Biaya dan Cara Memperbaiki Gearbox Speedometer, Kabel Kilometer Motor Honda Beat, Scoopy, Spacy dan Vario
Sejeworks – Selamat datang para biker’s semua, diblog
otomotif yang selalu update untuk para pecinta otomotih roda dua. Kali ini kita
akan membahas masalah yang sering terjadi yaitu spedometer yang mati ayau ngga
mau bergerak sama sekali. Tapi postingan kali ini mungkin akan fokus ke motor
matic matic Honda yang masih memakai kabel kilometer kawat / konvesional, belum
memakai sensor kecepatan. Motor – motor ini seperti Honda Beat Karbu, Vario 110
Karbu, Scoopy Karbu, Spacy Karbu dan aga beberapa jenis motor matic injeksi
Honda, seperti Beat injeksi, Beat Esp lama, Scoopy injeksi ring 14, dan Vario
110 injeksi lama.
Sedangkan untuk motor Honda Beat Esp 2018, Scoopy ring
12, semua Vario 125 dan 150, tidak memakai jenis kabel kilometer kawat /
konvensional tapi memakai sensor kecepatan atau lebih dikenal vihecle speed
(VS) yang terdapat dibagian atas transmisi. Cara kerja dari kabel kilometer
kawat dengan VS sangatlah berbeda, VS lebih bersifat elektrik sedangkan kabel
kilometer kawat lebih bersifat mekanik.
Sementara ini lupakan dulu VS karena kita sekarang fokus
ke kabel kilometer kawat (konvesional) yang terdiri dari, speedometer tabs
(kawat penghubung antara velg dengan gearbox), gearbox, kabel kilometer dan speedometer.
Untuk mempersingkat waktu mendingan kita langsung saja check satu persatu
bro...
Akibat Kabel Speedometer Putus
Akibat yang akan terjadi pada kabel kilometer yang putus
memang bukanlah hal yang bisa dianggap membahayakan bagi mesin, tapi kabel
kilometer yang putus akan mengakibatkan speedometer tidak berjalan. Sehingga
tabel perawatan berkala sepeda motor akan terganggu, seperti berapa kilometer
penggantian oli gardan, oli mesin, vbelt dan roller, kuras oli shock, busi dan
kuras air radiator.
Jika speedometer berjalan semestinya maka semua itu akan
terpantau dengan mudahnya dan tak perlu menebak dengan hitungan hari dan bulan
penggantian terakhir. Selain itu keceptan laju sepeda motor bisa terpantau,
apakah terlalu ngebut atau malah terlalu pelan berkendara.
Akibat Mengganti Kabel Kilometer KW atau Bukan Original
Dipasaran ada banyak sekali merk kabel kilometer, mulai
dari asli bawaan pabrik dan tiruannya sampai ada yang bermerk – merk lainnya
alias after market. Tapi saran gua pakailah original pabrikan dan untuk motor
tersebut, karena selain awet dan presisi juga tidak menimbulkan masalah lagi
setelah pemasangan. Masalah tersebut diantaranya, jarum speedometer tidak jalan
dan jarum speedometer goyang – goyang.
Jarum Speedometer Tidak Jalan
Kabel kilometer yang bukan ukurannya dan bukan original
sering kali terlalu panjang atau malah terlalu pendek, jika kabel kilometer
terlalu panjang maka akan membuat gearbox tertekan (lebih tepatnya gigi nanas
didalam gearbox). Sehingga speedometer tidak berputar sama sekali, selain itu
kabel kilometer yang terlalu pendek tidak akan menjangkau odometer yang berada
dibagian speedometer.
Jarum Speedometer Motor Goyang
Nah untuk jarum speedometer yang goyang – goyang saat
dikendarai juga disebabkan karena memakai kabel kilometer KW, goyang dimaksud
adalah gerak naik turun secara cepat saat speedometer menunjukan kecepatannnya.
Bahasa mudahnya gerakan speedometer tidak stabil bro, karena pemakaian kabel
kilometer KW tersebut.
Cara Menyembung Kabel Speedometer yang Putus
Apakah kabel kilometer bisa disambung ? jawabnya tidak
bisa disambung bro jika yang putus adalah kawat inti dari kabel kilometer. Tapi
kalau yang putus wadah dari kawat inti kabel kilometer, ini masih bisa
disambung dengan isolasi atau sejenisnya.
Biaya Perbaikan Speedometer Motor Honda Beat, Scoopy, Vario dan Spacy
Biaya untuk memperbaiki speedometer yang mati sangatlah
beragam, itu semua tergantung dengan kerusakan yang terjadi. Jika yang rusak
kabel kilometernya maka biaya perbaikannya sekitar Rp 55.000, lain halnya jika
yang rusak adalah gearboxnya maka akan membutuhkan biaya sekitar Rp 100,000
untuk membereskannya. Tapi jika yang rusak adalah odometernya maka harus
mengganti speedometer assy yang harganya sekitar Rp 300.000 untuk menebusnya.
Cara Memperbaiki Gearbox Speedometer
Gearbox speedometer pada motor Honda Beat, Scoopy, Spacy
dan Vario 110 berisi 2 buah gear, banyak orang menyebut gigi nanas. Nah kedua
gear ini yang menentukan putaran dari roda depan ke kabel kilometer, jika gear
aus / rusak maka kabel kilometer tidak akan berputar. Untuk memperbaiki
gerarbox speedometer yang rusak bisa dengan membersihkan terlebih dahulu kedua
gigi nanas tersebut dari tanah dan grease (gemuk). Tujuannya agar gigi nanas
bisa berputar dengan lancar, dan jangan lupa tambahkan sedikit grease baru
sebagi pelumasan pada kedua gigi tersebut.
Jika ada mata gigi yang yang rusak lakukan perbaikan
pada alur gigi tersebut dengan menggunakan cutter, cara ini kadang berhasil
jika mata gigi yang rusak tidak terlalu banyak dan tidak terkikis terlalu
dalam. Kalau gigi – gigi gearbox tetap tidak berputar maka langkah terakhir
adalah menggantinya dengan gearbox baru, tapi jangn lupa gunakan part asli
bawaan motor.
Cara Mengganti Kabel Speedometer Beat
Sebenarnya untuk mengganti kabel kilometer sepeda motor pada
dasarnya hampir sama, yang membedakannya hanyalah cara membongkar coverbody
motor tersebut. Karena setiap motor mempunyai coverbody yang berbeda maka berbeda
pula cara membongkar coverbody motor tersebut. Tapi sebagai contohnya kita akan
ngomongin cara ganti kabel kilometer motor Honda Beat karburator maupun Beat
Injeksi.
Pertama tama siapkan dulu kunci – kuncinya yaitu, obeng
plus (+), obeng min (-), T 10,Kunci pas 14 -12, kunci ring 14 -17, kunci ring
17 -19 dan tang biasa.
Langkah pertama copot terlebih dahulu cover front
handelbar cover atau batok kepala Honda Beat dengan memakai obeng plus. Tapi
jangan lupa lepas dulu spion yang menempel pada motor tersebut untuk
mempermudahnya.
Setelah itu copot pula front upper cover atau cover
lampu depan, tapi jangan lupa lepas terlebih dahulu plat nomor dan dudukannya.
Jika kedua coverbody tersebut lepas maka akan terlihat
jalur kabel kilometer, cermati terlebih
dahulu agar tidak salah jalur nantinya. Lebih bagus lagi foto dengan HP, biar
kalau kelupaan jalur kabel kilometer bisa digunakan sebagai contekan.
Langkah selanjutnya adalah mencopot kabel kilometer
tersebut, untuk lebih gampangnya copot dulu pada bagian bawah kabel kilometer
yang berhubungan langsung dengan gearbox.
Untuk mencopotnya bisa menggunakan obeng min (-), cara
mencopotnya harus secara bersamaan yaitu dengan menekan bagian yang mengunci ke
gearbok dan tarik keluar kabel kilometer.
Selanjutnya copot kabel kilometer bagian atas dengan
menggunakan tang biasa, caranya cukup memutar kearah kiri pengunci kabel
kilometer bagian atas.
Jika langkah diatas telah selesai maka kabel kilometer
bisa dicopot, tapi perhatikan terlebih dahu sebelah mana kabel kilometer yang
putus. Biasanya bagian yang putus adalah bagian kabel kilometer bagian bawah
dan sangat kecil sekali, bagian yang tersebut biasanya masih menempel di
gearbox.
Copot bagian kabel kilometer yang putus tersebut jika
masih menempel digearbox, cara bisa mencopot gearbox terlebih dahulu dengan
menggunakan kunci ring 14 -17 dan ring 17 -19. Kunci tersebut untuk melepas as
roda depan, ambil gearbox ketok – ketokan kelantai sampai bekas kabel kilometer
yang putus tersebut lepas.
Untuk pemasangan kabel kilometer sebaiknya pada bagian
atas terlebih dahulu agar pemasangan lebih mudah, jangan lupa kencangkan
pungunci kabel kilometer dengan tang.
Usahakan saat pemasangan jalur kabel kilometer benar dan
tidak asal – asalan, memang hal ini tidak terlalu berpengaruh. Cuman pemasangan
jalur kabel kilometer yang salah akan terasa saat digunakan untuk posisi belok
atau menikung.
Langkah selanjutnya adalah pasang bagian kabel kilometer
bagian bawah, caranya cukup mendorong memakai tangan dan posisikan pungunci
bawah benar – benar terpasang.
Kemudian lakukan pengecekan hasil pekerjaan, apakah
speedometer berputar ? tau malah tidak berputar sama sekali. Jika memutar maka
pasang kembali coverbody yang tadi dilepas.
Untuk lebih jelasnya tonton video berikut ini, dan jangan
lupa subscribe terlebih dahulu. Ya... itung – itung lo bantuin agar blog dan
channel ini bisa berkembang maju dan sukur – sukur berkembang biak he...
Kalau mau nanya – nanya dibagian video aja ya bro...
jangan disini he....
Akhir kata dari dari gua utamakan keselamatan
berkendara, hormati pejalan kaki dan keep riding no arogan. Slam oprek salam
satu asphal... wor... wor...
Komentar
Posting Komentar