Sejeworks – Bagi para pemakai Satria FU 150 yang telah
memiliki cukup umur akan sering kali memperoleh beberapa problem di area mesin,
hal ini bisanya di tandai dengan adanya noise atau suara abnormal alias bunyi
kasar entah itu dibagian head silinder, cilinder comp, bak koplling ataupun
mesin tengah. Jika hal ini dibiarkan secara berlarut – larut maka akibatnya
sangat fatal dan ujung – ujungnya kantong celana lo bakalan kempes, jika ada
kerusakan disekitar mesin biasanya akan merembet ke komponen lain.
Maka dari itu bro baca sampai kelar ya tulisan yang ngga
banget ini he...., tapi sebelumnya gua kasih bisikan apa sih isinya ? mulai
dari cara cari top kompresi suzuki satria fu 150 ?, gambar top kompresi suzuki
satria fu 150 ?, cara pasang noken as satria fu yang benar ? cara pasang keteng
satria fu ? ok langsung saja bro cek it dot ....
Cara Cari Top Kompresi Suzuki Satria FU 150
Langkah pertama adalah pastikan dulu motornya Suzuki
Satria FU 150 bukan yang lain, setelah itu sediakan juga alat – alatnya diantaranya
Fuller, kunci L6, kunci ring atau shock 10mm, obeng min dan kunci ring dan T17
mm.
Lepas tutup klep atau head silinder cover dengan menggunakan
kunci L6, tapi sebelumnya lepas busi dan selang saluran SAS atau PAIR.
Setelah tutup klep terlepas, lepas juga lubang intip
tanda T magnet dan mur untuk memutar magnet. Selanjutnya putar magnet
menggunkan T17 kearah kiri dan pastikan pada posisi tanda “ T ” terlihat pada
lubang intip, jika tanda “ T ” terlewati jangan putar balik ke kanan tapi
ulangi saja langkah mencari tanda “ T ”. Karena Suzuki Satria FU 150 menggunkan
ADS (automatic decompresion system), jika diputar kearah kanan maka ADS nya
akan bekerja.
Untuk memastikan bahwa itu adalah posisi Top Kompresi
bukan Top Buang, maka gunakan Fuller Guage untuk mengukur jarak renggang klep
in dan ex. Ukuran celah klep Suzuki Satria FU adalah 0,15 in dan 0,15 ex, jika
salah satu klep in atau ex dalam posisi tertekan maka tidak akan mempunyai
jarak renggang. Berarti sepeda motor bukan dalam posisi Top Kompresi tapi Top
Buang, dan putarmagnet satu putaran lagi.
Perhatikan juga posisi angka 2 untuk sentrik noken as ex
dan angka 3 untuk sentrik noken as in, disamping angka tersebut terdapat tanda
arah panah yang harus tegak lurus menghadap ke atas dan jangan sampai salah
satu bergeser karena fatal akibatnya.
Langkah selanjutnya hitung juga jumlah mata keteng
antara sentri ex (nomor 2) dan sentrik ex (nomor 3), harus berjumlah 8 buah
jika jarak tersebut berjumlah 7 mata rantai maka kemungkinan besar posisi Top
tidak benar.
Untuk lebih jelasnya ini, gambar Top Kompresi Suzuki
Satria FU 150
Ok bro jelas belum, masih mau nambah lagi ? siap gua
pretelin satu – satu tapi ini masih ngomongin komponen head silinder ya bro...
Cara Pasang Noken As dan Cara Pasang keteng Satria FU Yang Benar
Untuk memasang nokn as, ganti shim klep dan keteng Suzuki
Satria FU 150 sebenarnya langkah beti alias beda tipis hanya saja butuh
improvisasi sedikit saja atau pakai insting yang tajam.
Untuk mengganti keteng harus melepas bak magnet, magnet
dan liter tensioner, melepas bak magnet cukup memakai kunci T8, sementara untuk
melepas magnet harus melepas mur 17 dan menarik magnet tersebut dengan traker
magnet. Untuk lebih jelas ukuran traker magnet yang dipakai ini linknya bro..
Selanjutnya bisa melepas lifter atau cukup dengan
memutarnya agar posisi lifter tidak dalam keadaan menonjok. Sedangkan untuk melepas
nokon as cukup memakai kunci ring 10 untuk mencopot 10 baud yang menempel.
Sedangkan saat memasang noken as, tak perlu khawatir
akan terbalik karena noken as in dan ex mempunyai perbedaan yang mencolok yaitu
adanya ADS pada noken as ex. Untu lebih jelasnya lihat gambar ya bro... next kalau sempet gua tambahin videonya..
Akhir kata udahan dulu mata gua dah ngantuk dan bengkel
ramai bingit, so safety firts & keep riding no arogan, salam satu apal...
wor... wor...
Komentar
Posting Komentar