Sejeworks – Ngomongin motor tu ngga ada habisnya bro,
bener ngga dari yang minta jajan ini lah itu lah dan ono lah pokoknya sudah
kaya bocah he... ngga diturutin emalah kita yang repot sendiri. Dari mogok
dijalan dan masih banyak problem lagi, tapi tenang bro selama gua lagi kepingin
nulis maka akan gua bisikin sedikit bocoran - bocoran.
Postingan kali ini dikhusukan buat honda vario 125 dan
vario 150 tapi untuk honda beat, scoopy yang sudah pakai teknologi esp juga
nongkrong juga disini. Apa saja sih yang mau di bahas ? dari Apa itu Esp dan
fitur – fiturnya ? apa itu ACG
(Alternating Current Generator), penyebab honda beat dan scoopy esp,
vario 125 dan 150 ngga bisa distarter ? ok, untuk lebih jelasnya langsung saja
check it dot !!.
Apa itu Teknologi ESP
Esp yaitu teknologi pada sepeda motor matic pabrikan
Honda secara global, yang diaplikasikan ke rangkaian mesin matic generasi
terbaru. Tujuan dari penerapan teknologi ini oleh pabrikan Honda untuk menambah
efisiensi pembakaran dan mengurangi energi yang terbuang, maka akan
menghasilkan efisiensi bahan bakar dan performa sepeda motor semakin meningkat.
Didalam teknologi Esp terdapat banyak komponen –
komponen diantaranya :
ACG Starter
Sebuah teknologi yang berfungsi untuk mengurangi gesekan
pada awal menghidupkan sepeda motor dengan elektrik starter, akibatnya saat
sepeda motor dihidupkan memakai elektrik starter tidak akan terdengar suara
kasar karena gesekan antar komponen terkait.
Fuel Injector
Sepeda motor matic Honda memiliki semprotan bahan bakar
yang halus karena diameternya sangat kecil dibandingkan merk lainnnya yaitu 0,152
mm x 4. Hal ini menjadikan pemakaian bahan bakar yang irit dan lebih efisien.
Baca juga artikel
terkait...
Offset Cylinder dan Spinny Sleeve
Offset cylinder berfungsi untuk mengurangi gesekan
antara piston dengan silinder pada ruang bakar, sehingga menambah usia pakai
dari komponen terkait. Sedangkan spiny sleeves adalah lapisan kulit jeruk dengan
tekstur berduri pada dinding silinder yang mengurangi suhu panas menjadi lebih
cepat dan kerugian akibat gesekan komponen terkait.
Rocker Arm Type Roller
Pemakaian rocker arm dengan memakai bantalan bearing
sebagai poros penghubung, sehingga meminimalisir gesekan antara noken as dan
rocker arm pada bagian head silinder.
Compact Combustion Chamber
Yaitu penyempurnaan pada ruang bakar dengan
menghilangkan hambatan pada saluran bahan bakar.
Light Weight Piston & Crankshaft
Piston dibuat dengan bahan yang lebih kuat dan lebih
ringan dari komponen terdahulu, selain itu kruk as dibuat lebih kuat dan
mengurangi getaran pada mesin dengan memakai ukuran bearing yang lebih besar.
Breater Passage
Di dalam lubang silinder selain terdapat lubang air
radiator juga terdapat lubang pendinginan pada mesin.
Nah bro diatas adalah komponen – komponen yang terdapat
pada sepeda motor matic tipe Esp, dan untuk kali ini kita akan menitik beratkan
pada ACG Starter. Karena apa ? sebab komponen ini masih cukup asing dan sering
kali menimbulkan pertanyaan, oleh karena iu kita jawab satu – satu.
Pengertian ACG Starter
ACG Starter yaitu sistem elektrik starter yang
mengunakan spul atau alternator sebagai pemicunya. Caranya dengan mengalirkan
arus listrik ke spul / alternator, kemudian alternator tersebut akan mempunyai gaya magnet. Sehingga antara
magnet sepeda motor dan alternator akan saling tolak menolak dan menimbulkan
gerak berlawanan. Nah gerak berlawanan ini lah yang akan menjadi pemicu piston
bergerak dari Titik Mati Bawah menuju Titik Mati Atas dan disaat bersamaan busi
memercikan api sehingga sepeda motor bisa dihidupkan.
Teknologi ini akibatnya menggeser dinamo starter dan
pinion starter, sehingga pada sepeda motor jenis ini tidak memakai dinamo
starter. Selain itu suara yang ditimbulkan saat menyalakan dengan elektrik
starter akan sangat halus tidak kasar seperti memakai dinamo starter.
Kelemahan dan Kelebihan ACG Starter
Setiap teknologi pasti terdapat plus minusnya tak
terkecuali eSP, untuk lebih jelasnya check it dot bro...
Kelebihan
Teknologi terbaru pada sistem elektrik starter.
Komponen yang simpel sehingga mengurangi berat sepeda
motor.
Suara yang sangat halus jika dibandingkan dengan motor
dengan dinamo sebagai pemicu elektrik starter.
Kekurangan ACG Starter
Konsumsi arus listrik yang besar saat pemakaian elektrik
starter, sehingga membutuhkan accu dengan kuat arus yang tinggi.
Penyebab Honda Beat ESP, Vario 125 dan Vario 150 Susah Starter
Pada sepeda motor matic Honda Vario 125, 150 dan Beat eSP, Scoopy eSP memunyai sistem elektrik yang hampir sama yaitu ACG starter. Dan
komponen elektrik starter yang terdapat pada motor – motor jenis ini pun sama
yaitu Accu, alternator, sekring, relay utama, relay pengisian, swith rem kanan
dan kiri, kable body, tombol saklar, ECM dan swith standar samping.
Dari kompone – kompone diatas jika salah satu rusak atau
mengalami keausan maka sistem elektrik starter akan bermasalah untuk lebih
jelasnya langsung simak saja bro...
Accu atau Aki
Sebenarnya ini hal yang sangat umum untuk sistem
kelistrikan sepeda motor, karena sistem elektrik starter termasuk dalam sistem
beban yang sangat mengandalkan accu sebagai sumber tenaga. Untuk accu yang
bagus tegangan saat posisi kunci kontak off adalah 12,40 volt dan pada saat
posisi elektrik starter ditekan maka tegangan akan turun yaitu 11,00 volt
minimal. Jika kurang dari tegangan tersebut maka bisa dipastikan accu minta
ganti baru.
Sekring dan Rumah Sekring
Dua kompone ini sering kali disepelekan tapi ternyata
sangat vital bagi sistem elektrik starter, dimulai dari kondisi sekring / fuse
yang putus dan berjamur atau karatan. Kemudian
kondisi rumah sekring yang berkarat dan terbakar atau dudukan sekring yang
rusak mempengaruhi sistem kelistrikan sepeda motor.
Rellay Pengisian dan Rellay Utama
Sebenarnya kedua relay ini cara kerjanya hampir sama
dengan dengan relay yang terdapat pada sistem elektrik starter pada motor yang
memakai dinamo starter sebagai pemicunya. Hanya saja untuk ACG starter bentuk relay
dan fungsinya lebih komplek bukan lagi hanya ngurusin elektik starter, tapi
kedua relay tersebut juga berperan hampir keseluruh sistem kelistrikan pada
sepeda motor mulai dari penerangan, pengisian dan sistem beban.
Jika salah satu relay tersebut rusak maka secara
otomatis sistem elaktrik starter pada motor Honda Vario 125, 150 dan Beat eSP,
Scoopy eSP tidak akan berfungsi dengan baik.
Swith Rem Depan & Belakang
Sebenarnya selain Swith Rem Depan & Belakang ada
juga yang menyebutnya swith rem kanan dan kiri tapi terserah lah bro, yang
penting satu tujuan he.. kedua swith rem ini jika salah satu atau keduanya
rusak maka motor Honda Vario 125, 150 dan Beat eSP, Scoopy eSP tidak bisa
dihidupkan.
Swith Starter
Nah ini merupakan saklar utama untuk mengalirkan arus
listrik ke alternator sehingga menjadi gerak gerak balik yang menimbulkan
sepeda motor hidup. Kerusakan pada saklar ini bisanya karena karat atau jamur
dan kompenan tersebut memang benar – benar rusak.
Alternator
Spul atau alternator sebenarnya sudah sering kali kita omongin,
tapi kali ini ada letak perbedaannya terdapat pada fungsi dari spul motor Honda
Vario 125, 150 dan Beat eSP, Scoopy eSP itu sendiri. Karena kompone tersebut
berfungsi sebagaimana pada spul sepeda motor pada umumnya juga ditambah lagi
sebagai pemicu gerak elektrk starter. Jika spul tesebut mulai lemah maka starter
elektrik akan ngadat atau susah, kemudian akan disusul dengan sistem pengisian
yang terganggu karena kurangnya suplay arus listrik dari spul tersebut. Solusi terbaiknya
adalah dengan mengganti alternator / spul motor Honda Vario 125, 150 dan Beat eSP, Scoopy eSP.
Ok bro sekian dulu ya, kalau postingan ini berguna bagikan
ke komunitas lo bro. Akhir kata safety firts & keep riding no arogan salam
satu aspal...
Motor sya vario esp 150, keluaran 2017, setelah setahun ini, klo starter, pencet rem kanan, klo rem kiri ga bisa starter, dulu mah bisa, masalahnya apa ya gan?
BalasHapusPengalaman saya itu mungkin antara switch y korosi atau ada kabel yg terputus di gigit tikus...hehehe cuma saran
HapusMinta penjelasannya bang..kondisi aki masih normal pada saat di tekan tombol starter lampu sedikit agak redup..tapi engine nggak mau nyala
BalasHapusItu sih akinya ud nge drop
HapusMotor saya scoopi 2016 akhir
BalasHapusKalo panas tidak bisa di stater kira kira apanya ya mas .. kalo motornya dingin bisa distater
Sama punya saya vario 110 2017 jg ga bisa stater kalo panas, pas dingin lancar, butuh pencerahan suhu
HapusIndikasi fuel pump kw, overheat fuelpump karena bensin tinggal sedikit
HapusMotor saya vario keluaran 2019 yg remot... Gak bsa di pencer stater.. Di remot bisa.. Knpa yaa
BalasHapusAssalamualaikum.bang mau tanya harga ACG Kaki 4 Sampek brp Zha???
BalasHapusBos vario 2017 tiba tiba di mau starter tangn ap maslhnya ?? Kik bisa
BalasHapusBang vario 125 saya gak bisa di starter dan semburan bensin dari injector nya sangat kenceng jadi menimbul kan banjir , kira" permasalahan nya apa ya mohon bantuan nya bang
BalasHapusNyesel saya beli vario .ribet
BalasHapusReset bro
Hapusmas sya punya vario 125 tahun 2014....sya mau tnya, knp ya klo sya habis nyalakan kontak trus sya pencet tombol stater nya kadang ga respon ya? smpe sya ganti aki baru sya kira karna sudh soak...tp stlah di ganti pun aki nya kadang di starter jg tetep ga lgsg nyala....harus sya matikan kontak dan hidupkan lg baru nyala starter nya tp yg lebih parah lg skrg² malah makin parah, sya on off kontak nya harus smpe 2x - 3x baru lah mau di starter....mohon pencerahan nya? trmksih
BalasHapusKalau baru turun mesin susah distater dan engkol berat karna pemasangan pelatuk klep in dan ex terbalik
HapusBang ini acg saya vario 150 masih bagus tapi stater electric nya ga idup, kadang kadang ada nendang dikit stater nya. Mohon info suhu
BalasHapusMaaf kang motor beat esp saya,,, di stater nya,,, magnet nya cuma gerak dikit doang,,, apa nya ya yang rusak,, klakson sama lampu sen normal
BalasHapusBang punya saya ..... Staternya kadang mau kadang enggak itu masalahnya apa ya ....
BalasHapusBro, mau tnyak ni
BalasHapusMotor saya bru aja kcelakaan
Motor d stater gk mau nyala
Tp dia bunyi cetek2 gt d rela ny saat tombol stater d tekan
Kira2 msalah ny ap y bro
Motor sya vario 125 new 2019
Mohon pencerahan nya
sya punya vario 125 led dobel stater nendang cuma sedikit kayak strom aki lemah mohon pencerahannya hu...
BalasHapusmaaf hu tolong pencerahannya saya punya pasien vario 125 led dobl staternya g bisa nendang seperti kurang strom aki padahal aki baru di coba aki lain juga sama tolong pencerahannya,terimakasih semoga sehat selalau
BalasHapusSaya punya kasus Vario esp itu di starternya malah berbalik,,,, balik mundur arah jarum jam,,,, itu pe yebabnya di apa ya,,,, ECU bagus, spul bagus kadang aki suka droff
BalasHapus