Sejeworks – Sekarang ini sudah jamannya sepeda motor
Injeksi dan hampir semua pabrikan mngeluarkan dan memakai teknologi ini supaya
bisa lolos standart Euro III. Nah alhasil semua pabrikan besar secara bertahap
mengganti teknologi pengkabutan bahan bakar dari konvensional / karburator
menjadi sistem injeksi, tapi para biker biasanya akan mulai mengadaptasi dan
kadang akan menyimpan beberapa pertanyaan – pertanyaan seperti, apa benar motor
injeksi ngga perlu servis ?. Bagaimana motor injeksi kehabisan bensin ? motor
injeksi tanpa aki / accu ? motor injeksi ada businya nggak ? motor injeksi apa
perlu dipanasi ? motor injeksi pasang alarm ?
Nah dari setumpuk pertanyaan diatas kita akan bahas
dengan tajam setajam silet baru beli diwarung he.... tapi sebelumnya subscribe
channel YouTube gua caranya klik aja link channel digian bawah artiel ini.
Motor Injeksi dan Perawatannya
Service Motor Injeksi Berapa Bulan Sekali
Nah ini prtanyaan klasik dari para bro ? kalau gua jawab
jujur kira – kira lo ngegas nggak ? kalau iya sorry bae dah.. Motor injeksi servis itu tergantung lagi
punya duit kalau ngga ya jangan dipaksakan dari pada gua yang nombok he... just
guyon, itu jawaban jujur bangetnya. Tapi kalau mau sebatas jujur, gua jawab
service rutin itu harus bisa dibarengi dengan ganti oli mesin setiap 2.000 km
atau 2 bulan. Supaya apa dilakukan service rutin ? biar sepeda motor dilakukan
pengecekan secara berkala. Sehingga performa motor tetap terjaga apalagi bagi
para bro yang kurang paham dengan kondisi sepeda motor yang dipakai sehari –
hari.
Memang biasanya pada tahun pertama sepeda mtor tidak
akan rewel dan tak perlu perawatan yang serius, tapi menginjak tahun kedua saat
semua part / komponen mengalami keausan maka perlahan – lahan akan mulai rewel.
Seperti filter udara yang mampet dan menyebabkan Throtle
Body (TB) tertutup oleh kotoran maka akibatnya tarikan sepeda motor akan
berat.
Ini jepretanya, throtle Body Yamaha Mio J
Tahapan Service Motor Injeksi
Kali ini yang diomongin bukan cara servisnya bro, tapi
lebih pada perawatan apa saja yang mesti diperhatiaka pada sepeda motor injeksi
diantaranya :
Oli mesin ganti tiap 2.000 km atau 2 bulan jangan sampai
melebihi waktu yang dianjurkan.
Oli garda ganti tiap 8.000 km atau 8 bulan.
Busi ganti tiap 8.000 km atau 8 bulan.
Bersihin CVT (matic) tiap km 8.000 atau 8 bulan.
Kanvas rem cakram dan tromol tiap 10.000 km atau 10
bulan.
Kuras tangki bahan bakar tiap 10.000 km atau 10 bulan.
Filter oli mesin tiap 12.000 km atau 1 tahun.
Filter udara tiap 15.000 km atau 15 bulan.
Kuras radiator tiap 15.000 km atau 15 bulan.
Gear set tiap 15.000 km atau 15 bulan.
Cuci Injekstor tiap 15.000 km atau 15 bulan.
Kuras oli shock depan tiap 20.000 km atau 20 bulan.
Vbelt tiap 24.000 km atau 2 tahun.
Nah bro apakah pertanyaan lo terjawab ? atau malah tambah pusing he.... jadi uraian
diatas menjelaskan jadwal rutin penggantian part pada sepeda motor dan
perhatikan motor yang lo pakai. Jika lo pakai matic dan menganggap perlu ganti
gear set maka itu salah kaprah dan hoax karena matic pakai vbelt ya bro...
Motor Injeksi Kehabisan Oli
Sebenarnya untuk urusan mesin motor injeksi dengan
karburator sama saja, perbedaannya hanya pada sistem pengkabutan bahan bakar,
motor injeksi bekerja secara elektronik dengan mengandalkan sensor – sensor
untuk mengatur banyaknya campuran bahan bakar dan udara. Sementara untuk motor
karburator asupan bahan bakar bekerja secara mekanis dan tidak memiliki sensor
– sensor yang rumit.
Balik lagi ke masalah oli mesin yang habis, maka ujung –
ujungnya mesin akan mengalami kerusakan mulai dari piston, cylinder comp, stang
seher, bearing mesin, klep dan lainnya. Kenapa bisa rusak ? karena tidak adanya
olimesin sebagai pelumasdan pendingin kinerja mesin.
Motor Injeksi Keluar Asap Putih
Motor injeksi keluar asap putih ada dua indikasi yaitu
rusaknya ECM sebagai otak dari sepeda motor injeksi sehingga pembakaran tidak
normal. Kemudian indikasi kedua adanya kerusakan pada bagian mesin, terutama
piston dan cilinder comp yang aus. Dari kedua indikasi diatas bisa dicari
penyebab utamanya, jika asap yang keluar berwarna putih dan berbau sangit
seperti oli terbakar maka kemungkinan besar penyebab utamanya berasal dari
piston dan cylinder comp. Tapi tenang bro untuk lebih yakinnya colek saja lubang
knalpot apakah ada bekas gosong basah oli mesin, jika iya lo mesti siapin dana
buat perbaikan mesin.
Motor Injeksi Mati Sendiri
Sepeda motor sering mati sendiri alias sering mogok apa
sih penyebabnya ? wah ini banyak bingit bro, harus cek satu persatu dari bahan
bakar, tekanan kompresi dan percikan busi atau sumber api ditambah lagi sensor
– sensor sistem injeksi. Pokoknya ribet
bro kalau kata orang... ingat bro kata orang ya... sampai gua ulangi, servis
motor injeksi cuman gitu doang. Iya memang gitu doang tapi giliran ada
kerusakan baru si mekaniknya akan bakalan pusing tujuh keliling mau makan,
tidur, sampai eeeeee pun dia bakalin mikirin tu motor bener yakin ngga percaya
tanya saja sono... he...
Artikel terkait bro,
Motor Injeksi Jarang di Pakai
Nah yang ini saran daru gua selaku admin dari blog yang
paling keren versi emak gua.... he... sebaiknya jika sepeda motor injeksi
apalagi tipe matic, lama tidak dipakai atau ditinggal keluar kota lepas baud
terminal accu dari plus (+) dan min (-) agar accu tidak soak atau ngedrop.
Selain itu letakan kapur barus / kamper pada tiap – tiap kolong atau bagian
dari sepeda motor tersebut agar tikus tidak bersarang dan makan kabel secara
sembarangan, karena hal ini sering kali terjadi pada tipe matic.
Ini videonya bro, jangan lupa subscribe dulu ya...
Ini videonya bro, jangan lupa subscribe dulu ya...
ane tiap 2000km min tiap ganti federal oil buat motor ane. dan oli gardan di 4000km. juos langsung mesin motor ane. itu salah satu cara biar motor konsisten enaknya
BalasHapusMin apakah kalau service ringan udah termasuk ganti oli?
BalasHapusrata2 kalo gak dirutinin ya bakal bahaya juga sih min. aku setiap bulan ganti federal oil min, biarpun gak injeksi juga tapi tetep aja kudu rutin
BalasHapusMksih banyk min atas jwbnnya, jdinya gua sebagai perempuan harus paham, biar motornya awet 🙏
BalasHapus