Sejeworks.id – Akhirnya bisa nongol juaga setelah sekian
lama, berada dalam persembunyian he... buat kali ini yang kan kita omongin
tentang masalah bearing. Tapi lebih ditekankan pada bearing roda, dari penyebab
kerusakannya ? tanda – tanda bearing roda rusak. Untuk lebih jelasnya check it
dot...
Pengertian Bearing
Bearing alias laher berfungsi untuk memperlancar gerak
putar dari komponen – komponen yang berputar pada poros tetap. Pada sepeda
motor bearing terletak pada roda, transmisi, kopling, crank shaft dan stang
kemudi (komstir). Bearing secara umum dibedakan menjadi dua yaitu ball bearing
dan metal bearing, ball bearing adalah bantalan yang beban komponen berputarnya
dipikul oleh bola – bola baja.
Sementara itu metal bearing atau lebih dikenal main
bearing alias metal duduk adalah bantalan yang berbentuk dua lempengan setengah
bundar yang memiliki permukaan datar biasanya berjumlah dua. Ditengah dari
metal bearing terdapat alur yang digunakan sebagai jalur oli mesin untuk
pelumasan.
Kenapa disebut metal duduk ? karena logam ini tidak
berpindah tempat tapi berputar pada blok mesin dan biasanya digunakan sebagai
pengganjal antara poros engkol yang berputar pada blok mesin.
Tapi yang mau kita omongin lebih kepada bearing roda
sepeda motor, dari penyebab kerusakannya, ciri – cirinya dan harganya.
Penyebab Bearing Roda Cepat Rusak
Pemasangan yang kurang benar
Bongkar pasang bearing roda memang tidak terlalu rumit,
cukup memakai alat seadanya yaitu palu dan ujung kunci T. Tapi hal ini akan sangat berdampak
pada bearing jika pemasangannya memakai alat seadanya tersebut, sebab
pemasangan atau instalasi bearing kebanyakan memakai palu sehingga pasti
melakukan proses pukul pada bearing tersebut.
Kalau untuk bongkar saja tidak masalah karena kalau
bearing tersebut rusak pasti akan diganti dengan yang baru, sebaliknya jika
pemasangan bearing tidak memakai special tool. Akibatnya bagian bearing akan
rusak, sebab bagian bearing tidak rata saat dipukul pakai palu.
Sil pelindung bearing aus
Sil ini terletak setelah bearing karena fungsinya untuk
menutupi bearing dari debu, air dan benda - benda asing. Posisinya terlihat dengan
jelas, jadi tak perlu melakukan pembongkaran jika mau melihat posisinya. Sil
pelindung bearing atau sil debu sering kali mengalami kerusakan saat sepeda
motor memasuki umur 4 tahun. Kerusakan yang terjadi pada sil tersebut adanya
gap / jarak antara bosh roda dengan sil pelinding bearing.
Bosh / Collar tidak rata
Nah untuk bosh / collar yang bukan original bawaan motor
akan menimbulkan masalah, mulai dari bearing roda cepat rusak, susah memasang
roda karena keadaan collar yang tidak presisi atau sama rata dengan jarak ketebalan
bosh roda. Biasanya penggunaan collar / bosh roda yang bukan ori terjadi karena
penggantian vleg / teromol variasi.
Jadi bro kalau mau ganti velg atau teromol variasi
perhatikan juga collar / bosh rodanya, apakah mempunyai ketebalan yang sama dan
memiliki diameter lubang as yang sama.
Jenis bearing yang dipakai kurang bagus
Bearing atau laher roda mempunyai berbagai macam tipenya
ada yang memakai pelindung plastik, pelindung besi dan ada yang tidak memakai
sama sekali. Untuk bearing yang paling mahal biasanya mempunyai pelindung besi
kemudian disusul oleh bearing dengan pelindung plastik, sementara untuk bearing
yang tidak memakai pelindung sama sekali dijual dengan harga lebih murah.
Untuk keawetan bearing roda usahakan yang memakai
pelindung samping entah pelindung plastik atau pelindung besi. Karena bisa
menangkal benda – benda asing masuk kedalam sela - sela bola baja dan
menyebabkan bearing roda cepat rusak.
Medan jalan yang terjal
Keadaan jalan yang terjal dan berbatu ya hampir mirip
dengan lagunya bang Iwan Fals he.... he... Medan jalan yang rusak sering kali
menyebabkan banyaknya kerusakan komponen pada sepeda motor, mulai dari shock
beker, bearing roda, komstir dan lain lain.
Ciri – Ciri Bearing Roda Rusak
Ban goyang atau oblak
Saat bearing roda rusak maka putaran roda akan oleng
atau goyang, sehingga laju sepeda motor akan susah dikendalikan.
Bearing berbunyi dan putaran bearing kasar
Bearing roda yang mau rusak biasanya ditandai dengan
putaran bering yang kasar dan adanya bunyi krek – krek saat bering diputar.
Bearing ambrol
Nah ini cara yang paling gampang untuk melihat apakah
bearing roda rusak, yaitu dengan melihat secara langsung keadaan bearing roda.
Tapi cara ini harus dilakukan dengan cara melepas roda dan sil debu / sil tutup
bearing.
Adanya Bekas Karat
Bekas karat yang dimaksud adalah bekas air karat yang
biasanya terdapat pada sisi luar dari sil debu bearing. Bekas karat tersebut
menandakan bearing telah oblak dan paling seremnya ambrol...
Harga Bearing Motor
Pada umumnya harga bearing tiap bengkel mempunyai harga
yang berbeda, hal ini tergantung kode bearing dan merk bearing tersebut. Selisihnya
harga bearing biasanya hanya berkisar 5 ribu rupiah ini untuk bearing roda. Tapi
untuk bearing mesin jika dibandingkan dengan harga bearing roda akan mempunyai
selisih sangat banyak, bisa dua kali lipat.
Harga Bearing Roda
Merk Bearing Harga
Honda Rp
25.000,
Yamaha Rp
25.000,
SKF Rp
25.000,
Federal Rp
20.000,
NTN Rp
20.000,
ASB Rp
15.000,
Tokaido Rp
15.000,
Untuk lebih jelasnya besok – besok kalau masih sempet
dan ngga lupa bakalan gua tambah videonya bro, tapi jangan lupa subscribe ngapa
! he... akhir kata see you next time and keep riding no arogan.
Komentar
Posting Komentar