Seal Mechanical Rusak, Air Radiator dan Oli Mesin CS1, CBR150R dan CB150R Keluar dari Selang Pembuangan
Sejeworks – Salam Oprex dan Salam Asphal, bagi para
pengguna Honda CB150R, CBR150R dan CS1 terkadang mengalami kendala adanya air
radiator dan oli mesin yang menetes atau keluar dari selang pembuangan pompa
radiator. Hal ini jangan dibiarkan terlalu lama atau berlarut – larut bro,
karena akan menimbulkan banyak efek bagi mesin.
Efek yang paling parah dari radiator dan oli mesin yang
keluar dari selang pembungan adalah bongkar mesin total dan mengganti semua
komponen atau part yang ada didalam mesin. Sedangkan efek ringannya paling air
radiator sering habis, tapi kebanyakan para pemilik Honda CS1, CBR150R, CB150R
dari yang lokal dan Thailand kurang memahaminya.
Sebenarnya masalah seperti sering kali dihadapi oleh
motor – motor yang menggunakan sistem pendingin radiator sebut saja kayak motor
pabrikan sebelah seperti Yamaha Vixion.
Tapi untuk kali ini kita akan fokus
ngomongin motor pabrikan Honda dulu ya bro... he... Pada motor Honda CS1,
CBR150R, CB150R kontruksi mesin hampir sama pada posisi pompa radiator, yaitu
disebelah kanan mesin / blok kopling dan komponennya pun bisa substitusi tanpa
rubahan. Sebelum kita ngomong lebih jauh lagi, kita akan bahas terlebih dahulu
pengertiian seal mechanical, ciri – ciri seal mechanical rusak
Pengertian Seal Mechanical
Seal mechanical atau sil mechanical adalah sil yang
dapat bergerak dan menghubungkan antara komponen yang diam dengan komponen yang
berputar. Seal mechanical terdapat 2 buah bagian yaitu bagian yang terpasang
pada komponen berputar dan bagian yang terpasang pada komponen yang diam. Pada motor
CBR150R, CB150R dan CS1 komponen yang diam adalah blok kopling sedangkan
kompnen yang bergerak adalah impeller water pump atau bahasa gampangnya kipas pompa
radiator.
Ciri – Ciri dan Penyebab Seal Mechanical Rusak
Seal mechanical rusak biasanya disebabkan oleh 2 hal
yaitu usia pakai kendaraan dan overheating, untuk usia pakai sepeda motor bisa
menjadi faktor utamanya. Sedangkan overheating tergantung dari perawatan
pemilik sepeda motor tersebut mulai dari penggantian air radiator secara
berkala, penambahan air radiator jika tangki cadangan coolent habis.
Sedangkan ciri – ciri seal machanichal rusak akan
ditandai dengan air radiator yang masuk kedalam mesin dan bercampur dengan oli
mesin, kemudian air radiator rembes / menetes di selang pembuangan. Sedangkan jika
oli mesin rembes dari selang pembuangan radiator kemungkinan besar seal oli
mesin mengalami aus rusak, posis seal ini ada dibelakang dari seal mechanical
tersebut. Untuk lebih jelasnya tonton video dibawah ini sampai selasai, tapi
jangn lupa subscribe, like, share dan commentnya... ya hitung – hitung lo
bantuin channel gua supaya berkembang dan selalu update artikel dan video –
video terbaru..
Nah kalau lo mengalami hal ini gua kasih daftar part
beserta harganya bro... harga sewaktu – waktu bisa berubah ya bro.. tergantung
yang jualan he... Kenapa banyak banget mas komponennya ? karena sat seal
mechanical rusak, komponen terdekat yang bersentuhan langsung dengan seal
mechanical akan ikut rusak. Jadi dari pada lo bongkar dan akhirnya jadi bahan
guyonan jadi mending beres sekalian. Dan satu hal lagi untuk mengganti seal
mechanical usahakan serahkan pada mekanik yang terpercaya karena proses bongkar
pasangnya lumayan susah bro..
Harga Seal Mechanical CBR150R, CB150R, CS1 dan Sonic
Kode Part Nama
Part Harga
19215-KGH-900 Impeller
Water Pump Rp 22.000,
19217-P72-014 Seal
Mechanical Rp 131.000,
19241-KGH-901 Shaft
Water Pump Rp 31.000,
91205-KF0-005 Oil
Seal 12x 20 x 5 Rp 5.000,
19226-KGH-901 Gasket
Water Pump Rp 6.000,
Akhir kata dari gua tetep keep riding no arogan, salam
satu asphal dan jangan lupa sebarkan artikel ini jika lo anggap berguna bagi
komunitas lo bro...
Harga seal mekhanical
BalasHapusGanti seal 2 bulan oli netes lagi bagaimana solusinya
BalasHapusKlo sepengetahuan saya karna saya dah pernah ngalami setahun lalu, klo diganti dengan part ori HGP dan pasangnya di honda Ahass biasanya gk ngulah lagi bro
HapusBng berhubung di tempat saya susah nyari nya seal mechanial,kalo daei vario 150 bisa nggak.?
BalasHapusGk sama serinya itu bro, mending peaan online lewat tokped, shopee, dll, apalagi saya jg tinggal di pedalaman kalimantan biasanya pesan online dan alhamdulilah barangnya ori jd saya gk prnah takut klo part di tmpat saya jarang ada
HapusGanti seal yg baru mesin malah cepet panas dan akhirnya radiator bocor, kira" itu apanya bang, atw mungkin nomer seri harus sama yg orinya?
BalasHapusAne ganti seal mechanical bongkar habis di AHASS habis 500 ribuan + oli dan air radiator. Gak lama (2 bulan) netes lagi air radiator+oli dari selang pembuangan.
BalasHapus