Selamat datang para bro semua, setelah sekian lama
akhirnya bisa update juga he.... buat kali ini gua mau ngomongin tentang jalur
kabel kiprok sepeda motor. Tapi sebelum ngomongin lebih jauh, kita bahas hal
dasar dulu yaitu Sistem Pengisian - Penerangan dan Sistem Pengapian. Karena
secara garis besar dan utama sistem kelistrikan sepeda motor dibagi menjadi dua
hal tersebut, kalau dua hal dasar tersebut belum paham dan bundet, jadi ya akan
semprawut he... he...
Sebenarnya hal ini telah sering kali kita omongin, tapi
berhubung ada sesuatu jadi gua tambah lagi dengan jalur soketan menuju kiprok
sepeda motor. Ok langsung saja kita ke pokok bahas.
Sistem Penerangan dan Pengisian Sepeda Motor :
Pada rangkaian pengisian (arus accu) dan penerangan
(lampu utama) sepeda motor dibagi menjadi yaitu :
Penerangan AC / Arus Bolak – Balik
Untuk jenis penerengan AC hampir diterapkan pada semua
sepeda motor karburator yang mempunyai CC kecil atau dibawah 150cc.
Ciri – Ciri Penerangan AC
Adanya satu kabel pengisian berwarna putih
Untuk motor honda dan yamaha, sementara suzuki berwarna
putih / merah dan kawasaki biru / putih pada alternator / spul magnet. Hal ini bisa
dilihat pada soketan antara spul magnet dengan kabel body. Karena kabel ini
akan langsung menuju soketan kiprok.
Kiprok mempunyai 4 kaki
Pada kaki – kaki kiprok yang tertuju pada soketan kabel
body mempunyai 4 kaki, dimana kaki tersebut mempunyai fungsi yang berbeda. Tapi
hal ini sering kali diabaikan saat penggantian kiprok dengan cara merubah jalur
kabel, maka akibatnya bukannya motor tambah bener malah tambah bundet. Jadi
jangan rubah jalur soketan kiprok jika sepeda motor masih standar, tapi kalau
mau rubah jangan tanggung – tanggung sekalian saja rubah penerangan AC menjadi
DC.
Artikel terkait bro,
Nyala lampu tidak stabil
Saat lampu utama dihidupkan cahaya yang dihasilkan akan
mengikuti putaran magnet, jadi saat sepeda motor berada pada rpm bawah lampu
akan redup tapi sebaliknya saat berada pada rpm tinggi lampu akan menyala
terang.
Lampu utama bisa menyala saat kondisi mesin hidup
Sesuai sedikit penjelasan diatas kesimpulannya untuk
penerangan AC sangat mengandalkan putaran spul magnet sehingga saat mesin belum
hidup maka spul magnet tidak menghasilkan arus listrik untuk penerangan.
Warna Kabel Kiprok dan Fungsinya
Jalur Kiprok Motor Honda
Hijau berfungsi sebagai massa (-)
Putih berfungsi sebagai jalur pengisian dari spul
magnet.
Kuning berfungsi sebagai jalur penerangan lampu utama
yang bersumber dari spul magnet.
Merah berfungsi sebagai jalur arus listrik (+) dari accu
(sekring utama).
Jalur Kiprok Motor Yamaha
Hitam berfungsi sebagai massa (-)
Putih berfungsi sebagai jalur pengisian dari spul
magnet.
Kuning berfungsi sebagai jalur penerangan lampu utama
yang bersumber dari spul magnet.
Merah berfungsi sebagai jalur arus listrik (+) dari accu
(sekring utama).
Jalur kiprok Motor Suzuki
Hitam / Putih berfungsi sebagai massa (-)
Putih / Merah berfungsi sebagai jalur pengisian dari
spul magnet.
Kuning / Putih berfungsi sebagai jalur penerangan lampu
utama yang bersumber dari spul magnet.
Merah berfungsi sebagai jalur arus listrik (+) dari accu
(sekring utama).
Jalur Kiprok Kawasaki
Hitam / Kuning berfungsi sebagai massa (-)
Biru / Putih berfungsi sebagai jalur pengisian dari spul
magnet.
Kuning berfungsi sebagai jalur penerangan lampu utama
yang bersumber dari spul magnet.
Putih Hitam berfungsi sebagai jalur arus listrik (+)
dari accu (sekring utama).
Dari keempat pabrikan diatas, sebenarnya jalur kiproknya
sama cuman yang membedakannya hanya pada warna kebel yang terdapat disoketan
kiprok. Jalur kiprok antara honda dan yamaha bisa dikatakan beda tipis (beti)
karena pembedanya hanya warna kabel massa dari kedua pabrikan tersebut,
sementara untuk kawasaki dan suzuki perbedaan warna akan sangat mencolok.
Jadi apakah dari empat pabrikan sepeda motor tersebut
bisa dilakukan substitusi / kanibal jika spare part yang dicari tidak ada
dipasaran ? jawabannya iya, bisa dilakukan subtitusi tanpa merubah jalur
kiprok. Tapi perlu diingat untuk kiprok Ac sepeda motor honda mempunyai jalur,
untuk lebih jelasnya ini gambarnya.
Untuk model matic dan bebek karbu baru (blade / revo
110) bisa plug and play / copot pasang tapi untuk bebek lama (supra 100, grand,
legenda, revo 100) tidak bisa dan tidak boleh dipasang, pada motor matic dan
bebek karbu baru karena adanya perbedaan jalur accu. Jika dipaksakan dijamin
akan terjadi konsleting / hubungan arus pendek pada jalur kiprok.
Untuk penerangan dan pengisian DC, kayaknya buat next
time aja ya bro. Karena gua sudah ngantuk bingit, akhir kata channel youtube
gua di subcriebe ngapa dari pada bengong – bengong bae... he.... Jangan lupa
safety first keep riding no arogan salam satu aspal...
Blok yang keren..Sobat...ilmu/tulisan sobat sangat bermanfaat ...semoga menjadi amal Jariyah dan mendapat balasan yg lebih dari allah swt, amin...
BalasHapusSalam...
Yamaha dan honda mhon di koreksi... honda kbel masa hijau. Yamaha hitam
BalasHapusiy salah posisi
Hapustrimakasih agan yg baik hati.
BalasHapusdpat mnambah wawasan saya.
salam sebai bloger....
tapi kiprok pny ane warnanya laen bro ,putih garis biru.hitam garis biru.coklat.dan biru garis putih, tu yg bikn pusing bro trs biar motor bisa nyala warna putih garis biru & cokelat dismbung kabel fulser dari cdi klo bro tau solusinya ane nggk prlu repot² bawa ke bengkel...
BalasHapusJalur dari kiprok tidak ada yang menuju pulser.
HapusMantapp
BalasHapusyamaha mio lama kalo dipasang kiprok grand apa bisa ?
BalasHapusKalo kabel soket yamaha ketukar warna putih ke kuning....kuning ke putih apa kiprok bisa rusak gan??
BalasHapusTerima kasih bro
BalasHapusSesat
BalasHapusMohon dikoreksi itu klau orang awam bisa anda bodohi gambar di atas yamaha dan honda emng udh benar...itu bisa merugikan bagi yg awam mohon dikoreksi sebelum bikin artikel....🙏🙏🙏🙏🙏🙏
BalasHapusKalo yang masih awam dengan kode warna kabel, tinggal pas kan posisi kabel pada soket saja, ridak usah baca kode warna.
BalasHapusItu jurus yang paling gampang, karna kalo kita membeli soket baru, rata" warna kabel beda.
Om klo masalah rubah dudukan kiprok masih sama sama yamaha cuma geser kabel doang mah apa berpengaruh?
BalasHapusBos Kawasaki sama Yamaha sama y bos jalur yh
BalasHapusmas posisi kiproknya tertukar tu.
BalasHapusharusnya yamaha di sebelah kanan.
soalnya kabel ground yamaha warna hitam mas.
mohon di perbaiki ya Mas biar teman teman yang lain tidak keliru mksh.
Kl untuk blitz joy gimana masangnya
Hapus