Sejeworks - Selamat
datang kembali di blog otomotif yang khusus membahas tentang sepeda motor, mulai
dari permasalahan yang sering terjadi pada sepeda motor. Sampai update produk –
produk terbaru dan perkembangan teknologi dari para pabrikan sepeda motor. Kali
ini kita akan fokus ngomongin brebet atau biasa disebut ngempos pada motor
Honda CB150R New, CBR150R New dan Honda Sonic 150.
Tapi sebelum kita ngomong lebih jauh lagi gua minta
bantuan lo – lo pada untuk subscribe channel gua yaitu “ sendaljepit “ dan
jangan lupa follow ig nya di “ asphal team ” supaya blog ini bisa update terus
dan bisa bertahan menghadapi gempuran para asing, aseng dan asong he... he..
kalau lo pake CB150R new dan CBR150R new bisa pakai cara ini seutuhnya untuk
mengatasi brebet pada motor lo, tapi untuk Sonic dan GTR mau dipakai semuanya
juga ngga apa – apa bro. Pasti lo bertanya kenapa 4 motor tersebut gua
kelompokan menjadi 2, karena pada CBR dan CB tangki bahan bakarnya ada dibagian
luar. Sedangkan pada motor Sonic dan GTR tangki bahan bakarnya ada dibawah jok
sehingga kemungkinan besar air hujan tidak masuk kedalam tangki tersebut. Untuk
lebih jelasnya langsung saja check it dot bro..
6 Penyebab Motor CB150R new, CBR150R new, Sonic 150 dan Supra GTR 150
Busi
Hati – hati saat memilih busi apalagi untuk motor –
motor injeksi, memang jika asal pasang busi tanpa memperhatikan kode panas
busi, ulir panjang atau pendek. Motor tersebut masih bisa hidup tapi bro akan
ada dampaknya jika 2 kesalahan diatas terjadi yaitu motor akan brebet sering
mogok dan power motor akan berbeda. Untuk motor – motor injeksi Honda harus
memakai busi dingin seperti CPR9EA-9 pabrikan NGK atau U27EPR -9, nah kalau mau
pakai busi racing gimana ? tetep pakai busi dingin upgrade dari busi standart
diatas. Untuk artikel ini pernah gua tulis jadi ubek – ubek aja blog gua bro
judulnya busi racing motor Honda kalau ngga salah he...
Cop Busi
Cop busi dan kadang disebut cangklong busi pada motor
CBR150R new dan CB150R new dan Sonic sering kali terdapat jamur / karat hijau
yang menempel diantara koil dan ulir busi. Akibatnya cop busi dan koil tidak
terpasang secara kuat, efek yang berasa kalau karat masih sedikit biasanya
motor akan brebet di rpm menengah. Dan jika cop busi sudah parah maka efeknya
motor akan sering mogok, biasanya motor yang mengalami hal ini motor yang telah
menginjak kilometer diatas 10.000 atau sekitar 1 tahun. Untuk harga cop busi
sendiri berkisar diantara 150.000 – 200.000, lebih murah dari harga cop busi
CB150R keluaran pertama.
Bensin Campur Air
Ini khusus untuk CB150R new dan CBR150R new, karena
kedua motor ini tangki bensin berada diluar dan gampang sekali air masuk
kedalam tangki tersebut. Penyebabnya bisa air hujan atau air cuci steam yang
ditodong langsung ke tangki bensin, solusinya adalah dengan melakukan kuras
tangki bensin setiap setahun sekali. Jika air yang bercampur bensin dibiarkan
tanpa dilakukan kuras tangki bahan bakar, selain akan membuat motor brebet juga
akan membuat fuel pump gampang rusak dan tangki bensin bolong karena karat.
Fuel Pump Lemah
Pompa bahan bakar yang mendengung bukan berati part
tersebut tidak ada masalah, fuel pump yang lemah akan tetap mendengung saat
motor dihidupkan cuman bahan bakar yang disemprotkan ke selang bahan bakar
tidak stabil. Sehingga akan membuat motor brebet terasa nahan seperti bahan
bakar habis, cara yang benar untuk menentukan apakah pompa bahan bakar bekerja
sacara maksimal dengan menggunakan alat ukur berupa presure guage. Jika
menggunakan presure guage akan ketahuan berapa tekanan pompa bensin tersebut,
fuel pump yang bekerja dengan maksimal akan mencapai angka sekitar 270 -300
kpa. Tapi fuel pump yang mulai rusak bisanya kan mendapatkan tekanan dibawah
270 – 200 kpa atau bahkan dibawah 100
kpa.
Injector dan Throttle Body
Injector yang mampet akan menjadi penyebab motor brebet,
penyebabnya bisa dari air, karat dan part asing yang masuk kedalam tangki bahan
bakar. Untuk mengatasi hal tersebut sebaiknya lakukan pembersihan injesktor
setidaknya 1 tahun sekali, agar kotoran yang menghambat dilubang injector hancur
terkena injector cleaner. Tapi kalau injector sudah rusak dan mempet mau ngga
mau harus menggantinya dengan injector baru, selain itu throttle body yang rusak
juga bisa menjadi penyebab motor injeksi brebet.
Kenapa throttle body gua gabungin sekalian disini karena
kedua part ini saling berkaitan langsung dan kadang kala dijual sepaket bro
he... memang ada yang dijual terpisah.
Timing Tidak Pas
Untuk yang satu ini bisanya motor baru ganti keteng atau
bongkar mesin dan motor tersebut menjadi brebet, nah... kemungkinan besarnya
berasal dari pemasangan sentrik pada noken as tidak pas. Atau bisa dikatakan
noken as geser, akibat yang paling ringan motor menjadi brebet dan kadang susah
dihidupkan. Efek parahnya klep motor bengkok karena piston bertabrakan dengan
klep.
Sebenarnya masih banyak lagi penyebab motor injeksi
brebet bro, seperti kurang masa pada kebel body dll. Nah biar ada gambaran
sedikit berikut videonya bro, tapi jangan lupa subscribe ya bro.
Akhir kata dari gua tetep keep riding no arogan, rajin menabung jangan begadang dan salam satu asphal.
Saya pakai all new cb150r gan pada saat kecepatan 120an dia langsung brebet itu kenapa yah . Dia langsung ngayun kecepatanny gan . Bantu solusinh
BalasHapusSama bang punya gw jga di atas 120 btebet
HapusHmm kejadian hampir sama kayak saya om,tp aku langsung Bawak ke daeler Ahass untuk cek fullpum Ama injektor untuk bersihkan, rupanya bensinnya kecampur Ama air sama kotoran
HapusDi karnakan limiter ECU nya kalo mau di naikin limiter nya bisa d bawa ke bngkel terdkat yg udah komplit buat maping ECU std
HapusIzin saran nya om
BalasHapusSya di rpm 20-35 brebet itu apanya ya
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusGan minta sarannya,saya kemarin ganti busi sama kuras air radiator terus 2 hari nya saya gak pake motor nya pas sekarang di pake brebet?
BalasHapusmohon bantuanya mas...motor honda sonic 150 timing sudah pas pump bengsin bagus sensor tps juga bagus enak kalo di gasss di limitd di temoat tapi klo buat jalan top speed/gass mentok itu brebet² mas... mohon bimbingannya salam dari wamena papua🙏🙏
BalasHapusPunteun bos minta solusi-nya kalo motor saya cb150r,kalo lg berhenti smpe jalan jg suka ngeberebet smpe gak ada langsam-nya mati trs pdhl busi udh di ganti sama yg baru tp te2p aja kaya gitu & punteun minta solusi-nya y bos 🙏🙏🙏🙏
BalasHapusCoba TPS nya skrng udah ada TPS red murah meriah
HapusKondisi sama dg yg saya rasakan di All new Cbr 150r saya,, setelah di uprek bersama dg bengkel ahass,,, koil ok, busi cop busi ok, injector ok,,, ternyata di Rotak dinamo fuel pump lemah,,, memang bunyi tapi ya tenaga ga bisa loss,, nahan,, setelah di ganti,, masalah clear.
BalasHapusMotor CB150R new saya kok brebet ya mas,kemarin pakai Pertamax turbo ga kenapa² setelah pakai pertalit kok hasil nya jadi begini,mohon bantuannya mass
BalasHapus