Sejeworks – Ngomongin kelistrikan berati siap – siap
bersentuhan dengan kabel, isolasi, avometer dan secangkir kopi, loh... kenapa
ada kopi nya ? emang lo ngga bakalan pusing ngeliatin warna kabel yang kayak
pelangi bersliweran he.... he... nah kopi itu biar slow dan pusing lo nambah
he... he...
Pada sepeda motor kelistrikan dibagi menjadi tiga yaitu :
Pengapian
Bagi para bro pemakai motor beat perlu tahu, honda beat
karburator memakai jenis pengapian DC (direct current) alias arus searah. Maka
sumber arus pengapian berasal dari accu bukan dari spul pengapian (merah/hitam)
terus apa gunanya spul magnet pada honda beat karbu ? pertama sebagai pulser
dan yang kedua sebagai sumber pengisian dan penerangan.
Berarti jika motor honda beat mogok dan tidak
mengeluarkan percikan api dari busi, komponen yang harus di cek adalah accu
(12,5 volt), sikring, kunci kontak, saklar standar samping, pulser, CDI, koil
dan busi. Untuk lebih jelasnya gua kasih gambarnya bro.. chek it dot...
Nah kalau motor beat punya lo mogok dan ngga memercikan
api lakukan pengecekan pada komponen diatas, caranya bagaimana ? ada beberapa
artikel yang pernah gua bikin jadi cari saja ya bro he... Untuk cara termudahnya cek dari busi,
sikring, accu dan saklar standar samping, jangan lupa jalur kabelnya ya bro...
Artikel terkait
Pengisian dan Penerangan
Sistem penerangan pada motor honda beat karburator masih
memakai penerangan AC, yang artinya adalah arus yang masuk ke lampu utama atau
lampu depan bersumber langsung dari spul penerangan dengan warna kabel kuning.
Sedangkan untuk sistem pengisian atau suplay arus ke
accu masih 1 phase, jadi jika mau memasang lampu HID ataupun LED agar accu
tidak cepet ngedrop maka harus merubah jalur pengisian dan penerangan. Komponen
yang berperan dalam sistem penerangan adalah lampu depan / lampu utama,
sikring, kiprok dan spul penerangan. Sementara komponen yang ada dalam sistem
pengisian adalah accu, sekring, kiprok dan spul pengisian, jangan lupa cek
kabel body penghubungnya. Seringh kali masalh terjadi pada kabel body dan
soketannya yang berkarat, putus atau rusak, tetapi lupa tidak dilakukan
pengecekan secara menyeluruh.
Untuk masalah kiprok sudah sering banget gua singgung
jadi baca aja ya bro.. ini linknya..
Jalur kiprok sepeda motor
Sistem Beban
Sistem beban ada banyak bro, mulai dari klakson,
elektrik starter, lampu sen, indikator bensin, lampu rem dan lampu senja. Kenapa
disebut sistem beban ? karena komponen – komponen elektrik tersebut akan
berkerja dan sangat mengandalkan arus dari accu / aki. Sistem beban tersebut
dimulai dari kabel kecil warna merah / hitam (output kunci kontak) kemudian
masuk ke sikring 10 ampere dan kabel berubah warna menjadi hitam.
Nah kabel warna hitam ini yang akhirnya menjadi jalur
arus dari accu ke klakson, elektrik starter, lampu sen, indikator bensin, lampu
rem dan lampu senja.
Rangkain Klakson
Kebel berwarna hitam tadi salah satunya akan bercabang
ke klakson (horn), rangkaianya hanya saklar klakson dan klakson tersebut.
Rangkain Lampu Sen
Masih sama dengan kabel yang berawarna hitam, kemudian
masuk ke flasher dan berubah warna menjadi abu – abu. Kable warna abu – abu tersebut
masuk ke saklar lampu sen, selanjutnya oleh saklar tersebuta akan dihubungkan
ke kabel oranye (sen kiri) atau kabel biru muda (sen kanan).
Rangkaian Lampu Rem
Dari kabel warna hitam masuk ke saklar lampu rem depan
dan belakang kemudian berubah warna menjadi kabel warna Hijau / Kuning dan
langsung menuju lampu rem.
Biar tambah jelas gua tambahin warna kabel Motor Honda Beat
Karburator.
Warna Kable Motor Honda Beat
Kiprok
Merah :
arus dari accu
Kuning :
arus penerangan
Putih :
arus pengisian
Hijau :
massa (-)
Beban dan Lampu Lampu
Merah / Hitam :
output kunci kontak
Hitam :
beban
Putih :
lampu jarak dekat
Biru :
lampu jarak jauh
Oranye :
lampu sen kiri
Biru muda :
lampu sen kanan
Coklat :
lampu senja
Hijau / Kuning :
lampu rem
Kuning / Merah :
saklar dinamo starter
Hijau muda :
klakson
Merah / Putih :
dinamo starter
Abu – Abu :
flasher
CDI
Hijau / Oranye :
choke otomatis
Biru / Kuning :
pulser
Kuning / Hijau :
elektrik starter
Hijau / Putih :
saklar standar samping
Hitam / Kuning :
koil
Ok bro sekian dulu dari gua, next time bakalan gua tambahin
videonya tentang jalur kabel body honda beat karburator. Tapi jangan lupa
subscribe ya bro...
Akhir kata dari gua, safety firts, keep riding no arogan
dan salam satu aspal.... wor... wor...
Sama Vario lama 110 sama gak gan ?
BalasHapusChoke dari cdi (hijau|oranye nyambung nya kemana ya kang?
BalasHapusKabel amper bensin warna app bos
BalasHapusUntuk lampu spidometer rangkaiannya dri mna gan, soalnya motor saya lampu spidometernya gx nyala klw. Kunci kontak posisi on, saya cek lampunya msh bagus, kira" apanya yh apa jalur kabelnya ada yg putus?
BalasHapusPunya saya masih aman2 saja ini bos di pemakaian cb 100 spul grand udah bukan standart pabrik sudah di lilit ulang kiprok pakai vario110
HapusTergantung mekaniknya ( kalau bisa d perbaiki ngapain beli baru)
#bengkel_CB
Stelah cuk terpasang, kabel cuk nya masuk kemana bosku
BalasHapus