Sejeworks – Busi alias spark plug sering kali dianggap
sama oleh para biker, sama disini maksudnya bisa dipasang dan copot sembarangan
motor. Padahal efeknya bisa bikin kepala lo senut – senutan, contohnya begini
motor yamaha mio smile memakai busi NGK CPR8EA – 9 yang seharusnya motor
tersebut memaki C7HSA. Maka hasilnya motor akan mati total karena piston dan
busi bertabrakan, karena ulir busi yang terlalu panjang.
Atau contoh lain pada Honda Beat FI yang seharusnya
memakai NGK CPR9EA - 9 malah memasang busi CPR6EA – 9, walaupun busi tersebut
sepintas hampir sama tapi jika diperhatikan secara cermat kode busi itu berbeda
pada tingkat panas busi. Apakah berpengaruh ? jelas sangat berpengaruh sekali
pada sepeda motor tesebut mulai dari putaran stasioner / langsam yang tidak
stabil, pembakaran bahan bakar yang tidak sempurna. Sehingga menimbulkan kerak
karbon berlebih pada ruang bakar dan sepeda motor menjadi sering mogok karena
busi yang tidak tahan panas.
Maka dari itu bro... jangan asal comot busi pada sepeda
motor yang lo pakai karena efeknya ngeri – ngeri sedap. Untuk kode busi sepeda
motor pernah gua omongin dari kode busi buat motor honda, yamaha, suzuki,
kawasaki dan masih banyak lagi. Dari yang jenis standart, sampai iridum dan
platinum pokoknya special dan komplit banget pake telor he... he... ini linknya
bro...
Nah balik lagi ke pokok bahasan busi apa sih untuk motor
CBR150R FI, CB150R, New CBR150R, New CB150R jawabanya adalah busi dengan kode
CPR9EA – 9 buatan NGK dan U27EPR – 9 buatan Denso. Selain kedua busi diatas
apakah masih ada ? ada bro, tapi versi racingnya dari jenis platinum dan
iridium karena kode busi tersebut untuk versi standart. Masalah harga standart
sekitar Rp 25.000 dan penggantian busi setiap 8.000 km atau sekitar 8 bulan
sekali, jangan nunggu businya mati baru diganti ya bro...
Lain halnya untuk CBR250R FI, motor yang diboyong oleh
AHM dari thailand ini memakai kode busi SIMR8A9 yang dijual dengan harga Rp
180.000 dan penggantian setiap 24.000 km atau 2 tahun sekali.
Sedangkan untuk busi Honda CBR250RR memakai busi Iridum
NGK SILMAR8C9 yang mempunyai kontruksi sangat berbeda dengan busi sepeda motor
lainnya. Perbedaan tersebut terletak pada bentuk yang lebih panjang alias Extra
Long Reach dan ukuran ring kunci busi. Jika pada umumnya motor 4 tak memakai
kunci busi ukuran 16 mm, tapi pada Honda CBR250RR memakai ukuran ring 14 mm.
Jadi lo bakalan puyeng untuk mencari kunci busi dengan diameter ring 14 mm
he... he... soalnya gua pernah ngerasainnya ha... ha...
Tapi tenang semuanya bisa diatur yaitu cukup pakai kunci
shock 14 panjang dan sedikit modifikasi pada ujung gagang shock tersebut.
Modifikasi tersebut bisa dengan membawanya ke bengkel bubut supaya diameter
ujung gagang shock bisa masuk kedalam lubang busi, untuk lebih jelasnya lihat
gambar diatas ya bro....
Ngomongin harga busi tersebut sekitar Rp 190.000
satunya, sementara CBR250RR mempunyai dua busi jadi jumlahkan sendiri ya bro...
dan busi tersebut masih diimpor langsung dari Japan. Makanya harga dan jumlah
barangnya sangat ekslusif dipasaran, ya harap maklum bro motornya saja kelas
premium bukan bensinya lho ya... he... he..
Komentar
Posting Komentar