Sejeworks – whats up bro ?? gimana hari ini sudah move
on belum, et dah... ini omongan orang disebelah gua ya he.... he... sorry
curhat dikit ya bro... Ok langsung saja ke topik bahasan kali ini yaitu masalah
komstir, mulai dari diameter komstir, harga komstir, umur komstir dan cara
mengatasi komstir motor rusak. Sebenarnya masalah komstir sudah sering kali
kita omongin tapi kali ini fokus kita ke komstir motor honda, next time giliran
komstir bambu dan komstir motor yamaha tapi kalau gua ingat ya bro... he...
he...
Kegunaan Komstir dan Letak Komstir Motor
Sistem kemudi pada sepeda motor sebenarnya sangat
sederhana jika dibandingkan dengan mobil, karena pada sepeda motor sistem
kemudi langsung berhubungan dengan roda depan yang mengendaliukan arah
geraknya. Batang kemudi atau biasa dikatan stang berhubungan langsung dengan
garpu / segitiga dan shockbreker depan. Nah komstir sendiri terletak diantara
segitiga dan kerangka / sasis yang berfungsi untuk memudahkan gerakan stang
kemudi ke kanan dan ke kiri.
Jadi tanpa komstir sepeda motor tidak bisa digerakan ke
kanan dan kiri, komstir sendiri terdiri dari 4 mangkok komstir dan berpuluh –
puluh peluru baja serta tidak ketinggalan juga graes atau gemuk sebagai pelumas
dari komponen – komponen tersebut. Untuk mempermudah dimana posisi komstir ini
jepretannya bro...
Umur Komstir Motor
Kadang pertanyaan ini sering kali muncul dalam benak
para bro, yaitu berapa lama umur komstir sepeda motor ??? nah sebenarnya
jawaban pastinya ngga ada karena hal ini sangat tergantung dari medan jalan dan
style berkendara. Cuman bisa diperkirakan pada kilometer diatas 15.000,
biasanya komstir sepeda motor mulai mengalami kerusakan.
Tapi hal ini masih bisa diperbaiki dengan cara
menyetelnya entah itu ngendorin atau ngencengin stelan komstir tersebut, karena
lain motor lain kasus atau masalah. Nah jika sudah distel berkali kali tetapi
masih oblak atau ngebanting jalan terakhirnya adalah dengan mengganti baru
komstir tersebut.
Stelan Komstir
Setiap biker akan merasakan hal yang berbeda pada masing
– masing stelan komstir ada yang peka, peka pakai banget dan ngga peka sama
sekali. Maksudnya begini bro, saat motor baru turun dari dealer kadang ada
stelan komstir yang terlalu kencang menurut sebagian orang, atau ada yang
menganggapnya biasa saja dan ini ngga pandang merek bro...
Lain halnya jika motor itu telah lama dipakai, mau
stelan komstirnya kenceng pakai banget atau kendor dan oblak, kadang ngga akan
terasa karena biker tersebut telah biasa memakainya. Nah yang meberi tahu bisanya
malah orang lain yang kebetulan meminjam motor tersebut, jadi seperti apakah
stelan komstir yang bener ? jadi tetep stay ya bro.... sampai kelar...
Cara Mengatasi Komstir Motor Rusak
Stel komstir
Komstir Motor keras atau terlalu kencang
Stelan sperti ini sangat cocok untuk motor competisi
balap lurus atau drag, karena lintasannya hanya track lurus. Tapi jika
diapliksaikan untuk motor harian bisa berabe atau berakibat fatal, karena motor
akan susah dikendalikan saat melintasi track menikung dan kadang track lurus.
Serasa motor inginnya ngebanting kekanan atau kekiri, jadi kalau mau nyetel
komstir lihat lihat posisi ya bro... buat harian apa kompetisi.
Komstir motor kendor
Stelan komstir kendor atau oblak akan sangat berasa saat
melintasi jalan rusak atau bergelombang dan saat melakukan rem depan yaitu
stang kemudi terasa mau copot atau lepas kedepan. Apakah ini berbahaya ? stelan
kaya gini ngga berbahaya tapi sepeda motor tidak nyaman untuk dikendarai dan
biasanya akan lebih cepat merusak komstir sepeda motor tersebut.
Sebenarnya setiap biker mempunyai selera yang berbeda
tapi gebug ratanya, stelan komstir yang pas adalah stang kemudi tidak
ngebanting / ngebuang kekanan atau kekiri saat dikendarai dan stang kemudi
tidak oblak saat dilakukan rem depan. Cara mengecek lainnya adalah dengan
melakukan standar tengah dan angkat roda depan gerakan stang kemudi kekanan
atau kekiri, jika mbegel atau terasa berat maka stelan komstir terlalu kencang.
Sebaliknya untuk mengecek stelan komstir terlalu kendor
cara hampir sama dengan diatas, yaitu posisikan standar tengah dan angkat roda
depan dengan memegang shock depan dan goyangkan kedepan belakang. Jika terasa
oblak maka komstir terlalu kendor, jika tidak oblak berarti ada dua kemungkinan
stalan terlalu kencang atau stelan komstir tersebut pas.
Ganti komstir
Jujur bro, mengganti komstir itu bukan perkerjaan yang
mudah, kenapa gua ngomong begitu ?. Sebab yang lo bongkar itu bukan cuma satu
item pekerjaan tapi hampir keseluruhan komponen yang melekat pada stang kemudi.
Mulai dari ban depan, caliper rem depan, cover body depan (bebek dan matic),
jalur kabel gas, jalur kabel body depan, shock depan (sport) dan komstir itu
sendiri.
Biasanya membutuhkan waktu kurang lebih 1 ½ jam atau 90
menit, dan tenaga lo bakalan terkuras habis malah kadang jari tangan lo bakalan
kepukul palu he.... (pengalaman sendiri).
Jika lo memang suka bongkar motor dan mau mencobanya ini bro linknya...
Jangan lupa bro, gunakan komstir original sesuai
motornya jangan sampai ketur karena diameter komstir dan jumlah pelor baja
berbeda – beda, biar lebih jelas ini hasil ukurnya dan harga komstir motor
honda.
Harga dan Diameter Komstir Honda
Komstir 06535 GN5 505
Komstir motor ini untuk semua jenis bebek dan matic
mulai dari honda grand, honda legenda, honda supra 100, honda supra fit, honda
supra x 125, honda supra x 125 FI, honda revo 100, honda revo 110, honda revo
AT, honda revo FI, honda blade 110, honda blade 125 FI, honda karisma dan honda
kirana.
Sementara untuk matic yaitu honda beat karburator, honda
beat injeksi, honda beat esp, honda scoopy karburator, honda scoopy injeksi,
honda scoopy esp, honda spacy karbu, honda spacy injeksi, honda vario 110
karburator, honda vario 110 injeksi, honda vario 110 esp, honda vario 125 esp,
honda vario 150 esp.
Diameter Komstir 06535 GN5 505
Bagian kerangka atas, diameter luar 45 mm dan diameter
dalam 27,40 mm.
Bagian kerangka bawah, diameter luar 54 mm dan diameter
dalam 35 mm.
Bagian segitiga atas, diameter luar 45 mm dan diameter
dalam 27,40 mm.
Bagian segitiga bawah, diameter luar 51 mm dan diameter
dalam 33 mm.
Harga Komstir 06535 GN5 505 adalah Rp 90.000,
Komstir 06553 5041010
Kode untuk komstir motor jenis sport lama, mulai dari honda
tiger lama, honda tiger revo, honda tiger 2000, honda megapro primus, honda
megapro lama, honda gl pro, honda gl neotech, gl 100.
Diameter Komstir 06535 5041010
Bagian kerangka atas, diameter luar 41 mm dan diameter
dalam 24 mm.
Bagian kerangka bawah, diameter luar 41 mm dan diameter
dalam 24 mm.
Bagian segitiga atas, diameter luar 41 mm dan diameter
dalam 22 mm.
Bagian segitiga bawah, diameter luar 38 mm dan diameter
dalam 23,5 mm.
Harga Komstir 06553 5041010 adalah Rp 98.500,
Komstir 06535 KTR900
Komstir dengan kode tersebut bisa diaplikasikan pada
honda CBR150 karburator, honda CBR150 FI thailand, honda CBR150 lokal, honda
New CBR150R, CB150R, New CB150R , Megapro New, Megapro New FI, honda Verza,
honda CB150 Verza.
Diameter Komstir 06535 KTR900
Bagian kerangka atas, diameter luar 48,50 mm dan
diameter dalam 27,50 mm.
Bagian kerangka bawah, diameter luar 48,50 mm dan
diameter dalam 27,50 mm.
Bagian segitiga atas, diameter luar 42 mm dan diameter
dalam 25,50 mm.
Bagian segitiga bawah, diameter luar 42 mm dan diameter
dalam 26,50 mm.
Harga Komstir 06535 KTR900 adalah Rp 100.000,
Harga tersebut sesuai HET (harga eceran tertinggi) dari
Honda, dan jika berada dibawah harga tersebut maka harus berhati – hati karena
banyak barang tiruan alias abal – abal. Harga sewaktu – waktu bisa berganti,
hal ini dipengaruhi oleh kebijakan dari AHM selaku pemegang hak merk honda di
indonesia.
Biar tambah jelas komstir kaya apa ini bro, gua kasih
videonya chek it dot.. jangan lupa subscribe ya bro...
Akhir kata seperti biasanya, safety firts & keep
riding no arogan dan salam satu aspal... ahi... hi...
Bro,komstir bambu buat tiger revo merk CRS harganya brapa ya ? Dan bagus gak merk itu ?
BalasHapusrombakan simpang tiga jantan(sok jantan) yg cocok buat motor revo110 apa iya bg??
BalasHapusDiameter antara gl 100 sama ninja r
BalasHapusSegitiga yang cocok untuk rangka c70 apa ya bang?punya astrea star cocok enggak bang
BalasHapusBang kalo cs1 sama kaya apa ya?
BalasHapusKasian Honda CS1 ga ada
BalasHapusBang AS komstir tiger sama cbr 150 r sama apa beda bang diameterluarnya
BalasHapus