Sejeworks – Selamat datang kembali di blog otomotif roda
dua yang isinya tentang sepeda motor, dari tutorial bongkar pasang (oprek),
tips & trik seputar sepeda motor. Dari bagian karburator, injeksi, mesin,
rangka, suspensi, elektronik dan masalah atau penyakit yang sering kali
terdapat di sepeda motor. Untuk kali yang mau kita omongin tentang masalah
kehabisan oli mesin yang sering kali terjadi pada sepeda motor matic, tapi
bukan Cuma matic doang bro, motor bebek dan batangan (sport) juga sering kali
mengalaminya bro.
Penyebabnya apa ya bro ? kok oli mesin bisa habis tak tersisa
dan apa efeknya buat mesin sepeda motor ? nah... untuk yang pengin tahu, tetep
stay dan baca sampai habis artikelnya. Kalau kurang faham bisa dilihat videonya
bro... tapi jangan lupa subscribe, like and sharenya, mau comment juga silahkan
tapi channel ya .. agar gua bisa cepat merespon...
Penyebab Kehabisan Oli Mesin
Oli Mesin Rembes dari Blok Mesin
Penyebab rembesnya oli mesin tersebut ada banyak sekali
mulai dari gasket / paking yang sobek, crank case yang pecah atau retak.
Akibatnya takaran oli mesin akan berkurang setiap menitnya akibatnya sistem
pelumasan mesin akan terganggu dan jangka panjangnya akan meruksak komponen dibagian
mesin. Tapi rembesan oli bisa dilihat atau diprediksi penyebabnya agar bisa
dilakukan perbaikan, dan jangan anggap remeh oli mesin yang rembes dari mesin
ya bro... artikel yang membahas oli
mesin pernah gua post, jadi cari – cari aja ya bro...
Sepeda Motor Ngebul Putih
Keluarnya asap putih dari knlapot pada sepeda motor itu
tidak menjadi masalah asalkan motor tersebut jenis 2 tak atau mesin dua
langkah, tapi jika terjadi pada motor empat langkah maka hal ini sangatlah
menakutkan. Kenapa bisa begitu bro ? jelas lah ini pertanda bahwa oli mesin
ikut terbakar diruang bakar sehingga knalpot mengeluarkan asap putih. Dan lama
kelamaan oli mesin akan ikut terbakar sehingga volume oli mesin akan berkurang,
ujung – ujungnya akan mengganggu sistem pelumasan mesin sepeda motor tersebut.
Kalau kurang percaya lihat saja videonya bro... sampai
selesai ya... pada video tersebut sepeda motor sudah dalam posisi ngebul (seher
mbaret), tetapi pemilik motor mengulur – ulur waktu penggantian seher (piston)
dan kurang memikirkan dampaknya pada mesin sepeda motor tersebut. Akibatnya oli
mesin habis tanpa tersisa setetes pun dan kerusakan komponen tersebut merembet
ke komponen lain yaitu kruk as (stang seher), nah buat lo yang motornya ngebul
usahakan cek terus volume oli mesin dan jangan sampai habis tak tersisa. Tapi
saran gua segera ganti piston / seher agar sepeda motor tidak ngebul karena oli
mesin ikut terbakar di ruang bakar.
Oli Mesin Menguap
Hal ini sering kali terjadi pada sepeda motor matic
terutama motor matic berpendingin udara paksa, seperti motor Honda Beat,
Scoopy, Spacy, Yamaha Mio, X-ride dll. Kenapa disebut berpendingin udara paksa
? karena pada bagian mesin terdapat kipas yang fungsinya untuk menjaga suhu
kerja mesin. Letak kipas tersebut biasanya menyatu dengan magnet, hal inilah
yang membedakan antara motor matic dengan motor bebek dan sport.
Kebanyakan oli mesin menguap jika pemakaian telah
melebihi 2.000 km atau 2 bulan, padahal dibagian mesin tidak terdapat kebocoran
oli mesin yang memungkin oli mesin berkurang. Menguapnya oli mesin tersebut
besar kemungkinan karena suhu mesin yang tinggi dan kurang maksimalnya sistem
pendinginan mesin. Nah maka dari itu sebaiknya lakukan pengecekan oli mesin
secara berkala untuk mengantisipasi oli mesin yang habis, untuk lebih jelasnya
langsung saja check it dot bro...
Ciri – Ciri Oli Motor Harus Ganti atau Habis
Warna Oli Mesin
Sebelum oli mesin dimasukan kedalam mesin biasanya akan
mempunyai warna ciri khas yang berbeda – beda sesuai dengan pabrikan pembuat oli
mesin tersebut. Tetapi jika suadah dimasukan kedalam mesin sepeda motor, dan
motor tersebut dinyalakan walaupun hanya sebentar maka oli mesin akan berwarna
hitam. Tapi wrana hitam tersebut tetap ada perbedaanya bro, antara oli mesin
yang masih o.k dan oli mesin yang harus diganti baru. Letak perbedaanya bisa
kita lihat dengan menggunakan stick tutup oli dan mengambil sedikit oli mesin
tersebut kemudian meneteteskannya ke telapak tangan.
Oli mesin yang masih o.k akan berwarna hitam tapi ada
warna dasar oli tersebut saat masih belum dimasukan ke dalam mesin, tapi oli
mesin yang sudah jelek atau waktunya ganti akan berwarna hitam pekat.
Dari Volume Oli Mesin
Oli mesin yang telah lama dipakai akan mengalami pengurangan
pada volume takaran oli mesin tersebut, hasilnya lama – kelamaan oli mesin
tersebut akan habis. Maka dari itu penggantian oli mesin secara periodik
sangatlah diharuskan bro, agar tidak mengganggu sistem pelumasan dan menjaga
keawetan komponen di dalam mesin.
Cara Memperbaiki Motor yang Kehabisan Oli Mesin
Untuk memperbaiki motor yang kehabisan oli mesin adalah
dengan mengganti komponen yang rusak tersebut, jika kerusakannya ringan cukup dengan
mengganti piston (seher). Tapi jika kerusakannya berat harus mengganti stang piston
/ seher, bearing stang dan piston tersebut. Nah biar lebih jelasnya tonton
video berikut bro... sampai kelar, tapi jangan lupa subscribe ya ...
Akhir kata dari gua tetep keep riding no arogan dan
hormati pejalan kaki..
Oli mesin motorku habis tinggal 3 sendok makan kira" ,telat ganti tpi nggak ngebul putih .sudah sya ganti, Dampak selanjutnya
BalasHapusapa bang ?
Sama seperti Mio saya juga gan
HapusSama bro saya tadi malam tiba2 mati mana rumah masih jauh lagi untung masih hidup dan dibawa jalan pelan2. paginya pas di cek oli nya habis...bis...bis padahl 3bln sebelumnya baru ganti oli
HapusPunya saya sampe bener bener kering terus ngancing gitu. terus keluar asep putih itu apa yg rusak?
BalasHapusMotor Saya Udah Ganti Piston Dan Klep Tapi Masih Juga kekeringan Oli,Mhon Bantuannya 🙏
BalasHapusAssalamualaikum
BalasHapussaya mau tanya nih,Mass kalau untuk turun mesin supra fit dan masalanya sama seperti di video di atas kira kira dana yang dihabiskan brpaa ya mass