Sejeworks – Long time’s no see bro ? akhirnya bisa
nongol lagi di blog yang biasa aja tapi sangat spesial for you, because you
always read my article, ya .. kan jujur aja he.... he... Sory ya bro kalau
pembukanya ngga banget, ok langsung saja kali ini kita mau ngomongin stang
seher atau batang torak / batang piston alias Connecting rod dan masih banyak
lagi sebutannya. Yang mau kita bahas apa sih fungsi stang seher ?, apa gejala
kerusakannya ?, apa efek kerusakannya ? dan bagaimana cara memperbaikinya ?
Pengertian Stang Seher
Stang seher alias connecting rod adalah komponen atau
part yang berfungsi untuk menghubungkan piston dengan poros engkol (kruk as).
Stang seher bekerja dengan gerakan naik
turun yang diakibatkan karena dorongan dari piston dan diteruskan ke kruk as. Karena
dorongan dari piston dengan tekanan yang berubah – ubah, maksudnya saat piston
bergerak ke Titik Mati Atas (TMA) seher akan bekerja lebih berat mendapat tekanan
dari piston. Sebaliknya saat piston bergerak ke Titik Mati Bawah (TMB), stang
seher akan berkerja lebih ringan.
Contoh sederhana saat mesin sepeda motor berada pada putaran
6.000 rpm, maka steng seher akan menerima beban 2.440 gram saat bergerak menuju
TMA tapi saat menuju TMB stang seher akan menerima beban 1.300 gram. Karena kerja
yang sangat berat maka connecting rod atau stang seher perlu dibuat dengan
bahan baja campuran yang berkualitas tinggi dan tak mudah bengkok atau
terpelintir.
Penyebab Stang Seher Oblak atau Rusak
Penggantian Oli Mesin
Oli mesin alias minyak pelumas mesin adalah hal yang
sangat penting bagi performa mesin sepeda motor. Maka sangat diwajibkan untuk
mengganti oli mesin secara teratur, setiap 2.000 km atau 2 bulan (patokannya
dari batasan tersebut mana yang tercapai terlebih dulu). Jika melebihi dari
batasan diatas biasanya volume / kapasitas oli mesin akan berkurang dan yang
paling berbahaya adalah oli mesin tersebut habis, hal ini sering kali terjadi
pada sepeda motor tipe matik dan sepeda motor yang memakai oli palsu.
Motor Ngebul Putih
Untuk sepeda motor 4 tak yang knalpotnya mengeluarkan
asap putih dengan bau sangit, hal ini kemungkinan besar piston atau seher
mengalami keausan / rusak atau berasal dari sil tutup klep yang mngelami
kerusakan. Jika hal tersebut dibiarkan dalam waktu lama maka akan merembet ke
stang seher, maka jika sepeda motor ngebul (mengeluarkan asap putih) harus
cepat – cepat memperbaikinya.
Menerobos Banjir
Saat musim hujan banyak sekali para biker yang nekat dan
menganggap gampang banjir yang tingginya dibawah lutut, et .... jangan salah
hal nekat tersebut akan membuat babak belur kantong lo bro. Kok bisa ya bisa
lah, dari water hammmer atau pukulan air yang sering kali membuat bengkok stang
seher. Water hammer seringkali terjadi pada sepeda motor dengan perbandingan
kompresi yang tinggi, hal ini terjadi pada saat biker menerobos banjir dan
dengan posisi grip gas setengah full atau kecepatan 60 km/jam kemudian hanya
sepersekian detik menurunkan posisi grip gas atau kecepatan dan menariknya rip
gas lagi. Nah pada saat posisi gas turun tersebut akan berbunyi besi yang yang
diadau dan sepeda motor akan mati total karena posisi stang seher yang bengkok.
Sebaiknya saat menerjang banjir jangan sekali – kali menurunkan kecepatan atau
posisi grip gas karena hal ini akan memungkinkan terjadinya water hammer.
Oli Mesin Yang Tercampur dengan Zat Asing
Disini kita ambil contoh air saja karena kalau
mencontohkan zat lain akan ngajarin yang ngga bener he.... inget dosa ya bro...
Air yang dimasksud bisa air karena banjir atau air hujan yang masuk kedalam
mesin melalui saluran pernafasan mesin, apa setiap mesin sepeda motor mempunyai
saluran pernafasan ? jelas iya. Dan biasanya saluran pernafasan mesin akan
masuk kedalam filter udara, jadi kalau sepeda motor yang lo miliki mempunyai
filter udara dengan jarak ketanah yang tidak terlalu jauh harus berhati – hati bro.
Usia Pakai
Nah kalau hal ini tidak bisa diprediksi secara matang
bro, jika lo rutin ganti oli mesin dan tidak pernah menerjang banjir atau
olimesin tidak tercampur dengan zat asing maka bisa dipastikan penyebab stang
seher rusak karena usia pakai part / komponen tersebut.
Modifikasi Mesin
Bagi para pengila kecepatan sering kali memodifikasi
mesin adalah hal wajib, tapi sayangnya part atau komponen yang dipakai adalah
part bawaan pabrikan sepeda motor bukan part spesial yang diperuntukan untuk
kompetisi. Padahal setiap pabrikan membatasi kecepatan pada tiap komponen
bawaan motor tersebut.
Efek Stang Seher Rusak
Stang Seher Oblak atau Aus
Untuk stang seher yang oblak atau aus biasanya akan
menimbulkan suara mesin manjadi kasar atau bunyi tek, tek, tek pada bagian
tengah mesin sepeda motor tersebut.
Tenaga mesin menjadi berkurang atau ngempos saat dipakai.
Jika stang seher oblak dan dibiarkan secara terus
menerus maka akan merembet ke komponen lain yang terkait.
Efek Stang Seher Bengkok
Kalau stang seher bengkok maka piston akan mengunci
biasa dikenal ceket dan sepeda motor akan mati total.
Cara Memperbaiki Stang Seher yang Rusak
Cara satu satunya adalah menggantinya dengan part yang
baru dan tidak ada cara lain, tapi saat melakukan penggantian ada dua pilihan
mau mengganti sacara pretelan atau sacara assy. Jika mengganti sacara peretelan
kelebihannya harga lebih murah karena komponen tersebut dirakit dibengkel bubut
tanpa mengganti bandul Kruk as, tapi kekurangannya terkadang tidak balance dan
paling apesnya tidak bertahan lama.
Jika mengganti secara assy harga part lebih mahal bisa 3
kali lipat harga stang seher pretelan, tapi kelebihannya lebih balance dan
untuk keawatan part lebih tahan lama.
Contoh gambar ada dibawah ya bro...
Cara Mengetahui Stang Seher Rusak
Stang seher yang rusak biasanya akan menimbulkan suara
mesin yang kasar, dengan posisi sumber suara tersebut berada ditengah mesin. Dan
suara tersebut akan terdengar tambah kencang saat gas ditarik pada kondisi
mesin hidup.
Tenaga motor berkurang atau ngedrop.
Jika dibongkar mesin bagian atas atau secara
keseluruhan, stang seher yang rusak dapat dirasakan dengan cara pegang bagian
ujung stang seher dan pukul secara perlahan. Jika adanya suara bluk – bluk dan
stang seher dalam kondisi oblak maka setang seher tersebut rusak. Untuk lebih
jelasnya ini videonya bro chek it dot... jang lpa subscribe...
Ok bro sekian dulunya buat postingan kali ini, jika bermanfaat
sebarkan bro buat komunitas lo. Jangan pinter sendiri he.... berbagilah
walaupun hanya satu alif .. et dah ... ngomong apa gua. Seperti biasa safety
firts keep riding no arogan dan salam satu aspal.
Ok om mantap,Trims om
BalasHapusMatur suwun om...
BalasHapusTerima kasih info nya gan
BalasHapusOk infonya
BalasHapus