Sejeworks – Salam Oprex semua dan salam satu aspal,
ngomongin tentang banding menbandinggkan sebenarnya ini agak susah dan berat
karena semuanya balik lagi ke persepsi penggunanya masing – masing. Tapi disini
gua akan berusaha seadil mungkin tanpa memihak salah satu kandidat he....
he.... yang mau kita bandingkan adalah kelebihan dan kekurangan Honda Supra 125
FI dan Honda Supra 125 karburator.
Motor Supra adalah motor yang sangat familiar bagi para
biker, bagaimana ngga familiar karena motor ini berkembang dari generasi ke
generasi. Contohnya supra 100 motor yang ada dari jaman gua SD terus menjadi
Supra 125 karburator dan sampai sekarang yaitu Honda Supra 125 FI sebagai
generasi terbaru. Memang untuk kelas 150 sudah ada Supra GTR, tapi kita akan
fokus ngomongin kedua motor Supra yang mempunyai cc yang sama tapi beda
generasi. Ok langsung saja bro check it dot..
Perbandingan Mesin Supra 125 karburator dan Supra 125 FI
Honda Supra 125 karburator dengan biasanya mempunyai
kode part dengan embel – embel KPH, motor ini mempunyai diameter piston 52,4 mm
dan panjang langkah 57,9 mm. Diameter piston dan panjang langkah kruk as hampir
sama dengan Honda Supra X 125 Injeksi, perbedaannya terletak pada piston Supra
x 125 injeksi terdapat coakan dibagian ex.
Perbandingan Rantai Mesin Supra 125 karburator dan Supra 125 FI
Rantai mesin atau keteng pada Honda Supra 125 karbu
memakai jenis lifter tensioner assy (penonjok keteng) dari atas mirip dengan
motor Tiger, Megapro, Beat dan Vario sehingga suara mesin adem atau tidak
berisik dan ditambah lagii ukuran stelan klep Supra 125 Karbu bisa dibilang
agak rapat yaitu 0,05 in dan ex.
Sedangkan pada Honda Supra 125 FI mempunyai tensioner
jenis suling seperti motor Supra 100, Revo 100, Grand dan lainnya, cuman ada
perbedaan pada roller keteng pada Supra 125 injeksi dengan motor – motor
diatas. Jadi bisa dikatakan serupa tapi tidak sama, selain itu ukuran standart
celah klep pada motor ini agak longgar dengan kisaran 0,10 in dan ex 0,17. Hal
ini yang menyebabkan suara motor Supra 125 Fi agak kasar jika dibandingakan
dengan Supra 125 karburator.
Perbandingan Sistem Pengereman Supra 125 karburator dan Supra 125 FI
Pada Honda Supra 125 karburator pengereman bagian depan
memakai Nissin dengan 2 piston rem dan kode kanvas rem KR3, rem ini cukup
maksimal untuk menjaga keamanan saat memacu Supra 125 karburator. Kelemahan
pada rem ini pada bagian pengunci kanvas rem (baud L5) sering kali macet,
sehingga harus sering kali dirawat dengan baik.
Sedangkan rem depan pada Honda Supra 125 FI memakai
Nissin dengan 1 piston kaliper rem, tapi ukuran piston kaliper ini lebih besar
2 jika dibandingkan piston kaliper pada Honda Supra 125 karburator.
Perbandingan Sistem Kelistrikan Supra 125 karburator dan Supra 125 FI
Lampu depan kedua motor tersebut sama – sama memakai
jenis bohlan biasa, tapi pada lampu belakang Honda Supra 125 FI sudah memakai
LED sementara kakaknya masih memakai lampu biasa. Sementara untuk bagian speedo
meter Honda Supra X 125 karbu sudah memakai full digital dan untuk mengukur
kecepatan motor dibagian mesin ditaruh speed sensor, sehingga motor bebek ini
terlihat wah.
Berbeda dengan Supra 125 FI injeksi menggunakan spedo
meter analog dan pada pengukur kecepatan motor masih menggunakan kabel kilo meter yang
menghubungkan antara gear box roda depan dengan speedo meter.
Perbandingan Sistem Pengkabutan Supra 125 karburator dan Supra 125 FI
Honda Supra X 125 karburator mempunyai diameter venturi
sekitar 18 mm dengan tipe piston valve, sedangkan pada Honda Supra x 125
Injeksi memakai Throttle body dengan venturi 22 mm. Nah urusan mana yang paling
irit antara Supra 125 Karburator dengan Supra 125 injeksi, jawabannya Honda
Supra 125 Injeksi.
Kenapa Supra 125 Injeksi lebihh irit karena pada ECU
motor injeksi diprogam perbandingan antara bahan bakar dengan udara sekitar
14:1, sementara pada motor karburator bisa 11:1 tergantung penyetelan karburatornya.
Konsumsi bahan bakar Honda Supra X 125 Injeksi diclam diantara 57,2 km / liter.
Untuk lebih jelasnya berikut Spesifikasi antara Honda
Supra X 125 karburator dan Supra X 125 Injeksi
Spesifikasi New Supra 125 Injeksi dan Supra 125 Karburator
Spesifikasi New Supra 125 Injeksi
Dimensi
Panjang x Lebar x Tinggi :
1918 mm x 709 mm x 1.101 mm
Jarak sumbu roda :
1.235 mm
Jarak terendah ketanah :
136,5 mm
Berat isi :
106 kg (CW) & 103 kg (SW)
Kapasitas bahan bakar :
4,4 L
Rangka
Tipe rangka :
underbone
Suspensi depan :
teleskopik
Suspensi belakang :
lengan ayun dengan suspensi ganda
Ban depan :
70/90 -17 M/C 38P
Ban belakang :
80/90 - 17 M/C 44P
Rem depan :
Cakram Hidrolik dengan Piston Tunggal
Rem belakang :
Cakram Hidrolik dengan Piston Tunggal (CW) & Tromol (SW)
Mesin
Tipe Mesin :
4 – Stroke, SOHC Silinder Tunggal
Kapasitas Mesin :
124,89 cc
Diameter x Langkah :
52,4 mm x 57,9 mm
Perbandingan Kompresi :
9,3 x 1
Daya Maksimum :
7,40 kw / 8000 rpm
Torsi Maksimum :
9,30 Nm / 4000 rpm
Sistem starter :
Elektrik & Starter Kaki
Kapasitas oli mesin :
0,7 Liter Penggantian Periodik
Sistem Bahan Bakar :
Fuel Injection
Tipe Kopling :
Multiple Wet Clucth with Coil Spring
Tipe Transmisi :
4 Speed Rotary
Kelistrikan
Sistem pengapian :
Full Transisterized
Battery :
12V – 3.0 Ah
Tipe busi :
NGK / CPR9EA - 9
Fitur pada Honda Supra X 125 Injeks terdapat charger HP,
yang posisinya didalam jok bagasi.
Spesifikasi Supra 125 Karburator
Dimensi
Panjang x Lebar x Tinggi :
1889 mm x 702 mm x 1.1074 mm
Jarak sumbu roda :
1.242 mm
Jarak terendah ketanah :
136 mm
Berat isi :
102 kg (CW) & 103 kg (SW)
Kapasitas bahan bakar :
3,7 L
Rangka
Tipe rangka :
underbone
Suspensi depan :
teleskopik
Suspensi belakang :
lengan ayun dengan suspensi ganda
Ban depan :
70/90 -17 M/C 38P
Ban belakang :
80/90 - 17 M/C 41P
Rem depan :
Cakram Hidrolik dengan Piston Tunggal
Rem belakang :
Cakram Hidrolik dengan Piston Tunggal (CW) & Tromol (SW)
Mesin
Tipe Mesin :
4 – Stroke, SOHC Silinder Tunggal
Kapasitas Mesin :
124,89 cc
Diameter x Langkah :
52,4 mm x 57,9 mm
Perbandingan Kompresi :
9,0 x 1
Daya Maksimum :
7,40 kw / 8000 rpm
Torsi Maksimum :
9,30 Nm / 4000 rpm
Sistem starter :
Elektrik & Starter Kaki
Kapasitas oli mesin :
0,7 Liter Penggantian Periodik
Sistem Bahan Bakar :
Karburator
Tipe Kopling :
Multiple Wet Clucth with Coil Spring
Tipe Transmisi :
4 Speed Rotary
Kelistrikan
Sistem pengapian :
CDI
Battery :
12V – 3.0 Ah
Tipe busi :
NGK / CPR8EA - 9
Untuk lebih jelasnya tonton video berikut ini bro, tapi
jangn lupa subscribe ya bro... ya itung – itung lo bantuin gua he....
Komentar
Posting Komentar