Sejeworks – Sorry
bro, Lama ngga nongol di blog paling keren menurut gua sendiri he... kali ini
yang mau dibahas masalah pres mengepres sepeda motor. Mulai dari pres segitiga,
pres body atau kerangka, pres velg, pres as shock dan pres piringan cakram dan
lain sebagainya. Apa sih penyebab hal – hal tersebut harus dilakukan ?, biasanya
disebabkan karena motor tabrakan dan terjatuh, entah itu benturan keras atau
hanya terjatuh saat memakirkan sepeda motor.
Apakah setiap motor terjatuh atau tabrakan harus
melakukan semua pres tersebut ? jawabnya tidak bro, hal ini tergantung dari jenis
kerusakannya. Karena ada kerusakan parah, sedang atau hanya sekedar lecet dan
stang kemudi yang bengkok. Jadi pada intinya setiap motor yang mengalami
benturan entah itu jatuh atau tabrakan tidak akan sama keruskan yang
dialaminnya. Nah untuk lebih jelasnya baca tulisan ini sampai selesai dan
jangan lupa di share ya bro... he.. biar ngga banyak muter - muter langsung
saja check it dot bro...
Pres Segitiga
Pres segitiga adalah hal yang paling sering kali jika
motor terjatuh atau tabrakan, biasanya segitiga akan bengkok atau mlintir alias
tidak center lagi. Untuk mengetahui apakah segitiga bengkok atau tidak bisa
dilihat dari lurus tidaknya antara roda depan dengan spakboar depan. Jika
bagian spakbor cendrung lari kebagian kiri sementara roda depan lari kesebalah
kanan maka besar kemungkinan segitiga bengkok. Begitu pula sebaliknya jika
spakboar lari ke sebelah kanan dan roda depan lari kesebelah kiri maka
kemungkinan besar segitiga bengkok.
Apakah hanya segitiga saja yang perlu dipres ? terkadang
segitiga yang bengkok / mlintir akan merembet ke komponen lainnya seperti pipa
as shock depan, as roda depan, piringan cakram dan stang kemudi. Untuk pipa
shock depan dan as roda depan sebaiknya dilakukan pengecekan dan pres sekalian,
e... sukur – sukur diganti jika kedua part tersebut bengkok parah. Karena pres
pada komponen tersebut tidak 100 % mengembalikan pada posisi semula, kurang
lebih hanya 90 % komponen tersebut ok dan sisanya pasti oleng atau tirus.
Hasilnya terkadang pipa as shock depan akan cepat bocor,
karena kondisinya sudah oval dan tidak center lagi. Jadi kalau segitiga dan
pipa as shock depan bengkok parah maka sebaiknya lakukan penggantian pada pipa
as shock depan dan kemudian lakukan pres segitiga. Untuk melakukan pres
segitiga sebaiknya komstir sepeda motor juga dilakukan penggantian untuk
memaksimalkan hasil pengerjaan bro..
Biaya pres segitiga berkisar antara Rp 50 ribu – Rp 100
ribu tergantung bengkel pres tersebut, sedangkan komstir original berkisar Rp
100 ribu – Rp 250 ribu tergantung jenis sepeda motor tersebut.
Pres Body Sepeda Motor
Pres body ini lebih ekstream lagi dari pada pres segitiga,
karena semua cover body segitiga harus dilepas dari sepeda motor. Tujuannya
untuk menyenterkan alias meluruskan dan mengembalikan kembali kerangka / sasis
yang bengkok karena tabrakan atau terjatuh. Untuk mengetahui apakah sasis harus
dilakukan pres body maka bisa dilihat ciri – cirinya bro, diantaranya spakboar
belakang dengan roda belakang tidak center atau lurus.
Kemudian bisa dilihat
juga dari jarak antara stang kemudi dengan jok bagian depan, karena pada
umumnya jika ada benturan maka sasis depan akan terdorong kebelakang.
Untuk melakukan pres bodi sebaiknya juga dilakukan
penggantian komstir, karena biasanya pelor baja tersebut akan rusak karena
benturan yang disebabkan karena tabrakan atau sepeda motor yang terjatuh dengan
keras. Biaya pres body sepeda motor biasanya Rp 250 – Rp 350 ribu tergantung
parah tidaknya pada sasis atau kerangka motor tersebut.
Pres Velg
Para bro pastii tahulah ada 2 jenis velg yang yaitu velg
jari – jari dan velg racing atau lebih dikenal velg palang, penyebab kerusakan
pada kedua velg tersebut sebenarnya sama yaitu benturan yang keras. Entah
berasal dari tabrakan, jatuh atau melewati jalan yang terjal dan bergelombang,
tap akibatnya pada velg akan berbeda. Jika velg racing biasanya bengkok pada
bagian tapak dan paling parahnya adalah pecah, tapi lain halnya untuk velg jari
– jari.
Kerusakan pada velg jari – jari biasanya adanya bengkok
pada bagian jari – jari dan tapak velg tersebut, solusinya bisa dilakukan pres
velg untuk velg jari – jari. Sedangkan untuk velg racing bisa dilakukan pres velg dan las babet pada
permukaan velg yang pecah, tapi untuk memperoleh hasil terbaik saran gua mending
ganti velg yang terbaru bro..
Nah untuk lebih jelasnya tonton dan jangan lupa
subscribe video dibawah ini bro...
Masih proses
Akhir kata dari gua tetap keep riding no arogan, hormati
pejalan kaki dan jangan sebar berita hoak ya bro... mending sebar artikel dari
blog paling keren ini he....
Komentar
Posting Komentar