Sejeworks – Ngomongin Spul Pulser berarti lo siap
dibikin pusing dibuatnya, dan ujung – ujugnya cek kelistrikan. Komponen ini
kecil sembunyi disekitar magnet dan perannya sangat vital bagi kelangsungan
hidupnya sepeda motor he... he.. Untuk kali ini yang mau di omongin yaitu spul
pulser, dari fungsinya ? warna kabelnya ? tempat nongkrongnya ? sampai sampai tanda
tanda minta di lem biru ?. Biar lebih jelas baca sampai kelar ya bro, kalau
bingung komen aja di tempatnya yusuf dan subscribe ya..
Fungsi dan Pengertian Pulser Motor
Pulser atau pick up coil alias spul pulser dan masih
banyak lagi sebutannya adalah komponen yang berfungsi untuk menentukan waktu
pengapian kepada CDI (Capasitor Discharge Ignition) atau ECU (Engine Control
Unit) dengan cara mengirimkan sinyal ke SCR, kemudian memerintahkan SCR untuk
membuka kapasitor dan melepaskannya.
Bahasa bengkelnya begini bro, pulser mengirimkan sinyal
ke CDI untuk memercikan api di busi, setelah tonjolan magnet melewatinya
sebagai pertanda piston akan bergerak ke Titik Mati Atas. Supaya apa bro ? agar
tertib / urut waktu pengapian, jadi saat bahan bakar di kompresi maka busi
memercikan api sehingga menjadi tenaga untuk menggerakan sepeda motor.
Contoh Pulser Honda Supra X 125
Perbedaan antara spul pulser dengan spul pengisian,
penerangan dan pengapian terletak pada cara membangkitkan energi listrik. Untuk
spul pengisian, penerangan dan pengapian energi listrik dibangkitkan jika suatu
lilitan kawat atau kumparan dilitkan pada besi lunak (karen) kemudian dipotong
oleh gaya medan magnet. Sedangkan pulser adalah kumparan yang diletakan diatas
medan magnet dengan diameter kabel yang sangat kecil yaitu 0,01 mm atau lebih
kecil lagi.
Warna Kabel dan Posisi Pulser Motor
Setiap pabrikan sepeda motor memberi warana yang
berbedapada tiap – tiap produknya, jadi mau ngga mau dan suka ngga suka lo pada
nyasar dimari he... Untuk motor karburator dengan injeksi ada beberapa
perbedaan warna kabel Pulser atau CKP (Crankcase Position), tapi buat kali ini
yang mau dibahas karburator dulu bro, kalau injeksi takut salah omong malu sama
Valentino Rosi he... he...
Yamaha kabel pulser berwarna Pink dan Putih
Honda kabel pulser berwarna Biru / Kuning
Suzuki kabel pulser berwarna Biru / Kuning
Pulser Yamaha Jupiter MX
Sedangkan untuk posisi pulser semua tipe motor sport dan
bebek terlatak di dalam blok magnet sebelah kiri saat posisi berkendara, sedangkan
untuk matic terlatak di sebalah kanan di balik radiator atau kipas pendingin.
Cara Mengukur Pulser dengan Avometer
Sebenarnya untuk memperoleh hasil yang maksimal alias
tepat tanpa ragu – ragu lagi maka sebaiknya memakai alat yang bernama Peak
Voltage Adaptor dan Avo meter yang digabungkan pada badian probe poasitif dan
negatif. Peak voltage berfungsi untuk merubah arus AC menjadi DC sebelum
tegangan dari sul dibaca oleh Avometer. Tapi sayangnya yang punya Peak Voltage
kebanyakan bengkel resmi, dan individu jarang pada tahu bentuk dan cara
memakainya ditambah lagi harus tahu ukuran tegangan puncak pulser apa nggak
tambah pusing tu kepala he... Ngomongin tegang puncak pulser setiap sepada
motor mempunyai perbedaan tapi gebug ratanya minimal 0,7 volt jika kurang dari
angka tersebut maka spul pulser perlu diganti.
Jika hanya bermodal avometer maka gua saranin cek saja
hambatanya / tahanannya caranya yaitu :
- Pastikan avometernya ada atau bisa pinjem tapi jangan
nyolong ya bro dosa he... dan pastikan juga lo bisa memakainya kalau ngga bisa
makai, setidaknya kau telah berusaha meski tak terlihat dimataku he...
- Kemudian putar selector ke Ohm meter dengan skala x 100.
Setelah itu tempelkan probe merah (+) pada kabel pulser
utama dan probe hitam (-) pada kable pulser kedua jika pulser tersebut memakai
dua kabel, dibawah contohnya punya Yamaha. Tapi jika kabel pulser hanya satu
maka salah satu probe tempelkan pada baud mesin (-) dan jangan pada blok mesin
karena terhalang cat, bolak balik saat menghubungkan probe ngga masalah.
- Langkah terakhir, amati hasil pengukuran jika tidak ada
menyambung berarti Spul Pulser mati, langsung lempar ganti yang baru. Sementara
jika hasil ukur menunjukan lebih dari atau sama dengan 400 ohm, pulser ngga ada
masalah. Tapi jika kurang dari 400 ohm maka saran gua lem biru juga, sebaiknya
cermati saat mengukur dan jangan sampai bagian probe tersentuh dengan jari kita
karena mempengarusi hasil ukur.
Tanda Tanda Pulser Motor Rusak
Jika pulser dalam kondisi lemah biasanya sepeda motor
akan tersendat – sendat dibawa jalan, seperti kehabisan bensin dan sering kali
mogok.
Tapi kita pulser sudak rusak atau lilitan kabel temba
putus maka sepeda motor tidak bisa dihidupkan sama sekali dan busi tidak akan
memercikan api sama sekali.
Ada sebagian sepeda motor yang menggunakan pulser
terpisah dari spul magnet, maksudnya ada pin penghubung / soketan tembaga
contoh Honda Tiger, Honda Gl neotech. Tapi ada juga yang langsung
menggabungkannya dengan spul magnet, jadi kalau cuman ganti pulser otomatis
ganti spul magnet. Bagaimana kalau beli Spul Pulser bukan ori, nah ini resiko
tanggung penumpang dijamin pasti ada kendala. Dari usia pakai, jarak antara
pulser dengan magnet pasti ada perbedaan maka tarikan motor akan berbeda.
Cara Pasang Pulser Motor
- Untuk motor bebek atau sport tidak terlalu rumit biasnya
hanya bermodal kunci T8, L5 atau Obeng Plus dan paking blok magnet tentunya
untuk mencegah kebocoran oli mesin.
- Langkah pertama tap oli mesin, kemudian buka blok magnet
posisi mesin sebelah kiri. Jika perseneling menghalangi bisa dicopot, untuk
memudahkan pekerjaan.
- Setelah itu copot spul magnet kunci yang digunakan
bervariasi ada yang memakai L5, L4, T8 atau Obeng Plus. Hati – hati gunakan
peralatn yang bagus jangan sampai baud tersebut slek, kareana lo sendiri yang
kan pusing.
- Langkah terakhir pasang spul pulser pada blok magnet dan
pastikan tidak ada paking yang mengalami sobek.
Sementara untuk sepeda motor matic ini lebih ribet,
harus buka magnet dan kadang buka radiator, jadi saran gua biar profesional
yang menangani ahi.... hi...
Ok bro udahan dulu, gua mau makan biar kuat menghadapi
mertua he.... jangan lupa bagikan ke komunitas lo, jika berguna dan
mengedukasi. Seperti biasa safety firts, keep riding no arogan salam satu
aspal... wor... wor...
Mas.. mau tanya kalau motor saya lexi 2018 kabal pulser berada dimana dan warna kabelnya apa saja, mohon bantuan dan petunjuknya terimakasih sebelumnya.
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
HapusDi bawah karbu
HapusMlm mo nanya ne, sy punya honda supra, udah ganti spul komplit tpi percikan api dri output bobin gk ada padahal udah ganti CDI jga, mhon pencerahannya, thank.
HapusSlamat siang broo
BalasHapusgua punya honda revo 110cc karbu
pengapian motor gua ga normal broo
jadi kalo di gas kecil baik2 ja tapi kali di gas setengah ke atas suara kenalpot nembak2 trus motor mati
gua dah ganti sepul,kiprok,cdi,kuil,sama busi
tapi pengapian motor tetep kaya gitu
apa itu pulsernya yg lemah broo
Cwek aja bensin nya ad gk..
HapusCek jarak pulser dgn magnet
HapusJaraknya seberapa om
HapusMotor gue karisma bro aki nya normal spull baru tpi api nya nggak timbul api nyaa dri koil nya klo d cek kabel sepulnya nggak ad api nya jga gimana y bro
BalasHapusThaks bang. Simpel mudah di mengerti. Pokok nya 😘😘😘😘
BalasHapusTerima kasih banget atas ilmunya,
BalasHapusApakah pulser motor karbu ,bisa dipasang dimotor injeksi?
BalasHapusMas saya mau tanya. Spul saya baru saya ganti. Tpi api nya tidak mau naik ke cdi. Kira kira itu apa masalah nya mas?
BalasHapusMisi om agan.ts125 saya mengalami bentar2 mati tiap2 200m mati apakah itu pusat nya di pulser ya tiap motor panas.trimakasih
BalasHapusCek CDI mas bro
HapusMisi gan numpang nanya sya ganti spul kok pengapian tetap ngga da ya sya udah cek langsung dari soket spul pengisian dan penerangan dtempel kerangka motor percikan tetap tidak ada kira2 apanya ya gan? Mohon infonya
BalasHapusMas mau tanya itu kerenggangan pulser,,yg 0.7 sampai 1,2mm fungsinya buat apa yah,bingung,kalo cuma ngilangin bunyi akibat sentuhan kenapa tdk kasih 0.2 ato apalah yg penting ngga bersentuhan???
BalasHapusMisi mas mau tanya motor saya rx special motornya mati terua kalo d engkol knalpotnya ad suara nembak itu apanyq ya
BalasHapusBro mau tanya motor saya yamaha Jupiter Mx bisa gak saya ganti spull yg berbeda gak yg original?
BalasHapusMas mau tannya.. Kalau jupiter z saya g ada apinya blas.. Sedangkan semua di cek bagus dari busi, coil, cdi, sampai spul, tapi saya menemukan ada kabel massa dari aki kebakar, setelah tak sambung tapi juga g ada apinya.. Saya minta solusinya mas... Apa yg harus saya lakukan.. Nuwun
BalasHapusgan adaasalah noh udah ganti spul ..sama pulser vixion gua ada apinya ...tp kalo di sambungkan kabel aki gak hidup lg mohon pencerahan
BalasHapusGan ma.af mau tanya...saya habis ganti spul dan pulser .setelah saya pasang..kalo di nyalaain pakek dable starter ndk bisa nyala(ndk keluar percikn api)tp kalo di nyalain pakek manual bisa nyala(keluar percikan apinya)...kira2 apanya ya gan.minta solusinya mksh..
Masalah yg sama dengan vario110 saya bro.. pake kick starter se x pijak langsung nyala mesin.. tp pake tombol starter api ga ada di cdi..
Hapusbos mau nanyak rxs posisi langsam enak tapi bukak gas tidak mau alias mati dari apa kiranya
BalasHapusCara cek pulser gimna bos. Untuk mengetahui pulser bagus apa aus. Tanapa bongakar blok magnet
BalasHapusYamaha jupiter mx lama motor nya
HapusBerarti buat montor Honda Tiger ganti pulser udh lansung sembuh ya gejala nyendat nyendatnya
BalasHapusBro, klo tes spul pulser bisa cuman di engkol ngak. Lihat pengapian aja gitu,
BalasHapusMas bro motor saya CB100 posisi CDI,koil,Spul & pengapian bagus terlihat dari busi berwarna merah bata,tapi saat posisi motor dipake jarak jauh & panas motor mendadak mati kadang setrum hilang kenapa ya?mohon pencerahannya?
BalasHapusmau tanya hu...motor alfa saya kalo digas gede gk mau jalan mlh jebluk" gt sprti busi stngh mati..apakah pulsernya sudah lemah y kalo seperti itu??apa harus diganti??atau masih bisa diperbaiki hu??
BalasHapusBos sy mau nanya motor karisma sy klaw d gas.trus law gasnya turun akan menimbulkan bunyi letusan gitu.dari kenalpot. Padahal udh d bawah d bengkel tpi masih gtu. Bleh minta solusinya bosku
BalasHapusCba dicek karet membran yg ada d karburator, biasanya itu sdh bolong/rusak
HapusBangg motor saya satria Fu klo mesin panas langsung mati? Itu apa nya yaa bang? Spul nya apa pulser nya
BalasHapusTanya bang Pulse kan kerja di tma kompresi kalo pada saat TMA buang apa Pulse tetep kerja
BalasHapusBro mau tanya, kalo motor v80 saya ini kan kalo pertama hidup ada api dari coil nya, terus klo udah jalan agak jauh suka tiba-tiba mogok hilang api, didiemin sebentar ada lagi api nya, gitu terus bro, apa nya yg rusak itu bro?
BalasHapusTanya mas bro, Vario 110 karbu. Pulser saat di pasang tidak mengeluarkan api, sebelum di pasang di tes pakai multi hasilnya bagus menunjukkan angka 400ohm mohon pencerahannya mas bro
BalasHapusOm mau tanya verza ane pulser nya klo di cek lampu nyala tapi ga ada percikan apinya, apanya yg eror ya?
BalasHapusMau nanya kenapa pulser milikku cepat mati ya padahal udah di ganti sama spul yang baru, sempat saat nyoba jalan-jalan sendiri motornya ga mau hidup karena ga ada api padahal semua komponen pengapian sudah dibeliin yang baru,pas di bawa ke bengkel kata montirnya pulsernya rusak tapi saat itu cuman diganti dengan yang bekas dan ini motornya ga mau nyala lagi, jadi kalau boleh tahu kenapa pulser bisa cepat mati
BalasHapus