Sejeworks – Lampu LED sekarang ini banyak diterapkan
pada motor – motor baru keluaran pabrikan, sebut saja dari Honda CBR150R, Honda
Vario 150 dan 125, Suzuki GSX 150, Suzuki Satria 150 FI, Kawasaki Ninja 250 FI,
Yamaha X ride 125 FI dan masih banyak lagi.
Sedangkan untuk motor – motor
rakitan dulu belum menerapkan lampu LED sebagai lampu utama, dan masih banyak
mengandalkan jenis lampu H1 dan H4 sebagai penerang utamanya. Nah jika lo
kebetulan punya motor rakitan lama dan mau menerapkan lampu LED sebagai lampu
utamanya, maka lo ngga salah pilih nongkrong di mari he...
Tapi sebelum kita ngomongin lampu LED dari cara
pasangnya?, apa kelebihannya ? apa kekurangannya ? dan apakah harus merubah jalur
kelistrikannya ?, tapi sebelumnya kita wajib tahu apa itu LED.
Pengertian Lampu LED, Kelebihan dan Kekurangannya
LED atau Light Emitting Dioda adalah sebuah piranti
elektronik semikonduktor yang berupa dioda pancaran cahaya dan disusun menjadi
sebuah lampu. Kelebihannya jika memakai lampu LED arus listrik yang terpakai
lebih kecil dari pemakaian lampu biasa, nyala lampu yang terang, usia pakai
lampu yang lebih awet dari lampu biasa.
Tapi selain itu ada beberapa kekurangannya yaitu harga
yang relatif mahal, lampu LED membutuhkan arus listrik yang stabil tidak naik
turun secara spontan. Dan saat melewati kabut atau dalam keadaan hujan jenis
lampu LED akan mempunyai jarak lihat yang lebih pendek dari lampu jenis halogen
dan bohlam pijar. Itulah sebabnya sepeda motor jenis adventure alias trail
memakai jenis lampu halogen bukan LED.
Di pasaran lampu LED mempunyai banyak model mulai dari
LED 3 sisi, LED 4 sisi LED 6 sisi, LED 2 sisi dan lampu LED beserta reflektor
yang menyatu. Ada banyak pilihan dan banyak model di pasaran bro, cuman buat lo
yang mau masang lampu LED pada kuda besinya sebaiknya pikirkan dulu jangan
grasa – grusu bro..
Perhatikan 4 Hal Ini Sebelum Memasang Lampu LED Pada Sepeda Motor
Usahakan sistem pengisian motor telah mengusung Full DC,
entah 2 phase atau 3 phase, jika tidak maka accu tidak akan bertahan lama. Jika
motor masih menganut sistem AC untuk pengisiannya maka lakukan perubahan jalur
pengisian.
Bagi lo yang ngga mau merubah sistem pengisian dari AC
manjadi DC, maka alternatif lainnya pakai lampu LED AC DC. Tapi cara ini ngga
semuanya berhasil bro, harus cari lampu yang cocok dari sekian banyak merk
dipasaran, saran gua pilih produk German biar ngga kecewa he... he....
Jika lampu LED sudah terpasang maka lakukan cek
pengisian pada accu / aki, jika arus yang masuk ke accu diatas 13,5 volt sampai
14,50 volt saat lampu depan kondisi menyala dan putaran RPM motor sekitar
8.000. jika tidak sampai voltase diatas maka kemungkinan accu / aki tidak akan
bertahan lama.
Pilih lampu dengan kuat arus dan tegangan yang hampir
sama atau mendekati bawaan lampu motor, hal ini untuk meminimalisir reflektor
yang meleleh karena panas dari lampu LED.
Perhatikan jalur kabel lampu utama saat menggantinya
dengan lampu LED yang membutuhkan potong dan sambung kabel, jika salah sambung
kabel efeknya lampu LED tidak akan menyala.
artikel terkait
5 Cara Pasang Lampu LED di Sepeda Motor AC
Rubah Sistem Pengisian
Merubah sistem pengisian menjadi Full Wave alias pengisian
DC, cara ini pernah gua senggol jadi dikit aja penjelasannya. Untuk merubah
sistem pengisian AC menjadi DC perlu merubah kondisi spul magnet, kiprok dan
jalur pengisian tersebut. Jenis kiprok yang biasa di pakai kiprok Honda Tiger
atau Megapro Primus yang dibandrol dengan harga Rp 250.000, tapi kalau mau
mencari alternatif lain dengan kiprok kw bisanya dibandrol Rp 60.000. Biar
lebih jelas dibawah ada artikel terkaitnya bro..
Sambung Kabel Lampu Utama
Jumper / sambung langsung kabel lampu utama dengan
output kunci kontak atau beban, cara ini kadang bekerja dengan optimal. Untuk
yamaha kabel yang berwarna coklat, sedangkan honda kabel yang berwarna hitam
dengan kabel warna kuning (lampu utama).
Sambung Kabel Kiprok
Cara ini hampir sama dengan cara kedua cuman kabel yang
disambung adalah kabel warna kuning dari kiprok dengan kabel beban, kemudian
kabel spul warna kuning harus dilepas dengan kabel body. Bahasa gampangnya
lepas soket spul warna kuning dan tutup dengan isolasi, cara ini bertujuan agar
tidak ada arus penerangan dari spul menuju kiprok dan diganti dengan arus
listrik dari sistem beban.
Memakai konverter AC ke DC
Nah bagi lo yang ngeri dengan cara diatas maka pakai
cara yang ke 4 ini yaitu memakai konverter AC DC, alat canggih bingit ini
sengaja dibuat untuk merubah arus AC yang menuju lampu utama menjadi arus DC.
Sehingga lampu LED yang terpasang akan mendapatkan arus listrik yang stabil
bro... ngomongin harga coba cari saja di toko online ya bro..
Lampu LED AC DC
Lampu LED jenis ini pada bagian belakang atau pantat
lampu mempunyai bentuk yang hampir mirip dengan bohlam pijar dan bohlam
halogen. Sehingga memudahkan bagi para bro, untuk memasangnya tanpa ubahan
sedikit pun. Contoh lampunya ada diatas sendiri.. Cara ini paling cocok buat
motor Vario 125 lama, Beat ESP, Beat POP, karena memang sebenarnya basic motor
tersebut sudah full wave 3 phase.
Buat motor karburator keluaran lama yang masih menganut
pengisian AC, saran gua pakai cara pertama dan usahakan memakai kiprok ori dari
Honda Tiger. Tapi buat motor Injeksi bisa memakai cara yang terakhir bro..
Cara Memasang Lampu LED pada Motor DC
Buat motor DC pasang lampu LED tidak seribet motor AC,
hanya tinggal putus dan sambung kabel lampu utama. Yaitu lampu jarak jauh,
lampu jarak dekat dan massa, jangan lupa samakan warna kabel serta fungsinya ya
bro... Jika sampai terbalik biasanya
lampu tifak akan menyala, tapi tidak akan merusak lampu LED tersebut.
Cara Pasang Lampu LED 6 Sisi, 4 Sisi dan 3 Sisi
Sebelumnya kenali dulu jenis lampu utama pada motor lo,
jika matik dan bebek biasanya memakai jenis bohlam pijar atau halogen H1.
Sedangkan untuk motor Sport terbaru memakai jenis H4, letak perbedaan pada
kedua jenis lampu tersebut adalah pada fitting lampu atau dudukan lampu.
Setelah tau jenis lampu dan fiting lampu pada motor lo,
maka langkah selanjutnya pilih fitting lampu LED yang sesuai dengannya.
Kemudian pasang ke lampu LED, biasanya pada bagian atas lampu LED terdapat
lubang yang berfungsi sebagi mur. Pasang sejajar lampu LED dan fitting lampu
sesuai lubang tersebut dan kunci dengan baud bawaan lampu LED tersebut.
Nah pada fitting lampu bisa di stel maju mundur sesuai
keinginan kita, langkah selanjutnya pasang peer / pegas di depan lampu LED. Dan
pasang lampu LED pada reflektor seperti biasanya ditekan kedalam dan putar ke
arah kanan sampai mentok dan benar – benar terkunci.
Berikutnya tinggal memasang kabel dari LED driver menuju
kabel lampu utama, cara ini suka ngga suka harus potong sambung kabel atau coak
sedikit pada kabel lampu utama. Jangan lupa gunakan isolasi bakar saat
menyambung kabel tersebut tujuannya agar aman dan kuat, perhatikan juga warna
kabel pada lampu utama dan warna kabel dari LED driver.
Pada LED driver kabel warna hijau (negatif), biru (lampu
jauh), putih (lampu pendek), hal ini mempunyai warna yang sama pada sepeda
motor Honda. Sedangkan pada motor Yamaha kabel warna hitam (massa), kuning
(lampu jauh), hijau (lampu pendek).
Langkah terakhir adalah dengan menyetel jarak sinar
lampu LED, cara penyetelannya bisa dengan maju mundurkan lampu pada fitting
lampu LED atau menaikan dan menurunkan sinar lampu dengan menyetel reflektor
lampu.
Biar lebih jelas gua tambahin videonya, tapi jangan lupa
subscribe ya bro...
Gan. Koq punya ane led rayton nya kabel 4. Untuk yg warna merah kemana jalurnya
BalasHapusGan.. Boleh minta diagram nya dong..
HapusBaru beli motor seken nih.
Ini agak rumit gtu.. Bekas rombakan soalnya.
Makasih..