai bro, tapi jangan lupa subscribe ya bro.
Akhir kata dari gua tetep keep riding no arogan, hormati
para pejalan kaki. Salam oprex dan salam satu asphal.
Maaf gan numpang nanya.....sebelum ganti oli shok. Supswensi empuk.... pass di ganti shok keras dan jedug jedug. Klw lewat polisi tidur.... mohon pencerahan y.
BalasHapus