Sejeworks – Musim hujan telah tiba hore – hore berarti
akan banyak rezeki yang datang, aamiin .... iya kan bro. Karena ini blog
otomotif yang memfokuskan pada sepeda motor, jadi yang mau kita omongin tentang
tingkah nekat para biker’s yang menerobos banjir. Sehingga akan menimbulkan
banyak efek pada sepeda motor yang terendam banjir, mulai dari motor mogok,
water hammer, oli mesin yang tercampur dengan air, terjadinya hubungan arus
pendek (konsleting / korsleting) dan masih banyak lagi.
Tapi kali ini kita akan fokus pada oli mesin yang
tercampur dengan air, nah pertanyaannya bagaimana caranya air bisa masuk
kedalam mesin ??. Air tersebut bisa masuk kedalam mesin lewat lubang pernafasan
mesin yang biasanya dihubungkan oleh selang dan menyambung ke filter udara.
Untuk motor sport biasanya posisi filter udara berada tepat dibawah jok (tempat
duduk) sehingga lebih tinggi jika dibandingkan dengan motor matic dan bebek.
Pada umumnya filter motor matic terletak diatas CVT
sedangkan pada motor bebek berada tepat dibelakang spakbord depan, kedua posisi
tersebut tidak terlalu tinggi dan genangan air hujan terkadang bisa melebihi
kedua posisi tersebut. Alhasil jika motor matic atau bebek melewati banjir
dengan ketinggian diatas dari filter udara, maka bisa dipastikan air akan masuk
kedalam mesin dan bercampur dengan oli mesin.
Efek dan Memperbaiki Motor yang Terkena Banjir
Untuk efek sepeda motor yang terkena banjir ada berbagai
macam, mulai dari langsung mogok dan ngga mogok sama sekali. Jika sepeda motor
langsung mogok kemungkinan air masuk keruang bakar melalui lubang knalpot atau
air masuk ke karburator (throttle body) kemudian turun keruang bakar. Dampaknya
ada dua yaitu motor mogok ringan dan mogok berat, mogok ringan disini cara
memperbaikinya hanya dengan mencopot busi dan melepas knalpot kemudian lakukan
kick starter (engkol). Agar air yang berada di dalam ruang bakar benar – benar
keluar semua, dan sepeda motor akan bisa kembali dihidupkan.
Jika lo mengalami motor mogok berat berarti lo bakalan
merogoh saku dalam – dalam bro, karena biasanya keadaan stang seher (connecting
rod) bengkok. Penyebab dari bengkoknya stang seher tersebut adalah naiknya
kompresi / tekanan piston diruang bakar karena ada air diruang bakar mesin.
Sepeda motor yang mengalami water hammer akan ditandai dengan kerasnya atau
berat saat dilakukan kick starter (engkol), keadaan barat tersebut karena
posisi stang seher (connecting rod)
bengkok dan seher atau piston menguci di cilinder comp.
Tapi kalau motor lo saat melewati banjir tidak mengalami
mogok jangan senang dulu bro, sebaiknya langsung buru – buru ganti oli mesin
dan lihat keadaan oli mesin tersebut. Jika oli mesin dari motor lo berwarna
hitam bararti lo aman bro dan beruntung banget, tapi jika oli mesin lo berwarna
putih lo wajib waspada.
Kenapa gua bilang waspada ?? karena salah penanganan
bisa berakibat fatal yaitu motor bunyi klotok – klotok alias stang seher
(connecting rod) rusak. Kerusakan ini terjadi karena air bercampur dengan oli
mesin, gesekan antar komponen mesin yang seharusnya dimimalisir oleh oli mesin
malah dikacaukan oleh air yang menimbulkan korosi.
Solusinya untuk motor yang terkena banjir dan oli mesin
bercampur dengan air sebenarnya adalah
bongkar mesin total dan membersihkan seluruh komponen mesin dari air yang
menempel pada tiap – tiap part. Kalau cara ini lo ngga mau bro, maka solusi
lainnya dengan mengganti oli mesin sampai benar benar oli mesin yang keluar
berwarna hitam.
Jadi dalam waktu sehari ganti oli mesin minimal sampai 3 kali, setelah ganti oli mesin pertama hidupkan motor
kurang lebih setengah jam dan lakukan ganti oli mesin lagi sampai benar – benar
berwarna hitam.
Cara Melewati Banjir Dengan Motor Matic
Bagi para biker yang suka nekat melewati banjir sebaiknya
pikirkan lagi karena resikonya buat motor lumayan fatal bro, tapi memang
terpaksa nerjang banjir perhatikan baik – baik kondisi jalan.
Artikel terkait bro...
Ukur ketinggian banjir dengan sepeda motor orang lain,
karena walaupun terlihat datar kondisi banjir tetapi jalan yang kita lewati
tidak semuanya datar tetapi ada tanjakan dan turunan. Dan usahakan ketinggian
banjir tidak melibihi ketinggian knalpot, karena sering kali motor akan mogok
saat berada ditengah genangan air.
Usahakan posisi motor tetap melintas lurus karena
bisanya pada jalan raya terdapat got air dan jangan sampai tercebur sekalian ya
bro... he.. he..
Tetap pada kondisi gas yang konstan dan jangan berubah
walaupun sekali, maksudnya begini bro.. kalau lo melewati banjir usahakan
kecepatan motor tetap stabil jangan sampai turun gas walau sekali. Karena biasanya
saat turun gas tersebut air akan masuk kedalam knalpot dalam dalam waktu
seketika motor akan mogok.
Nah biar lo ngga penasaran kaya apa sih efek motor yang
menerjang banjir, jadi tonton saja video ini sampai kelar dan jangn lupa
subscribe ya bro..
Akhir kata dari gua tetep keep riding no arogan hormati
pejalan kaki dan salam satu aspalt....
kalo ampe terendam gitu, ane langsung cek kondisi olinya sih om. kebetulan udah pernah kerendem banjir. langsung ane ganti federal oil nya deh. biarpun musti beberapa kali bolak balik bengkel
BalasHapusom motor injeksi saya saat menyala terseret arus dan terendam kurang lebih 5 jam saat ini sudah saya lakukan ganti oli dan pengeringan disemua apa bisa menyala ya dan kalau tidak bisa hidup apa yg harus di cek karena sampai saat ini masih belum saya hidupin
BalasHapusmas bro motor beat sy asal kena banjir mati padahal kepala busi udh ganti baru apalagi penyebab matinya walaupun banjir hanya 15cm
BalasHapus