Selamat datang para bro semua, dari mas bro dan mba bro
yang setia nongkrong di blog yang mengkhususkan bagi para pecinta dan pemakai
roda dua. Setelah sekian lama akhirnya gua bisa posting juga he…., karena
banyak kesibukan yang cukup menguras waktu dan tenaga. Ok ngga usah basa – basi
lagi kali ini yang mau dimongin tentang tanda – tanda kanvas kopling aus atau
habis alias terbakar. Sebenarnya untuk mengetahui kanvas kopling aus / habis
cara yang paling dianjurkan adalah bongkar kopling dan ukur ketebalan kanvas
kopling tersebut dengan jangka sorong. Selanjutnya bandingkan hasil ukur dengan
standar yang direkomendasikan pabrikan, tapi kekurangannya adalah apakah lo
hapal standar ketebalan kanvas kopling ?? dan buat ngebongkar kanvas kopling
lumayan bikin keluar keringat dan keluar duit.
Maka dari itu gua kasih sedikit pencerahan et… dah,
supaya lo bisa mendeteksi sendiri apakah kanvas kopling tersebut memang perlu
ganti atau BPKB nya yang harus di ganti he…. Sebelum kita masuk lebih dalam
kanvas kopling sepeda motor menurut posis terendan oli mesin dibagi menjadi 2
yaitu kopling kering (dry clutch) dan kopling basah (wet clutch). Yang kita mau
omongin ini untuk tipe kopling basah yang biasa dipakai untuk motor tipe sport
dan bebek (cup). Ok dari pada kelemaan simak saja langsung bro, check it dot.
Ciri - Ciri Kanvas Kopling Habis
Oli Mesin Kotor
Oli mesin baru yang belum digunakan oleh mesin akan
berwarna variasi, maksudnya beragam dari merah, kuning, dan Hijau tergantung
pabrikan pembuatnya. Tapi jika sudah dipakai oleh mesin akan berwarna hitam
jika sepeda motor telah dihidupkan walaupun cuman setengah jam. Hitam disini
berwarna bening sementara untuk kanvas kopling yang aus atau habis oli mesin
akan berwarna hitam kotor seperti abu bekas bakar – bakar kayu. Walaupun oli
mesin tersebut baru dimasukan kedalam mesin dan kemudian sepeda motor tersebut
dihidupkan.
Selip Saat Jalan
Untuk motor sport akan sangat terasa jika sepeda motor
dipakai buat jalan motor akan ngeden tapi ngga ada tenaganya, dan kalau belum
yakin coba buat nanjak apakah motor mempunyai tenaga untuk melibas trek
tersebut. Ngga usah cari tanjakan yang ekstreams tanjakan yang biasa aja, jika
sepeda motor diasapin doang oleh mocil (motor cc kecil) dengan posisi grip gas
dibuka penuh maka bisa dipastikan kanvas kopling aus.
Sementara untuk motor tipe kopling semi otomatis bebek
(cup) posisi slip akan jarang terasa, yang ada hanya tenaga / power yang
dihasilkan oleh mesin kurang maksimal disalurkan ke transmisi. Untuk lebih
jelasnya ini linknya
Akselerasi Kurang Responsif
Sebelumnya sudah pada tahu belum apa itu akselerasi ? kalau
sudah, ya sudah, ngomong apaan gua. Akselerasi biasa disebut percepatan alias
perubahan kecepatan pada waktu tertentu, bagaimana bingung ? sama berarti. Itu
pengertiannya secara umum tapi secara simpelnya pada sepeda motor bisa
dirasakan dari hentakan kopling.
Hal ini ditandai dengan hentakan saat melepas hendel kopling
secara mendadak bukan perlahan – lahan pada sepeda motor tipe kopling manual
sport atau bebek sport. Jika kanvas kopling masih dalam keadaan bagus maka
hentakannya akan kuat tapi sebaliknya untuk kanvas kopling yang telah aus /
habis maka hentakannya akan lemah atau bahkan tidak ada hentakan.
Sedangkan untuk motor bebek (kopling semi – otomatis) juga
dapat merasakan hentakan yang sama saat melepas perseneling, lho kenapa
perseneling (pemindah gigi). Sebab komponen kerja kopling semi – otomatis
mempunyai perbedaan dengan kopling manual.
Susah Pindah Gigi
Saat melakukan perpindahan gigi akan mengalami kesulitan
terutama saat menetralkan posisi transmisi, hal ini biasanya terjadi pada
sepeda motor tipe manual. Sedangkan pada sepeda motor bebek biasanya akan
terasa keras saat melakukan perpindahan gigi.
Motor Ngelos Saat Diengkol
Saat menghidupkan motor rasakan apakah terasa ngelos
atau tidak ada beban saat melakukan kick starter atau diengkol, jika iya
kemungkinan besar kanvas kopling aus / habis. Tapi dengan catatan kompresi
motor tersebut besar paling tidak mendekati standar pabrikan jika diukur dengan
kompresi tester. Kalau tidak ada alat tersebut maka cukup memakai jempol
tester, caranya dengan melepas busi dan sumpal lubang busi dengan jempol.
Kemudian engkol dan rasakan apakah ada dorongan / hentakan dari dalam ruang
bakar di jempol tersebut.
Tenaga Mesin Berkurang
Nah ini biasanya akibat terakhir dari kanvas kopling aus
/ habis, tapi dibutuhkan feeling yang pas untuk mendeteksinya. Jika kanvas
kopling sudah parah maka akan mudah dirasakannya tapi jangan menunggu parah
baru melakukan penggantian ya bro….
Kapan Waktu Penggantian Kanvas Kopling
Motor Sport
Biasanya pada km 24.000 atau 2 tahun kanvas kopling
sudah mulai aus atau habis, tapi memang ada banyak kasus yang belum menyentuh
km tersebut kanvas kopling habis karena terbakar. Lho kok terbakar padahal kan
ngga ada yang membakar kanvas kopling, atau ngga ada api dalam mesin. Istilah terbakar
karena pada umumnya kanvas kopling yang aus / habis akan berwarna hitam seperti
arang.
Maka lakukan penggantian kanvas kopling pada km 24.000 +/-,
tapi jangan lupa perhatikan preasure dan center clutch apakah aus atau tergerus
karena bergesekan langsung dengan kanvas kopling. Caranya cukup dengan visual
atau melihatnya pada bagian preasure dan center clutch, apakah ada goresan,
terkikis. Bagaimana jika kudua bagian tersebut tidak diganti, maka hasilnya
power dari poros engkol tidak akan maksimal tersalurkan dan kanvas kopling akan
cepat aus / habis kembali.
Motor Bebek atau Cup
Nah untuk motor tipe ini penggantian kanvas kopling
cukup lama yaitu km 50.000 atau 5 tahun, ada tapinya bro untuk penggantiannya
akan membuat kantong jebol. Karena terdapat 2 jenis kopling yaitu kopling plat
gesek dan kopling sentrifugal, pada umumnya para biker akan mengganti kopling
plat geseknya saja. Hasilnya akan mengeluh kok tenaganya sama saja sebelum
diganti, nah ini letak kesalahannya para biker sering melupakan kopling
sentrifugal.
Maka dari itu jika menginginkan tenaga mesin tersalurkan
secara maksimal ganti sekalian kanvas kopling plat gesek, kanvas kopling sentrifugal
dan mangkokan (outer clutch). Jika sudah melakukan penggantian tersebut maka
dijamin siap asoy geboy, tapi pakai spare part original ya bro. kalau pakai
spare part kw mending ngga usah bro cukup ganti kanvas kopling plat geseknya
saja.
Ini videonya buat supaya mantep dan jangan lupa
subscribe ya he…. Walaupun masih sederhana belum secanggih film Hollywood he….
Ok bro, kalau tulisan cakar ayam gua berguna bagikan
buat komunitas lo. Sekian dulu bahasan kali ini, see you next jangan lupa
safety first & keep riding no arogan dan salam satu aspal..
Komentar
Posting Komentar