Sejeworks – Selamat datang kembali para bro semua diblog
otomotif paling keren ini, untuk artikel kali ini kita akan ngomongin tentang
mesin sepeda motor 4 langkah yang ngebul putih. Kebanyakan setelah penggantian
seher / piston dan mengkorter boring, tetapi motor masih ngebul entah dalam
kondisi mesin masih dingin atau mesin masih panas.
Sebagian para biker mengalami hal ini setelah mengganti
piston / seher dan mengkorter boring cylinder dibengkel yang dipercaya, tapi
motor masih ngebul. Ada banyak hal yang membuat motor baru ganti piston dan
boring kembali ngebul putih, untuk lebih jelasnya baca artikel ini samppai
selesai dan jangan lupa tonton videonya, tidak ketinggalan juga subscribe ya
bro agar selalu update informasi – informasi terbaru.
Penyebab Motor Kembali Ngebul Setelah Dikorter
Sisa Oli Mesin di Dalam Knalpot
Sering kali knalpot diabaikan jika melakukan servis
besar atau bongkar mesin atas dan bongkar mesin total. Oli mesin yang ikut
terbakar diruang bakar akan menempel di sekitar knalpot, akibatnya knalpot akan
mengeluarkan asap berwarna putih. Tapi jangan khawatir bro, asap putih dari
knalpot lama – kelamaan akan hilang dengan sendirinya. Kurang lebih 2 – 14
hari, tapi jika sudah 1 bulan motor masih ngebul asap putih dan dipakai setiap
hari maka ini harus dicurigai.
Korteran Tidak Bersih
Maksud dari korteran tidak bersih adalah masih adanya
bekas lecet atau luka pada dindiing cilinder comp bagian dalam dan memakai ukuran
piston yang kurang besar. Kebanyakan para biker saat menaikan dimeter piston
hanya mementingkan ketersedian komponen atau part, tanpa memperhatikan apakah
diameter piston naik satu step sudah menyelesaikan solusinya. Tapi kenyataannya
terkadang butuh naik 2 step untuk mengatasi cylinder comp yang tergerus terlalu
dalam. Contohnya jika diameter Honda Sonic / CS1 125 mempunyai diamter 58 mm
maka saat oversize memakai piston sonic dengan OS 50 bukan OS 25.
Posisi Piston Terbalik
Secara sepintas piston berbentuk bulat sehingga untuk
pemasangannya bisa bolak – balik tetapi nyatanya tidak semudah itu ferguso, kebanyakan
pada mesin sepeda motor menggunakan offset engine. Offset ini membuat gerak
lurus poros engkol mendekati titik Exhaust (pembuangan) bukan pada titik Intake.
Salah pemasangan tersebut akan membuat umur piston menjadi pendek atau bahasa
gampangnya piston menjadi cepet ngebul.
Celah Ring Piston yang Satu Arah
Seharusnya untuk celah ring piston mempunyai sudut 120
derajat, ring kompresi 1 dan ring kompresi dua mempunyai jarak celah sekitar
120 derajat. Selain itu ring oli yang terdiri dari 2 ring siderail dan 1 ring
expander juga harus mempunyai jarak celah sekitar 120 derajat. Pemasangan yang
posisi celahnya sama akan menimbulkan lost kompresi, dan oli mesin akan naik
keruang bakar melalui ring piston.
Batang Payung Klep yang Lecet dan Sil Klep yang Rusak
Saat pembongkaran mesin skir klep harus dilakukan,
gunanya untuk merapatkan kompresi diruang bakar karena banyaknya timbunan
karbon yang menumpuk disekitar payung klep. Skir klep juga harus dibarengi
dengan penggantian sil klep agar tidak ada oli mesin yang ikut rembes / masuk
keruang bakar.
Untuk lebih jelasnya, tonton video berikut ini bro, tapi
jangan lupa subscribe ya...
mantep penjelasannya
BalasHapusAzip
BalasHapus