Sejeworks - Selamat menempuh hidup baru, eh sorry salah
ya yang jomblo jangan pada baper bro hahaha ..... (ini bukan gua yang nulis ya
bro, tapi orang disamping gua jadi jangan tuduh gua he....). Untuk kali ini
yang mau kita omongin tentang injektor dan throttle body pada sepeda motor,
bagaimana cara membersihkannya, cara merawat dan memperbaiki throtle body. Nah
biar ngga penasaran dan ngga banyak cakap langsung saja ya bro, check it dot
...
Pengertian Injektor dan Throttle Body
Sebelumnya kita melangkah lebih jauh kita katakan saja
ya bro... he.... apa itu injektor ? bagaimana cara kerjanya ? apa kerusakannya
?. Injektor atau komponen yang menyemprotkan bahan bakar dalam bentuk kabut
tersebut ke ruang bakar mesin. Injektor ini menerima suplay bahan bakar dari
pompa bahan bakar yang berada didalam tangki bahan bakar, nah keadaan pompa
tersebut harus dalam kondisi prima dengan presure / tekanan sekitar 270 – 312
kpa. Jika dibawah nilai tersebut maka kemungkinan motor akan brebet atau malah
tidak bisa hidup sama sekali, karena tekanan udara didalam ruang bakar sudah
sangat tinggi (sekitar 35 – 50 atmosfer) maka tekanan penyemprotan bahan bakar
harus lebih tinggi.
Injektor akan bekerja jika telah mendapat sinyal dari
ECM / ECU yang telah mengolah data dari sensor TPS (bukaan gas), O2, IAT dan
CKP. Bahan bakar akan disemprotkan berapa banyak dan berapa lama oleh injektor
sesuai perintah dari ECU / ECM yang telah mengolah data dari sensor – sensor
lain sesuai kebutuhan bahan bakar
Sedangkan Throtle Body atau kadang para bro menyebutnya
karburatornya motor injeksi, berfungsi untuk mencampur udara dan bahan bakar
yang disemprotkan oleh injektor sebelum masuk ke ruang bakar. Biasanya throtle
body terletak diatas mesin seperti posisi karburator, yang membedakannya jika
karburator bekerja secara manual sedangkan throtle body dipenuhi oleh sensor –
sensor input ECM / ECU.
Cara Membesihkan Injector Motor
Membersihkan injektor motor itu perlu dan sangat wajib
ya bro, karena pada lubang injektor yang sangat kecil dan berukuran mikron bisa
mampet. Penyebabnya bisa karena bahan bakar yang kurang baik, adanya kotoran
atau benda asing didalam tangki bahan bakar (contohnya karat karena tangki
keropos) dan tidak adanya filter bahan bakar didalam fuel pump (pompa bahan
bakar). Nah berapa lama kah waktu pembersihan injektor ? paling tidak bersihkan
injektor setiap setahun sekali.
Cara membersihkan injektor secara umum ada 2 cara yaitu
menggunakan infus, jangan dibanyangkan kaya infus rumah sakit ya bro ... he...
Sebenarnya sepintas rada – rada mirip bro, tapi infus disini kita tetep memakai
cairan khusus injektor cleaner. kemudian memasukan cairan tersebut ke alat yang
berbentuk mirip infus dan langsung menyambungnya ke injektor, tapi soketan
pompa bahan bakar harus dilepas agar tidak menyemprotkan bensin. Selain itu
alat ini membutuhkan udara kompresor untuk menekan bahan bakar ke injektor,
pada intinya untuk membersihkan injektor dengan cara ini lo harus punya alat
khusus tersebut dan kompresor. Tapi lo juga harus hati – hati saat melepas
selang bahan bakar, jangan sampai salah proses pelepasanya, ujung – ujungnya akan
merusak komponen tersebut.
Cara yang kedua yaitu dengan menuang langsung cairan
injektor cleaner kedalam tangki bahan bakar, cara ini paling gampang cuman
menurut gua agak membuat kemungkinan. Maksudnya saat memakai cara pertama kita
bisa yakin pembersihannya maksimal, dan biasanya saat membersihkan injektor
cairan tersebut akan membuat kinerja busi menjadi tidak optimal terkadang busi
malah mati tidak memercikan api. Nah ini yang gua maksud kemungkinan jadinya
kita agak berangan – angan gituh bro, dan kadang jika injektor dalam posisi
yang amat kotor. Sepeda motor akan menyendat – nyendat, ya walaupun akan normal
lagi jika cairan injektor sudah habis dan keadaan injektor sudah bersih.
Cara Membersihkan Throttle Body Motor Injeksi
Membersihan throttle body bisa memakai cairan karburator
cleaner yang dijual bebas dipasaran dengan kisaran harga sekitar Rp. 30.000
sampai Rp 300.000 tergantung merk ya bro... Caranya dengan membuka filter udara
dan dan menyalakan motor tersebut, kemudian menyemprot cairan carburator
cleaner ke dalam lubang filter udara yang menuju throttle body.
Apakah cara ini efektif ? ya cara ini lumayan efektif
dan sangatlah mudah, tapi tidak semua lubang / rongga didalam throttle body
dapat dibersihkan. Cara lain dengan membongkar throttle body dan manifold, tapi
menurut gua dengan catatan usia motor telah berumur diatas 1,5 tahun atau dalam
kondisi abnormal. Karena sepeda motor injeksi dengan usia diatas 1,5 biasanya
terdapat banyak kotoran yang menempel pada dinding – dinding dalam throttle
body. Proses pembongkaran ini membutuhkan waktu yang lumayan lama dan ada
resikonya jika salah cara melepas selang bahan bakar dari injektor, maka hati –
hati ya bro... atau serahkan kepada ahlinya he... he...
Ok bro, biar ada gambaran gua kasih videonya, tapi
jangan lupa subscribe ya bro ya itung - itung buat bantu gua he ...
Manfaat Membersihkan Injector dan Throttle Body
Membersihkan deposit karbon pada sistem pembakaran tanpa
melakukan bongkar mesin atas.
Meningkatkan performa mesin.
Menghemat konsumsi bahan bakar.
Menghilangkan engine knocking.
Komentar
Posting Komentar