Sejeworks – Selamat datang para bro semua, dari mbak bro
sampai mas bro .. Pernah mendengar kata ECU alias ECM ? ya.. bagi para pecinta
otomotif pasti tidak asing mendengarnya. “ Kayaknya ECU atau ECM nya jebol
alias rusak ??? “ itu sepenggal kalimat kumplitnya he... he... Kalau ada yang
belum tahu apa itu ECU alias ECM, gua kasih tahu sedikit bro... karena
pengertian ECU sudah pernah gua bahas pada artikel sebelumnya.
ECU (Electronik Control Unit ) dan biasa disebut ECM (Engine
Control Module) adalah komponen elektronik yang terpadat pada kendaraan dengan
sistem pengkabutan injeksi, jadi ECU juga terdapat pada mobil dan sepeda motor
dan kendaraan lainnya. Tapi karena blog yang paling keren menurut gua sendiri
he... membahas tentang sepeda motor sepenuhnya jadi ECU disini untuk sepeda
motor bro..
Artikel Terkait..
ECU berfungsi sebagai komputer kecil yang mengatur
suplay bahan bakar, banyaknya semprotan bahan bakar dan kapan bahan bakar
disemprotkan, selain itu ECM berfungsi untuk menentukan kapan waktunya busi
memercikan api dan berapa jumlah karbon diokasida yang boleh dikelurkan dari
gas buang. ECM juga sebagai sumber otak kelistrikan juga, jadi sepeda motor
tanpa ECM tidak akan bisa dihidupkan, paling kalau mau jalan pakai bensin
campur, iya campur dorong bro he...
Perlu diketahui sedikit bro, apakah ada perbedaan antara ECU dan CDI ?
sebenarnya CDI dan ECU hampir sama, yang membedakannya adalah tugas ECU lebih
rumit dari CDI. Kalau CDI berfungsi hanya untuk membaca putaran magnet dan
memercikan api ke koil kemudian disalurkan ke busi. Tapi ECU bekerja lebih
rumit dari pada CDI yaitu menerima input dari sensor kemudian mengolah dan
mengelurakan ke sensor – sensor output.
Apakah ECU Bisa Kena Virus
Ini sebenarnya pertanyaan macam apa ya bro ? he... tapi
gua pernah mendengar pertanyaan ini he... ya ECU atau ECM memang bisa dikatakan
sebagai komputer pada mesin. Bukan berararti ECU bisa terkena virus, selama ini
gua belum pernah nemuin ECU terkena virus. Yang ada sensor – sensor rusak,
jalur kabel sensor tersebut putus atau ECM rusak, itu yang sering gua temuin
bro...
Ciri – Ciri ECU Rusak
ECU atau ECM rusak ada banyak sekali ciri – cirinya dan
penyebabnya, dan untuk mendiagnosa bahwa ECU tersebut rusak harus hati – hati.
Karena ada 3 komponen yang wajib di cek untuk mengetahui bahwa ECU tersebut
rusak yaitu, sensor terkait, jalur sensor dan ECU. Ok bro, sampai sini tambah bingung ??? kalau
iya berarti sama, gua juga bingung he... Maksud dari sensor terkait, bisa
dilihat dari jumlah kedipan yang ditampilkan pada odometer, setiap kerusakan
sensor akan mengirimkan sinyal ke ECM dan diteruskan ke pengguna lewat kedipan
MIL. Nah kedipan MIL pada setiap sensor mempunyai jumlah yang berbeda bro...
tidak ada yang sama, untuk lebih jelasnya gua kasih link artikelnya ya bro..
Untuk mengetahui sensor terkait rusak bisa mengecek
hambatan sensor tersebut dan mengukur tegangan yang masuk ke sensor tadi.
Setelah itu ukur jalur kabel tersebut ke ECM, pastikan jalur kabel tersebut
tidak putus dan terhubung dengan rangka (ngeground). Nah yang terakhir adalah
kerusakan pada ECU, setelah sensor dan jalur kabel sensor terkait tidak
mengalami kerusakan maka besar kemungkinan ECM mengalami kerusakan. Adapun
ciri
– ciri kerusakan pada ECM adalah :
Tidak Adanya Beban Saat Kunci Kontak ON
Maksudnya saat kunci kontak posisi On dan accu dalam
kondisi normal 12,50 volt maka seharusnya sistem beban (lampu senja, klakson,
lampu sen, lampu rem dan elektrik starter) bisa digunakan. Tapi jika ECU rusak
maka semua sistem beban tersebut tidak dapat bekerja, padahal semua fuse
(sekring) tidak putus dan aki dalam keadaan baik. Nah jika hal ini terjadi pada
motor lo bro.... besar kemungkinan ECU / ECM mengalami kerusakan atau
bisadikatan jebol.
Lampu Indikator Tetap Berkedip
Lampu indikator MIL yang terletak di speedo meter akan
menyala kemudian mati saat kunci kontak dalam kondisi ON, tapi kalau lampu
berkedip (nyala – mati) saat sepeda motor dibawa jalan berarti ada kerusakan
pada sistem injeksi. Solusinya harus diperbaiki sumber kerusakan kemudian direset
ECU, reset ECU bertujuan untuk menghapus kode kerusakan yang tersimpan di ECU. Tetapi
jika ECU sudah berkali – kali di reset dan kerusakan sonsor sudah diperbaiki,
kemudian lampu MIL masih berkedip besar kemungkinan ECU mengalami kerusakan.
Pompa Bahan Bakar dan Busi Tidak Bekerja
Kondisi normalnya saat kunci kontak On maka pompa bahan
bakar akan berbunyi dengung, ini pertanda adanya bahan bakar siap dipompa ke
Injector. Sebenarnya bunyi dengung pada pompa bahan bakar (fuel pump) salah
satu indikator sistem injeksi bekerja dengan normal atau tidak. Tapi karena
cukup rumitnya sistem injksi harus di cek benar – benar, apakah pompa bahan
bakar tidak bekerja dengan normal karena fuse yang putus, jalur kabel yang
rusak atau malah fuel pump tersebut memang rusak.
Nah untuk menguatkan apakah penyebabnya karena ECU yang
rusak, bisa melihat dari percikan busi saat dilakukan elektrik sarter atau kick
starter pada kunci kontak ON. Jika busi tidak memercikan api dan fuel pump
tidak mendengung besar kemungkinan ECU atau ECM mengalami kerusakan.
Adanya Arus Listrik yang Bocor
Arus listrik yang bocor ini maksudnya saat posisi kunci
kontak Off klakson dan lampu – lampu masih bisa menyala, tapi dengan arus
listrik yang lebih kecil jika dibandingkan dengan kondisi kunci kontak ON. Kebocoran
arus ini terjadi bukan pada satu beban lampu saja tapi hampir semuanya ya bro,
jika hanya satu lampu saja besar kemungkinan adanya konsleting / korsleting.
Penyebab Ecu Rusak
Pasang Kunci Rahasia
Nah ini yang seringkali terjadi, niat hati untuk memberi
pengaman pada sepeda motornya, e.. malah salah sambung kabel sehingga terjadi
konsleting dan langsung menjalar ke ECU / ECM nya, sebelum terlambat ya bro ..
hati – hati saat memilih kunci rahasia.
Pemakaian Koil Motor Karburator
Perlu diketahui ya bro... besarnya tahanan pada koil
motor karburator dengan motor injeksi sangatlat berbeda, jika sampai tetep
nekat dengan memasang koil motor karburator ke motor injkesi maka siap – siap akan
dibayar dengan ECU yang jebol... beh... terlalu...
Hubungan Arus Listrik Pada Jalur Sensor Injeksi
Konsleting atau hubungan arus pendek pada sepeda motor
adalah hal biasa, penyebabnya biasanya adanya kabel yang terkelupas dan
ngejamper (menyambung) ke kabel lain atau ke bagian sasis. Dan secara otomatis
boom... ECM langsung jebol karena arus listrik tersebut, tapi jika kebetulan
lagi beruntung hanya akan memutus sekring (fuse) terkait sensor tersebut.
Nah biar lebih jelasnya gua kasih video terkait bro,
tapi sebelumnya jangan lupa subscribe ya bro...
Harga ECU atau ECM
Untuk harga ECU sendiri sangat bervariasi bro,
tergantung jenis motornya dan merk motor tersebut. Tapi dipasaran ECU biasa
dijual dengan pasaran Rp 600.000, – Rp 3.000.000, beh.... lumayan mahal kan
bro.... maka dari itu lakukan perawatan dan cegah tindakan koyol yang dapat
merusak ECM atau ECU.
Akhir kata dari gua, salam satu aspal selalu bro..
hormati para pejalan kaki & keep riding no arogan. Jangan lupa juga share
ke komunitas lo... dan jangan sebar berita hoax yang nggak berguna..
Makasih ilmunya mas bro,,,tanya boleh kan bro,,,,kalau kontak posisi off,,pada motor n max,,,tp kok ada bunyi ky putaran dinamo didaerah ECU,,,untuk mematikan bunyi itu harus memutus arus dari accu,,🙏🙏🙏
BalasHapusIzin tanyak Min🙏
BalasHapusKira2 kalau ganti ECM nya berbeda Kode di ecm Tsb aman gak Min d pakai
Gak bisa dipakai kalo kodenya gak sesuai sama aslinya.
HapusMaaf tanya mas bro KLO kabel motor injeksi on digigit tikus bs fatal ga ECM nya mas bro mohon analisisnya mas bro
BalasHapusbisa klo sampe koslet arus listrik.a, harus buru2 di perbaiki sama pakar.a (yg paham)
HapusKalau ECU rusak apa motor masih boleh dipakai? Dan tidak akan menambah masalah pada motor?
BalasHapusMotor saya kontak on tapi ga ada yang aktif termasuk fuelpumpnya kira2 dari mana ya sumbera salahnya?
BalasHapusMohon bantuannya bro
Bos.. Saya udah ganti injektor baru. Ful pump tangki masih normal... Tapi lampu mil masih berkedip 39 dan semburan bensin injektor tidak berkabut
BalasHapusklo ada artikel penjelasan warna kabel dan fungsinya dr socket ECU, mohon di sharingkan....soalnya sekian banyak artikel di google blm ketemu ulasan mendetail tentang socket output dr ECU yamaha vixion, terkhusus vixion R...trima kasih kpd semua rekan2...salam satu aspal
BalasHapusMotor beat injeksi,bila dion kontaknya lampu indikator mati dan pengapian dibusi jg mati,kemungkinan ecm rusak ya mas bro
BalasHapusMohon pencerahanya bro,ane udah ganti fuelpump tp msh blm dengung,semua arus ok cuma arus negatif yg ke fuelpamp kosong,udah ane cek ga ada yg putus.
BalasHapusMohon bantuannya ...jupiter z1 pompa tidak dengung ..tapi kalau dipasang di motor lain pompanya bagus kira apanya bosku
BalasHapusFull pom saya koslet hangus di bgian bwa tangki kira kira penyebab nya ap yah
BalasHapusklo rante sering putus penyebab.a apa yak, pengaruh ke ecu atau ecm kah
BalasHapusOm kalo punya saya Genio koj-n01 kode milnya Yala engga kedip" klo ikontak terus gak bisa stater fuel pump GK bunyi klakson mati cuman Yala lampu sama sen aja om
BalasHapusItu kira" aapamya ya rilaynya saaya taro kemotor yg lain bisa yalan
Mau tanya ini yg trjadi ECU shutdown...unit pada genset...sdh di cek jalur kabel g ad yg putus...apny y?
BalasHapusnumpang nanya min ane punya ninja 250fi masalah fuelpump tidak dengung dan arus ke busi hilang padahal lampu engine normal tidak berkedip tpi pas coba stater keluar kedipan 6 kali kira kira itu ecm nya bukan min..??? mohon jawabanya min terimakasih
BalasHapusMohon pencerahan nya mas bro,vario saya koilnya ga ada api kalau yg lain nya hidup semua termasuk injektor ngabut kira kira apanya mas bro
BalasHapusSore masbro saya kedatangan pasien satu unit vario new fi.kendala awalsaat per 2 kilo meter motor mati iduplagi.aku cek kabel jalur bagus semuah pulser sepul diganti.anehnya pas ganti ecu baru madein indonesia.stater tangan ga jalan dan pengapian hilang.apa dari ecu baru yang kebetulan jeulek mohon solusinya masbro
BalasHapusTutup tangki yg terlalu rapat bro,tidak ada udara yg masuk..
HapusMf boss a mau tanya kenapa motor beat iss sudah ganti ecu baru tapi masih tetap ga hidup
BalasHapus