Sejeworks – Suzuki Satria FU sering nembak saat turun
gas ? apasih penyebabnya. Sebenarnya artikel sejenis pernah gua bikinin tapi
untuk sepeda motor matic, nah kali ini gua khususkan buat para pengguna
motornya cabe rawit... et dah apa lagi itu ??...
Secara performa Suzuki Satria FU 150 tidak bisa
diragukan, dengan modal mesin 150 cc DOHC dan bodynya yang ramping menjadikanya
lincah di jalan raya. Meski begitu namanya sepeda motor pasti ada saja
penyakitnya apalagi saat menginjak 5 tahun keatas. Seperti adanya suara letupan
pada knalpot alias knalpot nembak saat posisi turun gas.
Penyebab Knalpot Suzuki Satrai FU 150 Nembak
Bagi sepeda motor tipe karburator yang telah memakai
teknologi PAIR (pulsed secondary air injection) pasti akan mengalami knalpot
nembak. Apakah bisa membahanyakan mesin ? tergantung penyebab utamanya, jika
knalpot nembak / back fire diakibatkan karena pembakaran yang terlalu awal. Kerusakan
paling ringan hanya overheating (panas berlebih) sedangkan untuk kerusakan
terparah adalah stang seher / connecting rod bengkok, ya ngeri – ngeri sedap
kan bo.....
Jika penyebabnya adanya kerusakan di Sistem Pair
risikonya hanya budeg saja dikuping dan sedikit malu alias isin he.... tapi
kali ini kita ngga akan ngomongin secara full karena sudah pernah gua bikinin,
jadi cari sendiri saja bro di pencaraian blog paling keren ini he.... soalnya
linknya gua juga lupa he... he...
Apa sih fungsi PAIR alias SAS (secondary air system)
yaitu komponen yng berfungsi untuk menambahkan udara segar lewat filter udara
kemudian dialirkan melalui membran dan selang pair ke dalam lubang pembuangan
exhaoust, sehingga udara bersih O2 akan bercampur dengan gas buang. Tujuannya dari
sistem tersebut untuk mengurangi kadar emisis gas buang sehingga lebih ramah
lingkungan.
Tapi setelah sekian lama sepeda motor digunakan maka
komponen tersebut akan mulai aus, akibatnya kinerja PAIR menjadi tidak maksimal.
Dan penyebab lainnya juga adanya penumpukan karbon pada membran sperti gambar
dibawah ini bro...
Solusi Knalpot Suzuki Satria FU 150 Nembak
Nah
seperti yang gua omongin diatas penyebabnya adanya kerusakan pada Sistem PAIR,
mulai dari selang besar dan selang kecilnya kemudian membran atu reed valve dan
stoper plate. Langkah pertama cek selang kecil dari PAIR menuju manifold
pastikan tidak ada yang retak atau bolong, setelah itu cek juga selang besar
dari PAIR menuju filter udara apakah adanya retakan pada selang tersebut.
Bersihkan
membran (reed valve dan stoper plate) dari kerak kerbon sampai benar – benar bersih,
kemudian pasang kembali membran jangan lupa lapisi dengan three bond atau siler
agar tidak ada kebocoran pada PAIR. Dan tutup selang besar menuju filter dengan
baud, ya walaupun ini sebenarnya menutup udara bersih masuk kedalam PAIR.
Ok
bro sekian dulu ya, kalau bermanfaat dishare ya bro dikomunitasmu. Jangan lupa
safety firts & keep riding no arogan, salam satu aspal. Wor.... wor...
Komentar
Posting Komentar