Sejeworks – Motor starter alias dinamo starter adalah
komponen elektrik pada sepeda motor yang cukup sering terjadi masalah. Memang
masalah tersebut tidak terlalu membahayakan bagi pengendara tapi kadang
menyebalkan terutama bagi para biker wanita. Tapi bro, buat para biker yang
kebetulan kuda besinya tidak memakai kick starter alias engkolan ini jadi
masalah yang serius karena sepeda motor akan susah untuk menghidupkannya.
Sebenarnya ngomongin dinamo starter ada banyak trobel
atau masalah yang sering dihadapi, mulai dari dinamo starter yang rusak,
putaran dinamo starter lemah, dinamo starter berputar tapi mesin tidak berputar
(tidak nyangkut). Kemudian aki motor baru ganti tetapi dinamo starter tidak
berputar dan starter motor berbunyi tek – tek, nah itu semua sedikit trobel
yang sering terjadi pada dinamo starter. Untuk lebih jelasnya baca artikel ini
sampai kelar ya bro... dan jangn lupa share ke komunitas lo..
Rangkaian Sistem Elektrik Starter Motor
Rangkaian Sistem Elektrik Starter Motor Bebek (Cup)
Untuk rangkaian elektrik starter motor bebek biasanya
lebih simpel jika dibandingkan dengan jenis motor lainnya, komponen yang
terkait adalah accu, sekring (fuse), swit starter, relay starter, dan dinamo
starter.
Rangkaian Sistem Elektrik Starter Motor Matic
Sedangkan untuk motor matic, sistem elektrik starter
terdapat sedikit tambahan yaitu dengan memanfaatkan swit rem depan dan swit rem
belakang yang harus ditarik dan dibarengi dengan nenekan tombol swit starter. Komponen
terkait adalah accu, fuse, swit rem depan dan belakang, relay starter, swit
standar samping dan dinamo starter.
Rangkaian Sistem Elektrik Starter Motor Batangan (Sport)
Lain halnya dengan motor – motor batangan atau dengan kata lain motor sport
termasuk juga jenis motor ayago (ayam jago) he... he..., pada sistem
kelistrikan motor tersebut terdapat tambahan part yaitu swit kopling dan dioda
kopling sebagai pembalik arus saat swit kopling ditarik. Komponen sistem
elektrik starter pada motor sport antara lain,accu, fuse, swit kopling, dioda
kopling, swit starter, relay starter, dan dinamo starter.
Penyebab Starter Motor Rusak Tidak Berfungsi
Accu / aki yang mulai ngedrop
Tegangan accu dalam kondisi baik seharusnya 12,50 volt
dan pada saat kunci kontak keadaan ON kemudian tombol starter ditekan maka
tegangan accu akan turun minimal diatas 11,00 volt, agar dinamo starter bisa
berputar. Jika tegangan accu kurang dari 10,00 volt besar kemungkinan accu
mulai ngedrop, hal ini bisa ditandai dengan suara klakson yang tidak lagi
kencang / mblerek, nyala lampu sen yang tidak lagi terang. Karena klakson, lampu
sen dan starter langsung dibebankan ke aki / accu, jadi kalau aki ngedrop akan
langsung berpengaruh pada sistem kerja komponen tadi.
Relay Starter / Bendik
Fungsi dari relay starter alias bendik adalah sebagai
saklar otomatis yang akan terhubung jika dialirkan tegangan listrik tegangan
kecil kemudian akan membuka arus listrik tegangan besar. Pada relay starter
terdapat 4 kabel, 2 kabel kecil dari swit saklar starter dan 2 kabel besar dari
aki menuju dinamo starter. Relay starter yang rusak akan ditandai tidak ada
suara cetak – cetek pad saat swit starter ditekan, selain itu jika relay
starter rusak kadang terjadi konsleting / korsleting sehingga dinamo starter
akan berputar walaupun tombol swit starter ditekan.
Tombol Swit Starter
Tombol swit starter atau saklar starter pada umumnya
sepeda motor terletak disebelah kiri handel stang, memang ada beberapa pabrikan
sepeda motor yang sengaja tidak memakai elektrik starter secara otomatis tidak
mempunyai swit starter.
Nah ini part inti yang sedang kita omongin, dinamo
starterpada umunya terletak disekitar mesin. Untuk motor bebek (cup) dan
batangan (sport) biasanya dekat dengan blok magnet, karena dinamo starter
tersebut berhubungan langsung dengan pinion starter kemudian menyambung
langsung ke one way starter yang terletak dibagian belakang magnet.
Sedangkan pada motor matic posisi dinamo starter biasanya
terletak dekat bagian CVT dan dekat dengan posisi bandul atau crank shaft.
Kerusakan pada dinamo starter sangatlah beragam mulai dari sikat starter yang
habis terkikis karena pemakaian, magnet yang pecah dan adanya konsleting /
korsleting pada bagian lilitan kawat tembaga.
Pinion Starter dan One Way Starter
Pinion starter adalah part penghubung antara dinamo
starter dengan magnet dan stang starter (crank shaft), sementara one way
starter adalah part pembalik putaran crank shaft (stang seher). Letak one way
starter berada dibagian belakang dari magnet pada motor bebek (cup) dan motor
batangan (sport), sementara untuk motor matic Yamaha terletak dibagian CVT
belakang pulley depan. Sedangkan untuk matic Honda tidak menggunakan one way
starter tapi hanya pinion starter saja.
Kerusakan pada one way starter atau pinion starter bisa
ditandai dengan kondisi dinamo starter yang berputar saat tombol swit starter
ditekan, tapi kondisi mesin tidak ikut berputar. Bisa dikatakan mesin tidak
ikut nyangkut mengikuti putaran dinamo starter, hal ini sering kali terjadi
pada sepeda motor yang telah berumur.
Jalur Kabel Elektrik Starter
Ini part yang sering kali dikesampingkan tapi ternyata
sesuatu yang sangat vital pada sistem elektrik starter, rangkaian kabel yang
terbuka atau putus akan membuat sistem elektrik starter terganggu. Selain itu
soketan dan baud pada dinamo starter yang tidak kenceng juga akan mengganggu
kinerja dinamo starter.
Cara Kerja dan Pemeriksaan Motor Starter Motor
Setiap sepeda motor mempunyai prinsip kerja motor starter
yang berbeda, maksudnya untuk memutar dinamo starter / motor starter memerlukan
komponen lain sesuai dengan urutan kerja pada sistem elektrik tersebut. Ambil
contoh pada sepeda motor sport terdapat swit kopling dan dioda kopling sebagai
komponen sistem elektrik starter, sedangkan pada motor matic terdapat swit rem
belakang dan swit rem depan sebagai salah satu komponen elektrik starter. Untuk
mempersingkat waktu langsung saja check it dot bro...
artikel terkait bro...
Pemeriksaan Motor Starter / Dinamo Starter
Sebenarnya ada cara yang paling gampang untuk memeriksa
motor starter atau dinamo starter bisa berfungsi dengan baik apa tidak, cara
ini sangatlah mudah untuk dilakukan. Yaitu dengan menyambung langsung accu /
aki dengan dinamo starter, jika dinamo starter berputar berarti dinamo starter
tidak ada masalah. Tapi jika dinamo starter tidak berputar, besar kemungkinan
adanya kerusakan pada sikat starter atau arang starter alias brush. Dan kerusakan
pada komponen lain yang terdapat pada dinamo starter seperti magnet, armature
coil (lilitan tembaga) dan dan commutator bar (lempengan komutator). Komponen
yang ada didalam dinamo starter yang kotor juga mempengaruhi arus listrik yang
masuk ke posistive brushes (sikat positif / arang positif), maka dari itu saat
pembongkaran dinamo starter lakukan pembersihan secara menyeluruh bro..
Biar tambah jelas kayak apa sih bagian – bagian dinamo
starter, tonton saja video berikut sampai kelarnya ya bro... tapi jangan lupa
subscribe, like and share ya... ya itung – itung buat bantu gua agar tetap
eksis. Kalau mau nanya – nanya di channel saja ya bro.. kalau bisa, ada sempat
akan gua jawab,
tooop om artikelnya, ane sendiri baru banget ganti aki, setelah ampir 2 taun aki coba dicas pake alat cas aki ternyata gak ngangkat, fix ganti aki baru! pas pasang, kok pas pencet tombol starter kaya ada jeda sekian setengah detik sampai mesin nyala, kaya ada putaran yg lemah entah itu di dinamo starter mungkin, saya baru ganti arang starter sekitar 1,5 taun lalu. Motor batangan klx taun 2011.
BalasHapusSaya punya xeon rc. Awalnya starter kadang bisa kadang cetek² doang. Kamarin sekalinya gagal aki langsung habis(seperti konslet). Saya coba pakai aki lain yang masih penuh (jumper) distart bendik bunyi kreeeeekk, nggak nyala tapi kabel aki hangat. Tapi distarter samping nyala asal. Kira² bagian mana yang rusak ya?
BalasHapusBang kalo gear starter nya rusak kenapa ya?padahal kemaren baru aja ganti baterai,oli,dinamo,gear starter,kok udah rusak lagi gear starter nya bg?apa penyebabnya ya bg?
BalasHapusWah Terima kasih setelah saya cari tau kesana kesini ternyta jawabannya ada di artikel ini. Artikel yang bermanfaat sekali.
BalasHapushttps://arief125.xyz
Ini dinamo stater untuk motor apa ya
BalasHapusHalo om, saya izin tanya semoga dijawab. Motor saya vespa primavera 2014. Tiba2 gabisa distarter padahal sehari sebelumnya saya pakai normal2 aja, saya cek rileynya berfungsi, sekring aman semua, aki baru ganti sekitar 3 bulan yg lalu. Lampu klakson dan bagian standart otomatic semua normal. Waktu dicoba distarter tidak ada reaksi apapun atau suara apapun, kira2 apanya ya om, terima kasih sbelumnya:)
BalasHapusMisi om mau tanya,, ane ada motor fino fi setiap kali di stater susah hidup alias harus ktemu celahnya dulu baru mau hidup dan klakson nya ikutan lemah bunyi nya padahal kondisi tegangan aki nya joss(kondisi baru) ,, kira-kira apa yaa om penyababnya?
BalasHapus"kalau ada yg tau mungkin bisa tolong di bantu"
Terima kasih sebelumnya