Sejeworks – Long time ngga nongol dan kali ini yang mau
dibahas masalah rem belakang yang ngga pakem atau malah blong saat sepeda motor
dipakai berkendara. Dipasaran secara garis besar terdapat 2 jenis rem belakang
yaitu cakram dan teromol, untuk rem cakram belakang biasanya dipakai pada
motorsport dan motor matic yang bervolume silinder besar. Contohnya Honda PCX
150 dan Yamaha NMAX, TMAX sedangkan untuk rem teromol banyak dipakai pada motor
bebek dan matic yang mempunyai CC dibawah 150.
Cara Mengatasi Rem Cakram Belakang Tidak Pakem
Ada 2 jenis rem cakram belakang yang diaplikasikan pada
sepeda motor, mulai dari sistem tarik yang terletak pada posisi stang kemudi
sebelah kiri dan biasanya terdapat pada motor matic. Sedangkan cara pemakaian
dengan diinjak biasanya diterapkan pada jenis motorsport dan cup, kerusakan
pada rem cakram entah cakram depan atau cakram belakang sebenarnya hampir sama
bro.
Kerusakan dan Cara Memperbaikinya Rem Cakram Belakang
Sama halnya dengan rem cakram depan, rem cakram belakang
juga sebenarnya mempunyai masalah yang hampir sama seperti rem cakram depan. Kerusakan
tersebut diantaranya rem yang ngelos atau blong, rem berbunyi, rem yang seret
dan tentunya masih banyak lagi bro.. Untuk mempersingkat waktu langsung saja
check it ya bro...
Sil Master Rusak
Secara kinerja rem cakram mengandalkan tenaga hidrolik
atau tekanan dari media fluida (minyak rem), tekanan dari minyak rem berasal
dari sil master yang ditinjok / tekan oleh handel rem. Minyak rem tersebut akan
menekan piston kaliper, kemudian piston tersebut akan menekan kanvas rem kearah
piringan cakram.
Sil master adalah komponen pertama dan sangat vital
untuk memulai proses pengereman, tapi sil master sering kali mengalami kendala.
Mulai dari sil master yang mbagel dan bocor, solusinya mau ngga mau harus
menggantinya dengan sil master rem yang baru. Untuk lebih jelasnya dibawah ini
artikel terkait bro..
artikel terkait bro...
Rusaknya sil master akan mengakibatkan rem cakram
menjadi mbagel dan dalam jangka panjangnya akan membuat rem cakram menjadi
ngelos. Maka dari itu bro segera lakukan perbaikan karena hal ini
sangatmempengaruhi keselamatan lo dalam berkendara.
Piringan Cakram Oleng dan Piringan Cakram yang Terkikis
Kondisi piringan cakram juga sangat berpengaruh pada
sistem pengereman, mulai dari piringan cakram yang terkikis atau kemakan karena
faktor usia part tersebut dan karena terlambat mengganti kanvas rem yang telah
habis. Kemudian piringan cakram yang oleng, biasanya hal ini disebabkan karena
motor jatuh atau tabrakan.
Solusi satu – satunya jika piringan cakram terkikis atau
aus dengan menggantinya dengan part terbaru, sementara jika piringan cakram
dalam kondisi oleng bisa dilakukan pres terlebih dahulu. Tapi ini tidak seratus
persen berhasil bro, kadang ujung – ujungnya menggantinya dengan part terbaru.
Spring Pad Rusak atau Hilang
Spring pad atau biasa disebut sebagai kuningan rem
cakram alias seng / zink rem cakram, fungsinya untuk membalikan dan menjaga
posisi kanvas rem tetap pada jalurnya. Spring pad yang rusak atau hilang
biasanya diakibatkan karena kesalahan pada saat memasang kanvas rem tersebut.
Pemasangan kanvas rem yang memaksa tanpa memperhatikan kanvas rem yang menekan
atau menghimpit spring pad, sehingga kondisi spring pad rusak.
Minyak Rem Habis
Sebenarnya penggantian minyak rem dianjurkan setiap
sepda motor menginjak kilo meter 24.000 ribu atau 2 tahun, tapi sayangnya
kadang para biker kurang memahaminya. Dan penggantian minyak rem tersebut
sering kali menunggu part terkait rusak seper sil master rem dan komponen rem
lainnya.
Apakah minyak rem bisa habis ? tentu saja iya hal ini
disebabkan karena sil master rem rusak sehingga minyak rem bocor keluar dari
master rem. Kemudian saat kanvas rem habis minyak rem akan menurun dari dari
master rem, tapi saat penggantian kanvas rem kondisi minyak rem akan kembali
naik seperti keadaan semula. Tapi kadang kala saat kanvas rem benar – benar
habis dan minyak rem mempunyai takaran yang sedikit akan mengakibatkan angin
palsu alias masuk angin. Nah kalau sudah begini harus ditambahin minyak rem
atau lakukan pengurasan, biar lebih jelas cara menguras minyak rem. Ini
videonya bro, tapi jangan lupa subscribe ya he... he...
Sil Piston Rem Mekar
Sering kali padasepeda motoryang telah berumur akan
mengalami kerusakan pada sil piston rem cakram, hal ini akan menimbulkan
pergerakan piston yang terganggu. Sehingga saat dilakukan pengereman piston
akan susah menonjok keluar dan saat tidak mengerem piston rem akan susah
kembali ke posisi awal. Nah ini yang membuat putaran roda seret jika motor
dimaju atau mundurkan dalam keadaan mesin off.
Cara Memperbaiki Rem Teromol Belakang
Rem teromol pun sama seperti rem cakram akan mengalami
kerusakan jika telah dipakai dalam jangka waktu yang cukup lama, kerusakannya
sangat bervariasi mulai dari rem ngelos atau blong. Rem tidak pakem dan rem
tidak mau kembali saat dilakukan pengereman, untuk rem yang mau kembali
biasanya disebabkan karena adanya kotoran pada paha rem dan tidak dilakukan
pembersihan pada waktu penggantian kanvas rem. Nah biar lebih jelasnya baca aja
bro sampai kelar tulisan ini he... he...
Teromol Belakang Aus
Teromol belakang terletak pada velg yang berfungsi
sebagai komponen yang dipaksa untuk berhenti bergerak saat kanvas rem
menekannya. Karena kedua part ini saling bergesekan secara langsung maka lama –
kelamaan kedua part tersebut akan terkikis atau aus. Kanvas rem biasanya part
yang pertama kali akan aus sehingga sering kali dilakukan penggantian, nah
sebaliknya dengan teromol. Komponen ini jarang sekali diganti karena menyatu
dengan velg dan harganya lumayan mahal he.. he...
Untuk meminimalisir biaya penggantian bisa melakukan las
babet pada teromol bagian dalam atau kadang para biker menyebutnya tambah
daging teromol. Untuk sepeda motor yang memakai velg racing hal ini solusi yang
cukup efektif karena harga velg original dari pabrikan sekitar 1 jutaan.
Paha Panel Rem Macet
Sering kali saat penggantian kanvas rem teromol hanya
membersihkan bagian teromol saja tanpa memperhatikan paha panel rem teromol.
Padahal paha panel rem teromol yang kotor akan menimbulkan kinerja rem teromol
terganggu, akibatnya rem teromol tidak mbalik atau kembali keposisi saat tidak
dilakukan pengereman. Maka dari itu sebaiknya saat melakukan penggantian kanvas
rem teromol juga dilakukan pembersihan pada paham rem teromol belakang.
Biar ada gambaran tonton sampai kelar video ini bro,
tapi jangan lupa subscribe ya bro he....
Komentar
Posting Komentar