Sejeworks – Salam oprex dan salam satu asphal, para
bikers yang budiman sebelum kita ngerumpi bareng masalah pada motor Honda Vario
110 karbu lama alangkah baiknya pada subscribe di channel gua. Dan jangan lupa
pada follow IG “ asphal team “ tujuannya apa ? supaya blog dan channel ini
tetap bisa bertahan dari gempuran para asing, aseng dan asong he... he...
Ok bro langsung saja ke pokok dari masalah ya, sorry
buat pembukaannya yang absurd dan ngga jelas itu. Honda Vario 110 karbu
dikeluarkan oleh AHM (Astra Honda Motor) sekitar tahun 2006, tujuannya untuk
menyaingi kesuksesan kompetitornya dari pabrikan sebelah. Dan memang pada
jamannya Honda ini termasuk istimewa karena motor matic yang memakai sistem
pendingin liquid atau radiator. Selain itu sistem kelistrikan motor ini juga
lebih rumit jika dibandingkan dengan motor karburator pada jamannya. Ada
beberapa tambahan sensor pada motor karburator ini seperti sensor suhu dan
choke otomatis.
Sensor suhu terletak disekitar cylinnder comp bagian
kanan berdekatan dengan radiator, sementara choke otomatis terletak disekitar
karburator. Kedua part ini sangat berpengaruh pada performa motor Honda Vario
110 karbu, contohnya jika choke otomatis rusak maka langsam / stasioner motor
akan terganggu.
Kelistrikan Honda Vario 110 Karbu
Sebelum kita ngomongg serius dan untuk menghindari salah
pengertian gua sarankan baca semuanya sampai selesai ya bro, pada sepeda motor
sering kali bikers nyebutin ini arusnya AC apa DC. Pertanyaan seperti itu yang
bikin bundet ? kenapa ? karena yang jadi pertanyaan itu sistem pengapian atau
sistem penerangan ? nah lho ...
Kalau ngomong “ pengapian ” berarti ngomong api dari
busi, koil, CDI dan pulser, selain itu masalah yang sering dihadapi biasanya
motornya mogok. Berbeda kalau ngomongin “ penerangan “ karena yang diomongin
itu lampu depan kurang terang dan kemungkinan besar lo mau pasang lampu LED
atau variasi lainnya. Sampai sini ada gambaran bro ? yang dipertanyakan
pengapian atau penerangan ? tapi karena gua baik hati, tidak sombong, suka
menabung jadi gua akan bahas semuanya. Dan gua minta tolong sama lo bro, jangan
lupa subscribe channel gua supaya blog dan channel yang sangat cukup berfaedah
ini bisa tetap bertahan dari gempuran para asing, asong dan aseng he... he..
Pengapian Honda Vario 110 Lama AC atau DC
Apa pengapian Honda Vario 110 karburator lama ? Ini yang
sering kali dipertanyakan oleh para bikers Honda Vario 110 karburator. Pengapian
pada motor ini sudah DC (direct current) atau arus searah, maksudnya jenis arus
listrik ini akan terus menerus mengalir ke satu arah, nilai arusnya bisa tetap
atau berubah tapi arah dari tujuan arus ini tidak pernah berubah. Dan sumber
pada arus ini adalah batrey alias accu atau lebih dikenal aki, tapi bukan aki –
aki ya bro..
Jadi kalau aki Honda Vario 110 karbu ngedrop atau soak
maka akan berdampak pada pengapian motor tersebut, jika aki Vario masih
mempunyai tegangan 10 volt akan berasa pada elektrik starter yang tidak
berfungsi. Saat tegangan aki Vario berkisar antara 5 – 4 volt maka motor Vario
akan mati total, mulai dari sistem beban (klakson, lampu sen, lampu rem, lampu
senja) tidak berfungsi dan tidak ada api yang dipercikan dari busi, koil dan
CDI.
Setelah mengetahui betapa pentingnya aki bagi motor
dengan pengapian DC, jadi jangan biarkan berlama – lama aki motor ngedrop atau
soak. Tanda – tanda aki motor ngedrop bisa diprediksi mulai dari tegangan aki
yang lemah, suara klakson yang pelan, nyala lampu sen yang redup dan elektrik
starter yang tidak berfungsi. Tapi saat mengganti aki dengan aki baru lakukan
juga pengecekan arus pengisian, tujuannya untuk mendeteksi sistem pengisian
yang bagus atau malah jelek.
Jika sistem pengisianya jelek maka kemungkinan besar aki
tidak akan bertahan lama, paling hanya bertahan 1 bulan bahkan bisa 1 minggu.
Dan berarti ada komponen pengisian yang rusak, bisa kiprok atau spul
pengisiannya dan bisa juga kedua part tersebut rusak.
Letak Kiprok Honda Vario 110 Karbu Lama
Posisi kiprok Honda Vario 110 karbu dari body techno dan
CW terletak dibawah stang kemudi, tepatnya berdekatan dengan aki. Untuk
mengganti kiprok Honda Vario 110 karbu harus membuka cover depan dan mencopot
plat nomor. Kunci yang dibutuhkan adalah T10, obeng plus dan pas 10. Saat
mengganti kiprok usahakan ganti dengan barang original / asli bukan merk kw,
selain itu pilih juga kiprok untuk motor Honda Vario 110 karbu atau beat karbu
dengan kode KVB. Dan jika sudah nyari keliling ngga nemu bisa memakai kiprok
Honda Revo 110 absolute atau Blade 110 dengan kode KWB. Tapi jangan pernah
memakai kiprok Honda Supra 100, Grand, Supra Fit, Revo 100 dan sejenisnya, yang
memakai kode part KTM.
Penerangan Honda Vario 110 Lama AC atau DC
Bicara penerangan berarti fokus kita disini lampu utama
dan kemungkinan besar lo mau pasang lampu LED atau lampu – lampu variasi
lainnya. Kebetulan penerangan Honda Vario 110 karbu masih AC (alternating
current) atau jenis aris listrik yang alirannya terus menerus bolak – balik.
Dan sumber tenaga dari sistem penerangan Honda Vario 110 karbu lama adalah spul
penerangan dengan warna kabel kuning.
Hal ini yang membuat cahaya lampu sangat terpengaruh
oleh kecepatan sepeda motor, jadi kalau motor dalam RPM bawah cahaya lampu tidak
begitu terang. Tapi kalau motor dalam RPM tinggi maka nyala lampu akan lebih
terang, ya walaupun ngga seterang Honda Vario 125 dan 150 LED. Masalah yang
sering dikeluhkan pada Honda Vario 110 karbu lama, yaitu bikersnya ngga puas
dengan lampu utamanya yang masih memakai bohlam pijar biasa. Dan agak sirik ke
adik – adiknya yaitu Vario 110, 125 dan 150 LED he... he...
Jika lo mau pasang lampu LED pada Honda Vario 110 karbu
sebaiknya pasang juga volt meter, agar tegangan dari accu dapat dipantau.
Usahakan sistem pengisian dan sistem penerangan bekerja secara maksimal, ngga
ada aki ngedrop, kiprok rusak dan spul yang lemah.
Warna Kabel Spul Honda Vario 110
Spul Honda Vario berada dibalik magnet, jika mau
mengganti atau memperbaiki spul harus membongkar radiatordan kipas radiator.
Warna spul Honda Vario terdiri dari 3 warna , dimana putih sebagai sumber
pengisian, kuning sumber penerangan dan biru / kuning sebagai pulser. Masalah
yang sering terjadi pada spul Honda Vario 110 yaitu kabel warna putih dan kuning
sering konslet ke crank case / bak mesin, sehingga sistem penerangan dan
pengisian motor Honda Vario 110 bermasalah.
Untuk lebih jelasnya tonton video berikut ini ya bro,
tapi jangan lupa subscribe dulu ya bro.
MANTAP penjelasannya.
BalasHapusTerima kasih.
Punya saya jika umur hampir 1 tahun pasti kiprok diganti,
BalasHapusGejalanya pasti klistrikan mulai melemah dari starter ,lampu depan, lampu sen hingga klakson tau" mesin mati gak mau jalan.
Awalnya saya kira akinya sdh soak/ sdh lama, tp gigiliran diganti aki yg baru belum seminggu sdh kaya gitu lagi mesin sampe mati, pas di cek kiproknya yg saya ganti dan aki cukup di ces ssh normal lagi.
Kontak on kok setater nya hidup terus apnya ya minta solusi nya
BalasHapusBanh maap gw dah cek semua mash normal cuma gk ada keluaran api
BalasHapusTrus udh gw bongkar juga tu spulny malah ancur selang.a wkwkw sue emang ..
Gmna bang saran.a
Mantapp om.. hatur nuhun ilmunya...
BalasHapusMantap bro..terima kasih banyak infonya
BalasHapusBro, tiba" Lagu jalan mati total, ga ada api dari busi,
BalasHapusNo kunci kontak, aki
Kira" Apanya nya ya bro?
Cdi bro
HapusSelamat pagi, suhu mau tanya motor sy vario tehkno karbu 110 cc akinya ngedrop wae, kiprok dh di ganti tapi aki ngedrop lg kira2 apa penyebabnya ,( 2x ganti aki)
BalasHapusCdi
Hapusselamat soree bang, mau tanya dong.. motor Vario Cw 110 saya lampu rem belakang nya mati yg saat on trus.. tapi klo di switch rem depan belakang nya jalan.. itu apa yg putus ya bang. cara mengatasi lampu rem belakang mati, saat dinyalakan? makasih bang
BalasHapusBang minta bantuannya , Vario karbu saya kelakson nya hidup aki baru kiprok baru , tp lampunya redup banget bang cuma nyala sedikit doang ga terang kira" apa yg perlu di perbaiki terimakasih bang , semoga sukses amiin
BalasHapusTerima kasih infonya....top bgt dah
BalasHapusKontak on starter sendiri, mesin on msh cetak cetek, alhasil swicth starter dilepas. (Stater pakai engkol). Dan langsam tdk bisa stabil. Setelah ganti spul dan aki,sampai motor skg mati total. Dan ganti cdi(oem), aki dan switch starter baru. Kontak starter msh error, dan langsam msh tdk bisa stabil.masalah dimana nya lagi ya,, tolong pencerahannya. Terima kasih
BalasHapusudah cek ke bendik stater blm kalo bendik masih bagus berarti areng staternya musti di lem biru
HapusKontak on starter sendiri, mesin on msh cetak cetek, alhasil swicth starter dilepas. (Stater pakai engkol). Dan langsam tdk bisa stabil. Setelah ganti spul dan aki,sampai motor skg mati total. Dan ganti cdi(oem), aki dan switch starter baru. Kontak starter msh error, dan langsam msh tdk bisa stabil.masalah dimana nya lagi ya,, tolong pencerahannya. Terima kasih
BalasHapusBang minta penjelasannya motor saya vario 110 cw saat konci kontak on ga bisa starter sein ga nyala klakson ga nyala padahal aki baru kira2 apaan ya ya
BalasHapussamaa
HapusMas aku baru aja ganti soket kiprok awal nya aku g tau klu alur kabel nya berbeda yg masuk ke kiprok trs aku cek alur kabel nya aku sesuaikan dgn soket yg lama timbul penyakit baru begitu motor nyala masa yg di accu aku cabut mesin mati..(sebelumnya normal karena ad lubang soket yg gosong akhirnya aku ganti tanpa melihat alur kabel nya ....eh ternyata soket yg aku beli punya Supra x ) yg mau aku tanya apakah hal tersebut berpengaruh ke soul ... terimakasih
BalasHapusAa kalo penyebab kabel body sering konslet itu kenapa yaa?
BalasHapusTerimakasih atas sebelumnya
bisa jadi ada kabel body yg tersambung...
Hapussilahkan ganti kabel body aj ya
Mamang,, tulisannya hebta bagus bermanfaat dan bernutrisi
BalasHapusMaaf gan saya mau sedikit curhat,,eaaaa🤣🤣 awalnya motor varla saya pengapiannya kecil terus ngempos kaya abis bensin padahal bensin full,,terus mati saya beli aki baru hidup lagi tuh motor ehh cuman bertahan 2 hari lalu mati lagi ada yang ngomong itu kiprok saya beli kiprok eh malah gk nyala sama sekali mohon infonya ngab🙏
BalasHapusGan mau tanya , varla saya kelistrikan mati total ,. Awalnya ada kabel area spidometer yang kebakar sampe sikring juga meleleh dua dua nya , sudah di ganti tapi masih ga ada kelistrikan. Kira-kira apanya ya
BalasHapuscek koil,cdi dan spull
Hapusmotor saya vario 110 karbu keluaran tahun 2010.ketika sedang pelan motor suka ndrut ndrut seperti mau mati .CDI dan kiprok sudah diganti.setelah hampir satu bulan gejala tersebut kembali berulang. mohon solusinya. terima kasih
BalasHapuscoba di cek bagian sekitaran bensin seperti karburator,selang hisap dan membran
Hapus