Sejeworks – Sekarang giliran ngomongin kelistrikan
Yamaha Xeon karbu, karena kemarin – kemarin honda beat karbu jadi rasanya ngga
marem kalau pabrikan garputala ngga dibahas he... he... Apa saja sih yang mau
diomongin kali ini ? mulai dari warna kabel yamaha, posisi dan jalur kiprok,
jalur CDI, sistem auto choke, sistem sinyal dan hal- hal lainnya yang
berhubungan dengan sistem elektrik Yamaha Xeon 125 Karbu.
Pada yamaha xeon sistem kelistrikan sudah lebih canggih
dari motor karbu lainnya, sebab motor ini pada bagian CDI sudah dilengkapi self
– diagnostic function. Fungsinya untuk menjamin kontrol mesin bekerja dengan
sempurna, apabila terjadi kerusakan pada sensor maka lampu indikator pada
speedometer akan berkedip sebagai engine troble warning. Tujuan sebenarnya memberi
tahu pengendara bahwa ada kerusakan pada sistem elektrik dan sensor yang
terdapat pada sistem pengkabutan bahan bakar.
Self – diagnostic function kebanyakan dipakai pada
sepeda motor injeksi yang memakai sistem pengapian full transistor dengan kata
lain arus listrik dalam posisi stand by. Tapi pada Yamaha Xeon 125 karbu hanya
memiliki 4 kode kerusakan (engine trouble warning light) dengan nilai yang
berbeda, nilai 10 jika lampu menyala 1 detik (kedipan lama). Sedangkan nilai 1
jika lampu menyala selama ½ detik (kedipan cepat), dan jika mempunyai 2 masalah
maka lampu akan menyala berulang – ulang. Berikut penjelasannya, check it dot
ya bro..
Kode kerusakan Item
Kerusakan
15 throtle
position sensor terlepas atau konslet
16 throtle
position sensor macet
21 sensor
suhu terlepas atau konslet
71 auto
choke terlepas atau konslet
Penyakit Yamaha Xeon Karbu
Motor Xeon Karbu Susah Hidup
Penyebab sepeda motor susah dihidupkan ada banyak sekali
dimulai dari yang sepele sampai terberat, salah satunya pemilihan busi yang
tidak sesuai anjuran pabrikan. Hal ini bisa ditandai dari keadaan busi yang
banyak terdapat endapan carbon, elektroda basah, celah busi yang salah dan
terakhir busi tersebut mati.
Kemudian kondisi coil dan pulser yang lemah, untuk
tahanan koil terdapat 2 yaitu lilitan primer dan lilitan sekunder. Tahanan
lilitan primer mempunyai nilai 0,18 – 0,27 ohm, sementara tahanan secondary
mempunyai nilai 6,32 – 9,48 Kilo Ohm pada suhu 20 derajat celcius.
Sedangkan pada pulser memiliki tahanan 248 – 372 ohm
pada suhu 20 derajat celcius, dan penyebab lainnya adalah adanya kebocoran
kompresi pada bagian mesin lebih tepatnya pada ruang bakar. Dan jangan lupa
perhatikan tegangan aki / accu yang harus dalam kondisi diatas 5 volt, jika kurang
dari angka tersebut maka sepeda motor tidak mempunyai sumber arus pengapian.
Lebih lengkapnya berikut link terkait bro..
Auto Choke Xeon Bermasalah
Sistem auto choke ini meliputi sensor suhu, unit auto
choke, kunci kontak dan sikring, aki, jalur kabel dan CDI. Kerusakan pada
sistem auto choke akan membuat sepeda motor susah dihidupkan terutama pada suhu
rendah dan stasioner tidak stabil alias naik turun tanapa aturan. Pengecekannya
bisa dilakukan dengan mengukur tahanan pada unit auto choke pada saat suhu
dingin dengan nilai standar 10 – 20 ohm, jika nilai pengukuran lebih besar maka
kemungkinan unit auto choke rusak. Sedangkan untuk sensor suhu mempuntai
tahanan 183,6 ohm saat suhu 100 derajat.
Mengatasi Aki Tekor Motor Xeon
Aki atau accu alias batrey pada motor xeon sudah memakai
jenis aki kering dengan kapasitas 12 V/3,5 A dan bisanya aki kering memiliki
umur kurang lebih 1,5 tahun. Tapi jika ada kendala pada sistem pengisian maka
aki tersebut paling hanya mempunyai umur 1 bulanan dan aki akan ngedrop, sistem
pengisian terdiri dari, spul magnet pengisan, kiprok, accu / aki dan jalur
kabel sistem pengisian. Berhubung gua sering kali ngomongin sistem pengisian
maka gua kasih linknya saja ya bro..
Letak Kiprok Xeon Karbu dan Jalur Kiproknya
Posisi kiprok sepeda motor Yamaha Xeon berada didekat lampu depan / lampu utama tapi lebih dekat ke dashbord sehingga jika mau menggantinya harus mencopot semua cover depan pada body yamaha xeon 125 dan dashboard.
Warna Kabel Yamaha Xeon 125 Karbu
CDI
Hitam : massa
Merah : arus + (plus) accu
Coklat muda :
beban (output kunci kontak)
Oranye :
koil
Biru : throtle position sensor
Hitam / Biru :
throtle position sensor
Kuning : throtle position sensor
Putih / Biru :
pulser
Hijau / Merah :
sensor suhu
Kiprok
Putih :
pengisian
Kuning :
penerangan
Merah :
accu (+)
Hitam :
massa (-)
Sistem Sinyal / Beban
Pink :
klakson
Coklat muda / putih :
Flasher
Coklat tua :
lampu sein kiri
Hijau tua :
lampu sein kanan
Abu - abu :
lampu senja
Hijau / kuning :
lampu rem
Hijau :
lampu utama jarak dekat
Kuning :
lampu utama jarak jauh
Biru / putih :
saklar starter
Nah untuk lebih jelasnya, langsung saja tonton video dibawah ini ya bro...
Ok bro sekian dulu, seperti biasa dan terbiasa salam safety first ngga ketinggalan keep riding ... no arogan ....
Iռɨ ɢaռ aռɛ ʍaʊ taռʏa.ҡɛռaքa ʏa ʍօtօʀ xɛօռ 125 aռɛ ʟaʍքʊ ɨռɖɨҡatօʀ ռʏa ʍɛռʏaʟa tɛʀʊs.taռքa ɮɛʀ ҡɛɖɨք.
BalasHapusTolong dong penjelasan y dg motor Xeon sy(Xeon karbu)
BalasHapusSaat di standar 2 mesin bs hidup normal,cm ketika standar 2 di naikan motor Xeon sy dadak mati
Setau saya xeon karbu tidak ada sensor otomatis di standar nya bro.
HapusKasus gitu kalau saya perkirakan,itu ada kabel yang sudah mulai putus akibat karatan didalam kesing motor yang letaknya sebelah bawah bagian samping kanan, pas di bawah injakan kaki kanan, di situ ada soket2 dan kabel2,coba kamu cari kabel mana yang rusak.
Terkadang ada kabel yang terlihat utug tapi ternyata serat dalamnya putus.
Kasus ini pernah saya ngalamin.
Dicoba aja bro...
Gan, xeon karbu kalo ganti headlamp pakai led apa harus ganti kabel atau langsung aja?
BalasHapusXeon karbu uda ganti karburatornya aki baru pengapian bagus,komprensi bagus ko hidup perjalanan skitar 50 meter mati mau star tangan maupun engkol sd tidk bisa h idup lg kira apa yg hrus d ganti penjelasannya ???
BalasHapusBos motor Xeon punya saya kok ga ada pengapian sama sekali, uda buka busi tes kabelnya juga ga ada pengapian, gmana bos cara atasinya
BalasHapusTolong dong minta saranya..
BalasHapusMotor saya xeon karbu trus dari kabel busi itu nempel ke block mesin kaya ada yang nyetrum,klo di gas kecil mati tapi klo gass gede ngga
utk uktran sikring pd xeon old kan ada 2 bh
BalasHapusAki xeon karbu sering tkor bagaimana cara mengtsinya?
BalasHapusLetak posisi kiprok xeon karbu dimna yyya
BalasHapus