Sejeworks – Selamat datang para bro, semua buat kali ini
yang mau diomongin sepeda motor pabrikan berlogo ‘ S ’ bukan superman ya bro
tapi suzuki. Lebih tepatnya Suzuki Satria FU 150, ya walaupun sekarang sudah
rengkarnasi menjadi Satria F150 Injeksi tapi para pemakai setianya masih banyak
dan ikut memadati jalan raya.
Karena usia dari Satria FU kebanyakan sudah mulai
kenyang menghadapi terjalnya jalan raya, alhasil keadaan komstir sudah mulai
aus bahkan rusak. Mau ngga mau harus mengganti komstir tersebut untuk faktor
keamanan dan kenyamanan saat berkendara. Maksud dari aman dan nyaman apaan bro
? ya begini, komstrir yang mulai rusak / aus biasanya saat kendaraan dijalankan
akan ngebanting. Semisal sepeda motor dibawa buat jalan lurus maka kendaraan
akan serasa mau belok sendiri entah ke posisi kanan atau posisi kiri.
Walaupun komstir salah satu komponen safety tapi para
biker sering kali menomor tigakan bahkan kadang ngga tahu sama sekali, padahal
dia telah berjuang meski tak terlihat dimatamu.... wk... wk... Ini bro
penampakan komstir Suzuki Satria FU, mengenai harganya sekitar Rp 180.000
(harga bisa berubah).
Sering kali untuk memperbaiki komstir yang dilakukan
hanya menyetel stelan kekencangan komstir tersebut, memang penyetelan adalah
cara termudah dan termurah he.... Tapi hal ini tidak bisa dijadikan penyelesain
untuk merperbaiki keadaan komstir tersebut.
Ciri – Ciri Komstir Suzuki Satria Mulai Rusak
Sebenarnya artikel tentang ciri – ciri komstir rusak
pernah gua bikin tapi kita ulas sedikit ya bro...
Saat sepeda motor berjalan akan susah dikendalikan baik
untuk jalan lurus maupun berbelok karena posisi stang kemudi sering kali
melawan arah.
Adanya suara pada bagian stang, biasanya suara tersebut
akan berbunyi ketika posisi rm depan atau saat melewati jalanan berlobang.
Stang kemudi akan terasa berat karena bagian mangkok dan
pelor sering kali berkarat jika telah berumur lebih dari 2 tahun.
Stang kemudi terasa oblak dan mau copot, hal ini
pertanda stelan komstir terlalu kendor sehinga ada jarak antara mangkokan
komstir.
Apasih Penyebab Komstir Rusak
Usia pakai dari kendaraan tersebut, karena secara
otomatis semakin sering dipakai komponen – komponen sepeda motor akan mulai
aus. Kalau mau awet ya jangan dipakai he... just guyon bro he...
Jalan yang terjal dan berliku, ya mirip lagunya iwan
fals he.... semakin sering sepeda motor melewati jalan yang terjal maka akan
sangat mempengaruhi keadaan komstir tersebut.
Cara Mengganti Komstir Suzuki Satria FU 150
Peralatan yang disiapkan
Palu
Obeng Min Besar (sebagai pahat)
Obeng Min Kecil (stelan angin)
Obeng Plus Sedang
Dongkrak
Kunci Shock Ukuran 30 mm
Kunci ring 8,10 dan 12
Kunci ring 14 dan 17
Kunci L bintang 6
Kunci L 5
Bahan yang diperlukan
Komstir
Grease (gemuk)
Proses Pengerjaan
Copot cover lampu depan dengan menggunakan obeng plus
dan kunci ring 10.
Pasang dongkrak dan lepaskan roda depan dengan
menggunakan kunci ring 14 dan 17, gunakan L5 dan kunci ring 8 untuk melepaskan
spakbor depan.
Selanjutnya lepaskan kaliper rem dari shock depan
memakai kunci L bintang 6 dan shock depan dengan menggunakan kunci ring 12
dengan jumlah baud ada 6.
Setelah shock depan terlepas, gunakan kunci shock 30 mm
untuk melepas segitiga atas dan biarkan stang tertempel pada segitiga agar
lebih ringkas. Kemudian gantung dengan tali segitiga atas tersebut atau taruh
pada bagian sasis.
Kendorkan stelan komstir agar segitiga bawah terlepas,
biasanya pelor baja akan mulai berjatuhan satu per satu. Setelah itu lepas
mangkokan komstir dengan menggunakan pipa bekas as shock atau menggunakan kunci
T dengan cara menggetoknya dengan arah dari belakang masing – masing mangkokan.
Kemudian pasang mangkokan komstir ke bagian sasis,
caranya getok menggunakan palu dan dengan menggunakan mangkokan bekas sebagai
media batalan. Sementara untuk mangkokan yang menempel pada segitiga lepas
dengan cara memahatnya, usahakan berdua bro... biar kuat menghadapi cobaan
ha.... ha.... cara pasangnya sama dengan memanfaatkan mangkokan bekas sebagai
bantalan pukul.
Langkah selanjutnya adalah menata bola baja alias pelor
pada dudukan komstir dan jangan lupa memberi greas / gemuk sebagai pelumas
padat. Dan pilih greas yang terbaik jangan asal bro, karena ini mempengaruhi
hasil kerja.
Ok setelah tertata rapi tidak ada yang bolong antara
bola baja, tinggal pasang segitiga kebagian sasis dan jangan sampai bola baja
meloncat dari mangkokan komstir.
Sedikit informasi jumlah bola baja ada 50 pcs jika
komstir tersebut mempunyai bola baja yang terpisah. Tapi ada juga yang
mempunyai bola baja model renteng satu set dengan dudukannya, pertanyaannya
mana yang asli ? nah untuk ini gua ngga bisa ngomong pasti. Tapi kemungkinan
yang harganya mahal itu yang asli he... he... harga bawa rupa.
Setelah segitiga terpasang di sasis, selanjutnya lakukan
penyetelan pada stelan komstir cari posisi terringan dan tidak oblak. Pasang
segitiga atas dan langsung kencangkan dengan mur 30.
Langkah selanjutnya finishing pada komponen – komponen
yang tadi dicopot, pasang kembali secara terbalik dari proses
pembongkaran.
Biar ada gambaran ini bro gua kasih video yang apa
adanya jangan lupa subscribe lho... check it dot.
Ok kayaknya gua sudah kehabisan kata – kata, so safety
first & keep riding no arogan salam satu aspal.. wor.... wor...
Mau tanya gan,komstir satria fu injeksi apa sama dengan satria fu karbu?
BalasHapus