Sejeworks – Motor brebet diputaran bawah dan putaran
atas sering kali dirasakan pada sepeda motor yang telah berumur atau telah
mengalami modifikasi pada bagian mesin dan sistem pengkabutan bahan bakar. Sebenarnya
penyebabnya ada banyak sekali, tapi kali ini kita akan ambil garis besarnya
saja khusus untuk honda beat injeksi. Dari generasi Honda Beat FI, Beat POP,
Beat ESP, Scoopy dan Vario 110 FI, sebenarnya memiliki basic yang hampir sama
mulai dari sistem keliistrikan, sampai bagian mesin.
Sehingga jika mengalami kendala alias masalah biasanya
ngga beda jauh, salah satunya adalah masalah motor brebet diputaran bawah dan
atas. Padahal kita sudah buka grip gas secara penuh tapi motor terasa nahan dan
ngga mau lari, selain itu motor suka mogok dan susah stasioner atau langsam.
Penyebab Honda Beat FI Brebet
Ngomongin brebet pada motor injeksi ngga bakalan ada
habisnya, dan sumber penyebabnya pun bermacam – macam harus dicek satu persatu.
Dari kerusakan pada sensor - sensor injeksi, pemakain busi, filter udara,
tegangan puncak koil dan tekanan bahan bakar yang disemprotkan oleh fuel pump. Itu
hanya sedikit kemungkinan yang bisa saja terjadi pada motor Beat FI dan temen –
temennya.
Busi Perhatikan Kode Panasnya
Untuk mengantisipasinya seharusnya sepeda motor
melakukan service secara berkala, agar kemungkinan tersebut bisa diminimalisir.
Dimulai dari hal kecil seperti penggantian busi yang sesuai heat range (kode
panas), filter udara memakai model Viscous dan bahan bakar yang tidak bertimbal
dan tidak bercampur air. Itu semua adalah hal yang sepele tapi sangat penting
untuk performa kendaraan.
Untuk lebih jelasnya ini link kode busi honda..
Sensor System Injeksi Rusak
Motor injeksi mempunyai beberapa sensor yang memberi
input ke ECM / ECU selaku komputer atau otak dari sepeda motor, sensor tersebut
berisi sensor TPS (Bukaan throtle), Sensor Suhu, Sensor Injeksi, Sensor CKP, Sensor
O2 dan masih banyak lagi. Jika ada kerusakan pada sensor tersebut maka secara
otomatis ECM / ECU akan memberi tahu pengendara lewat lampu indikator yang
berkedip pada speedometer.
Ini bro link cara reset manual motor injeksi...
Koil Pengapian dan ACCU
Koil adalah komponen yang berfungsi sebagai pembesar
tegangan listrik dari ECU, koil yang lemah akan membuat tegangan yang dikeluarkan
oleh koil menjadi berkurang dan tidak stabil. Sehingga sepeda motor mengalami
brebet, sedangkan accu adalah sumber tenaga bagi motor injeksi yang menganut
pengapian full transistor.
Pompa Bahan Bakar
Pompa bahan bakar yang telah melemah akan mepunyai
tekanan yang tidak sesuai pabrikan yaitu 316 kpa, akibatnya supply bahan bakar
menjadi tidak stabil, sehingga motor akan brebet pada putaran bawah, menengah
dan atas. Ciri lainnya sepeda motor akan sering mogok dan susah langsam /
stasioner, tapi jika fuel pump sudah benar – benar rusak. Bisa ditandai dengan
tidak adanya getaran dan suara denging dari fuel pump saat sepeda motor dalam
posisi kontak ON.
Untuk lebih jelasnya ini videonya bro, honda beat fi
brebet tapi jangn lupa subscribe dulu...
Akhir kata, see you next time and safety first, keep
riding noarogan salam satu aspal... wor.. wor..
Motor beat q sering berebet mohon infox
BalasHapusKemarin saat saya pupang kampung ke daerah bogor . pas berangkat lumayan macet"an . sehingga pada saat jarak 28kilo dari rumah motor saya mati di saat lampu merah . saya hidupkan lagi ,kembali hidup . dan setelah saya hidupkan baru berjalan dari lampu merah 50meter motor saya mati lgi . saya setarter lagi . dan seterus nya . mati hidup . singkat cerita saya balik ke jakarta . dengan rute yg sama . saya tidak ada kendala mati " . ini kenapa yah mohon pencerahan nya . bagi yg paham.
BalasHapusItu biasanya ada kabel yg kejepit atau putus nyambung..jadi kadang konek kadang tidak.coba juga cek tekanan pull pump nya juga
BalasHapusMotor saya kalo panas lebih dari 20km, di gas nya brebet gt kaya mau habis bensin itu kenapa yah, terus motor panas nya over bngt gt.
BalasHapusMotor beat esp mas kalaw di gas terasa nyendat , sudah di mode , reset tp, setelah itu bagus. Jarak beberapa minggu kembali lagi,,, setelah itu saya ganti ecm, trotol body,,, terus bagus mas. Jarak sebulan lebih kembali lgi yendat ny,, solisi ny g mn mas,,,, ?
BalasHapusSensor nya sudah diganti blm bos, klo blm wajib ganti dikarenakan sudah rusak alias ngacak bacanya, dirisert pun selang bberapa hari balik lagi boss👌👍
Hapuskalo motor honda beat brebet ngaruh ke busi atau minta bantuan jawaban nya dong , saya test pass gas full motor kluar asep hitam apa ngaruh ke busi atau gak bang minta bantuan nya dong abang🙏
BalasHapusMotor honda beat saya berebet setelah mesin panas,,itu knp ya,,motor kaya kesendat gak mau lari,
BalasHapusMotor saya berebet sudah di servic ke ahss 3mingu brebet lagi.servic lagi berebet lagi.kalau di gas.kadang2 bagus gitu lagi.pdahal komponen semua udah di cek normal semua di komputer nyah.itu apanya ya
BalasHapusBang motor saya beret apakah kiprok nya harus di ganti bng?
BalasHapusMas motor saya beat esp 2015,kalau di gass mentok brebet mas di ajak nyalip juga ngeden,ane udh ganti busi,sama filter udara,malahan di suruh ganti ecm/ecu??
BalasHapusMotor beat esp 2015 kalo di hidupkan idle nya bagus, tapi kalo di gas pertama dia nyendat nyendat, di kecepatan 60 an juga terasa nyendat, udah ganti filter udara,busi, masih nyendat, kalo itu dari sensor, kok indikator injeksi nya gx nyala,
BalasHapusKira kira apa ya bos?
Kalo ada sensor yang bermasalah kan harusnya indikator nya hidup,
Tapi ini engga,,?