Sejeworks – Sepeda motor setelah lama dipakai akan
membutuhkan perawatan dan perbaikan untuk menjaga performanya, perbaikan
tersebut sangat bervariatif mulai dari bagian sasis, kelistrikan atau bahkan
bagian mesin. Untuk postingan kali ini yang akan kita omongin pada bagian mesin
yaitu bongkar mesin atas atau ganti paking silinder head dan lain – lainnya.
Kenapa Ganti Packing Silinder Head
Nah ini pertanyaan yang sering kali muncul bagi para
biker, ganti packing head silinder bisa disebabkan karena bongkar mesin atas
karena ganti piston set, tap baud knalpot yang patah, baud tusuk sate (baud
mesin) slek / dol. Bisa juga karena adanya kebocoran kompresi mesin dan bocor
oli mesin disekitar silinder head.
Semua jenis perbaikan diatas menjadi penyebab
penggantian packing head silinder, tapi ada juga yang tidak mengganti packing
tersebut. Hanya memberi lem gasket saja supaya tidak terjadi kebocoran kompresi
dan kebocoran oli mesin, hal ini sebenarnya sah – sah saja cuman tidak rapi dan
bisa menyebabkan masalah baru. Masalah ini sering kali disebabkan karena lem
gasket yang menyumbat lubang jalur oli mesin, sehingga oli mesin tidak naik
kebagian atas head silinder. Dan akibatnya mesin bagian atas akan rusak karena
tidak ada pelumasan yang terjadi.
Bahan Gasket Mesin
Secara garis besar packing atau gasket pada sepeda motor terdiri
dari packing besi, tembaga dan aluminium, packing bahan karet, packing bahan
kertas dan O ring. Packing berbahan besi atau aluminium dan tembaga kebanyakan
dipakai pada bagian head silinder, karena pada bagian ini terjadi proses
pembakaran bahan bakar. Jadi membutuhkan part yang kuat terhadap panas dan
kompresi, tapi beberapa sepeda motor matic ada yang mengunakan packing besi
untuk semua bagian mesinnya.
Sementara untuk packing kertas dipakai pada mesin bagian
blok kopling, blok magnet dan silinder comp bagian bawah. Tujuan utama packing
ini untuk mencegah kebocoran oli mesin, sedangkan packing karet / sil biasanya
terpasang dibagian mesin yang tidak bisa dijangkau oleh packing kertas. O ring
juga packing berbahan karet tapi mempunyai bentuk dan material yang lebih
sederhana dari sil / packing karet, o ring biasanya berbentuk lingkaran karet
hitam.
Lem Gasket yang Bagus
Lem yang bagus untuk gaket mesin apaan ya bro ? mari
kita jawab bro.. sebenarnya jika menggunakan gasket atau packing baru tidak
perlu menggunakan lem. Tapi kalau gasket atau packing bekas ini harus memakai
gasket agar oli mesin tidak bocor. Bisa juga menggunakan lem gasket jika
packing kertas tersebut sobek, hal ini sering terjadi pada blok kopling dan
blok magnet.
Dipasaran terdapat banyak lem gasket salah satunya merk
Tree Bond dan siller merk Dextone, kedua lem ini cukup ampuh untuk mencegah
kebocoran oli mesin. Ngomongin harganya sekitar Rp 10.000, - 15.000, untuk
kemasan terkecil, lem ini bisa didapatkan ditoko – toko spare part motor.
Biaya Ganti Gasket / Packing Head Silinder
Untuk mengganti gasket head silider harus melakukan
bongkar mesin bagian atas dan biaya yang dikeluarkan sekitar Rp 200.000, -
350.000, tergantung bengkel dan jenis motor. Selain itu ada bebarapa gasket
lain yang diganti diantaranya sil klep, sil tutup klep dan gasket cilinder komp
jika mengganti piston / seher.
artikel terkait bro..
Gasket head silinder dijual dipasaran dengan harga sekitar
Rp 10.000 – 20.000 jika dalam bentuk satuan, tapi kalau dijual Top set dijual
dengan harga Rp 50.000 keatas tergantung merk dan jenis motor. Gasket top set
sendiri terdiri dari sil klep, sil tutup klep, gasket head silinder, gasket
knalpot dan gasket cilinder komp.
Nah biar ada gambaran berikut videonya ya bro, tapi
jangan lupa subscribe ya... ya itung – itung lo bantuin gua biar tetap eksis
he....
Akhir kata dari gua, tetep safety first keep riding no
arogan dan salam satu aspal... wor... wor...
Komentar
Posting Komentar