Sejeworks – Akhirnya bisa posting juga setelah satu
minggu ngga nengokin blog paling keren ini versi emak gua he.... kali ini yang mau dikepoin masalah oli mesin
yang keluar dari filter udara. Horor kan bro... masa iya oli mesin yang ada
didalam mesin bisa merambat sampai ke filter udara padahal ngga ada angin,
hujan ataupun badai he....
Bagi yang pernah mengalami filter udara sepeda motornya
keluar oli mesin,pasti akan panik, bingung atau bahkan pingin nangis ha....
ha... Please deh jangan lebay bo, biasa saja keles. Et.... dahhh nggomong apa
gua, ok balik lagi ke masalah oli mesin yang keluar lewat filter udara yang
akan kita kupas setajam silet baru beli. Mulai dari apa penyebab oli mesin naik
ke filter udara? dan cara mengatasi oli mesin yang keluarr dari filter udara?
Penyebab Oli Mesin Naik ke Filter Udara
Hampir setiap sepeda motor dari berbagai merk dan jenis
mengalami hal seperti ini, ngga tebang pilih mau yang motor mahal, motor bekas,
motor bodong, motor kecil dan moge. Jadi ngga usah merasa sendirian bro, karena
masih banyak yang menemanimu he.... ngelindur gua. Dari pada gua ngomong tambah
ngga jelas mending langsung saja check it dot...
Motor Terjatuh
Maksudnya posisi motor tidur atau guling alias nungseb
bin ambruk dalam waktu yang cukup lama, mengenai penyebabnya mau nabrak,
kepleset atau sengaja disenggol supaya jatuh sama saja. Nah akibatnya ini yang
membuat oli mesin keluar dari crank case dan keluar ke filter udara lewat
lubang pernafasan mesin. Lho mesin ada lubang pernafasannya ? iaya setiap mesin
sepeda motor mempunyai lubang pernafasan, fungsinya untuk mendinginkan suhu
mesin agar tidak cepat overheating.
Lubang pernafasan pada mesin sepeda motor biasanya akan
masuk ke filter udara, tujuannya agar udara panas dari mesin bercampur dengan
uadar segar. Kembali lagi ke problemnya bro, jika sepeda motor jatuh kemudian
oli mesin keluar dari filter udara sebanarnya bukan masalah yang besar jadi
ngga usah panik bro... slow bae lah. Tapi lain cerita jika oli rembes dari blok
mesin karena sepeda motor jatuh, nah ini harus panik karena biasanya ada yang
retak dibagian blok mesin.
Takaran Oli Mesin Yang Berlebih
Penyebab yang kedua adalah volume / takaran oli mesin
yang berlebih, lho kok bisa jelas bisa bro. Ya iyalah faktor utamanya karena
human eror, karena salah mengisi memberi takaran oli mesin misalnya motor bebek
volume seharusnya 0,8 liter diberi 1 liter. Kesalahan yang kedua lupa tidak
membuang oli mesin lama yang ada didalam mesin dan langsung menuangnya dengan
oli mesin baru.
Memakai Oli Mesin Palsu
Oli mesin palsu tidak jelas ukuran viscositasnya /
kekentalannya, karena sebenarnya oli palsu adalah oli bekas yang ngga tahu dari
berapa banyak merk oli terkumpul kemudian di tambah bahan kimia. Dan hasilnya
oli mesin tidak akan berwarna gelap lagi tapi akan berwarna terang menyerupai
oli mesin baru.
Kenapa oli mesin palsu menyebabkan oli mesin keluar dari
filter udara ? karena biasanya oli palsu terlalu encer, akibatnya oli tersebut
akan dengan mudah melompat keluar melalui lubang pernafasan mesin.
Ring Piston yang Mulai Aus
Apa iya ring piston yang aus menjadi penyebabnya ? pada
sepeda motor 4 tak hanya mempunyai 1 langkah kompresi yang terjadi diruang
bakar pada setiap siklus kerja. Sedangkan motor 2 tak mempunyai 2 langkah
kompresi yaitu kompresi primer yang terjadi diruang bakar dan kompresi sekunder
yang terjadi diruang karter / blok mesin.
Kembali lagi ke motor 4 tak, ring piston yang aus akan
menimbulkan bocornya tekanan kompresi yang masuk keruang karter dan menimbulkan
tekanan ke oli mesin. Sehingga oli mesin akan melompat keluar melalui selang
pernafasan mesin, tapi hal ini jarang terjadi karena ring piston yang aus akan
lebih dulu membakar oli mesin diruang bakar. Dan menyebabkan volume oli mesin
cepat berkurang, tapi jika takarannya masih banyak hal ini kemungkinan akan
terjadi.
Tutup Klep Bocor
Untuk hal ini sering kali terjadi pada motor matic mulai
dari Honda dan Yamaha, yang mempunyai model tutup klep kotak dan terdapat jalur
pernafasan mesin. Contohnya ada pada gambar yang paling atas, penyebabnya
karena adanya celah antara blok tutup klep dengan besi pembatas oli mesin.
Kenapa bisa ada celah ? sebab paking / gasket sobek atau baud kurang kenceng,
untuk lebih jelasnya ini gambarnya bro..
Cara mengatasi oli mesin yang keluar dari filter udara
Untuk mengatasi oli mesin yang keluar melalui filter
udara harus memprediksi dulu faktor penyebabnya, untuk lebih jelasnya cek it
dot...
Pakai Oli Mesin Sesuai Standart Pabrikan
Yang dimaksud disini ukuran volume oli mesin, viscositas
oli harus sangat diperhatikan karena setiap model mesin dari tahun ke tahun
akan mengalami perbedaan. Untuk lebih jelasnya ini linknya bro....
Perhatikan Kondisi Mesin
Jika mesin motor mengalami kerusakan entah motor ngebul
atau ada suara kasar / asing, sebaiknya cepat – cepat lakukan perbaikan. Karena
jika dibiarkan akan menimbulkan masalah yang merembet ke masalah lain.
Perbaiki Tutup Klep yang Rusak
Seperti pada penjelasan diatas, adanya celah antara
tutup klep dengan besi pembatas oli mesin dan udara akan menyebabkan oli mesin
keluar melalui celah tersebut. Cara memperbaikinya dengan mengganti gasket /
paking, tapi biasanya akan sangat susah mencarinya dipasaran maka alternatifnya
dengan memakai lem tree bond atau siler agar kedua part tersebut rapat kembali.
wow mantap bro memang jitu lho..so good luch
BalasHapusQ
BalasHapusKalo ninja 4 tak karbu,jarang di pake ada sebulan begitu juga bro,solusinya donk
BalasHapustankyou bro ilmunya
BalasHapusuntuk yang abis jatuh, perbaiknya bagian mana gan.
BalasHapusmotor beat fi
punya gua miring sdikit aja keluar bahkan standar satu aja kelur oli nya. Ini knapa brooo
BalasHapusklo bisa di akal2in, tp mending cek biar jln kaki ke bengkel gpp yg penting safe...
BalasHapusBengkel ente dimana bang.?
BalasHapus