Sejeworks – Motor injeksi berkedip – kedip dibagian
speedo meter jangan dibiarkan bro, agar rusaknya tidak tambah parah dan
merembet ke komponen lain. Karena sebagian biker sering kali mengabaikan hal
tersebut, padahal kuda besinya sedang memberi tahu ke tuannya bahwa dia sedang
sakit, e... malah yang punya kagak peka... dasar batu ha.... ha... itu mungkin
ungkapan dari motor lo bro jika bisa ngomong he... he...
Lampu ini berkedip jika ECU / ECM mendeteksi sinyal yang
tidak normal dari sensor – sensor disistem injeksi sepeda motor pada saat
dijalankan. Setiap kedipan mempunyai arti kode kerusakan yang berbeda pada
sepeda motor tersebut, jika lampu berkedip panjang dibaca 10. Tapi jika lampu
berkedip pendek dibaca 1, nah untuk lebih jelasnya baca artikel ini sampai
selesai dan jangn lupa tonton videonya silahkan subscribe, like, comment share.
Kode MIL Motor Injeksi Honda
Kedipan 1 berarti adanya kerusakan pada rangkaian sensor
MAP (manifold absolute pressure).
Kedipan 7 berarti rangkaian sensor suhu mengalami
kerusakan.
Kedipan 8 berarti pada sensor throttle position (TP)
tidak berfungsi dengan baik.
Kedipan 9 berarti rangkaian pada sensor IAT (intake air
temperature) mengalami kerusakan.
Kedipan 11 berarti adanya rangkain terbuka pada sensor
kecepatan / vihecle speed.
Kedipan 12 berarti rangkain injektor mengalami gangguan
atau kerusakan.
Kedipan 21 berarti adanya gangguan atau kerusakan pada
rangkaian sensor O2.
Kedipan 29 berarti adanya kerusakan atau rangkaian
terbuka pada sensor IACV / choke otomatis.
Kedipan 33 berarti ECU / ECM mengalami kerusakan /
gangguan.
Kedipan 52 berarti adanya rangkaian terbuka atau
kerusakan pada sensor CKP.
Kedipan 54 berarti
adanya rangkaian terbuka dan kerusakan pada sensor kemiringan sudut sepeda
motor / bank angel sensor.
Akibat dari Kedipan Motor Injeksi Honda
Kedipan 1
Kedipan 1 terjadi disebabkan adanya rangkaian terbuka
dari sensor MAP (manifold absolute pressure) atau terjadi kerusakan pada sensor
tersebut dan tingkat kevakuman pada intake manifold yang tidak stabil. Sensor
ini biasanya terletak disekitar throttle body atau sekitar filter udara dan
manifold.
Akibat yang ditimbulkan akselerasi menjadi berkurang,
mesin tetap bekerja secara normal tetapi kurang tenaga pada putaran atas.
Kedipan 7
Pada kedipan 7 motor injeksi honda akan menunjukan
adanya kerusakan pada sensor suhu, bisa ECT (engine coolant temperature) dan
EOT (engine oil temperature) tergantung jenis sistem pendinginan pada motor
tersebut. Untuk motor berpendingin radiator disebut ECT (Engine Coolent
Temperature), sedangkan untuk sepeda motor perpendingin udara disebut EOT
(engine Oil Temperature).
Yang membedakan dari jenis sensor suhu tersebut adalah
rangkaiannya, karena ECT digunakan untuk mengukur suhu air radiator dan pada
suhu tertentu akan menggerakan kipas radiator. EOT digunkan untuk mengukur suhu
oli mesin dan langsung tersambung ke ECU / ECM atau otak dari sepeda motor
injeksi.
Kedipan MIL 7 sering kali karena adanya arus putus
sambung (intermittent failure) atau adanya kerusakan pada sensor tersebut. Arus
putus sambung ini bisa disebabkan karena kabel jalur sensor suhu mau putus,
soketan / konektor sensor dalam keadaan longgar dan masih banyak lagi. Akiibat
dari sensor suhu rusak maka sepeda motor akan sulit dihidupkan pada suhu
rendah, kipas radiator bekerja tidak maksimal dan mesin cepat panas.
Kedipan 8
Kedipan lampu injeksi sebanyak 8 kali berarti adanya
kerusakan pada bagian sensor throttle position (TP), sensor ini terletak di throttle
body (karburatornya motor injeksi). Terjadinya kedipan MIL 8 kali ini karena
adanya kerusakan pada sensor TP, soket konektor yang longgar dan jalur kabel
sensor TP yang putus.
Akibat dari kedipan 8 pada motor injeksi Honda yaitu
motor menjadi boros bahan bakar, akselerasi motor menjadi tidak baik dan mesin
sering mati.
Kedipan 11
Sebenarnya sensor kecepatan / VC bukan termasuk sistem
injeksi, karena pengaruh dari sensor kecepatan tidak merembet atau menggangu
kinerja ECU / ECM. Sensor ini hanya mempengaruhi tampilan kecepatan pada speedo
meter, penyebab dari kedipan 11 yaitu rusaknya sensor terkait dan jalur kabel
dari sensor tersebut.
Kedipan 12
Kedipan 12 pada motor injeksi Honda terjadi karena
adanya gangguan atau kerusakan pada sensor injektor, kerusakan tersebut bisa
berasal dari sensor injektor atau dari kabel jalur sensor tersebut. Akibat dari
kedipan 12 motor injeksi Honda biasanya, mesin tidak dapat dihidupkan,
injektor, pompa bahan bakar dan sistem pengapian mati.
Kedipan 21
Kedipan 21 ini disebabkan karena sensor O2 yang berada
disekitar knalpot atau disekitar lubang exhoust mengalami kerusakan atau
rangkaian terbuka pada sensor tersebut. Akibat dari kedipan MIL 21 ini membuat
mesin sulit dihidupkan dan bunyi letupan pada bagian knelpot.
Kedipan 29
Kedipan 29 pada motor Honda injeksi terjadi karena soket
kontak yang longgar atau kurang baik, selain itu penyebab lainnya karena jalur
kabel sensor tersebut terbuka / putus. Dan yang paling parah karena adanya
kerusakan pada sensor IACV atau choke otomatis, posisi choke otomatis terlatak
dithrottle body dekat dengan sensor TP.
Kedipan 33
Kerusakan pada ECU / ECM pada motor injeksi Honda akan
membuat lampu MIL menyala 33 kali, tapi sering kali kerusakan pada ECU akan
berdampak motor mati total. Dan semua sistem elektronik akan mati mulai dari
lampu – lampu, sistem beban, sistem pengapian dan sistem injeksi, sehingga
membuat lampu MIL tidak menyala sama sekali.
Akibat dari ECM / ECU rusak bagi motor injeksi Honda
sebenarnya sangat berrvariasi mulai dari bocornya sitem beban / kelistrikan,
motor mati total dan sepeda motor menjadi sulit untuk dihidupkan.
Kedipan 52
Kedipan MIL 52 disebabkan karena adanya kerusakan pada
sensor CKP, kerusakannya meliputi jalur kabel yang putus, soket kontak yang
longgar dan kerusakan pada sensor tersebut. Selain itu accu / aki yang ngedrop
juga akan mengirimkan sinyal kode MIL 52, dan setelah penggantian accu baru
kode kerusakan tersebut masih tersimpan di ECU. Maka langkah terbaiknya dengan
melakukan reset ECU setelah penggantian aki / accu baru.
Kedipan 54
Kedipan MIL injeksi motor injeksi Honda dengan jumlah 54
ini terjadi pada sepeda motor jenis batangan / sport, karena sensor kemiringan
/ BAS (bank angle sensor) terletak pada motor – motor tersebut. Sedangkan untuk
motor matic injeksi dan bebek injeksi Honda tidak memiliki sensor sudut
kemiringan sepeda motor.
Kerusakan pada sensor kemiringan akan membuat sepeda
motor tetap hidup saat sepeda motor jatuh, selain itu pemasangan sensor
kemiringan akan mempengaruhi sistem pengapian sepeda motor. Sehingga sepeda
motor tidak bisa dihidupkan sama sekali, karena sensor tersebut mengirimkan
sinyal kemiringgan yang tidak tepat sesuai kondisi motor sebenarnya.
Cara Memperbaiki Kedipan Motor Injeksi Honda
Sebaiknya lakukan pengecekan pada soket dan jalur kabel
dari sensor terkait.
Terkadang kedipan MIL tidak sesuai dengan kerusakan
sensor terkait tapi kerusakannya malah terjadi pada sensor lain, hal ini karena
setiap sensor pada motor injeksi saling terkait.
Segera perbaiki penyebab kedipan MIL dan lakukan
penggantian sensor jika konsleting / hubungan arus listrik telah diperbaiki.
Jika ECU rusak jangn terlalu cepat untuk menggantinya
dengan ECU terbaru, tapi perbaiki dan periksa kembali penyebab ECU rusak. Karena
jika langsung ganti ECU, kemungkinan besar akan merusak ECU yang baru diganti.
Untuk lebih jelasnya tonton video ini bro, tapi jangan
lupa subscribe, like, comment dan share ya bro... kalau masih bingung komen
saja bro... tapi jangn disini ya di channel saja.. he...
Komentar
Posting Komentar