Paling Komplit Kode Busi Motor Yamaha

Selamat datang kembali di blog khusus bagi pecinta dan pemakai roda dua, terserah apa alasannya sampai-sampai bisa pada nyasar disini he…. Kali ini gue mau nepatin janji tentang kode busi sepeda motor Yamaha, entah keberapa gue berjanji karena ngga menghitungnya tapi cuman kepikiran dan kebayang sampai tidur ngga nyenyak dan makan pun tak enak.


Kode Busi Motor Yamaha


Busi adalah part yang berfungsi memercikan bunga api untuk membakar campuran bahan bakar dan udara yang sudah dikompresikan, percikan api tersebut berasal dari arus listrik tegangan tinggi yang dikeluarkan oleh koil. Tegangan listrik yang harus ditahan busi oleh isulator busi sekitar 15.000 – 20.000 volt, dan temperatur elektroda busi mencapai 1.800 derajat celcius tapi temperatur tersebut akan turun secara derastis pada langkah hisap karena didinginkan oleh campuran bahan bakar dan udara. Disamping itu tekanan atmosfer didalam silinder berubah – ubah antara 1 atmosfer pada langkah hisap dan 45 atmosfer pada langkah usaha.

Dibalik dari bentuk busi yang ngge pernah berubah ternyata busi harus bekerja sangat keras yaitu harus mempunyai daya tahan panas yang tinggi, perubahan tekanan dan daya tahan listrik yang baik. Maka jangan sembarangan memilih busi, harus sesuai dengan spesifikasi dari mesin itu sendiri.  

Untuk kode busi sepeda motor Honda, Suzuki, Kawasaki, Bajaj, ini linknya….




Kode Busi Sepeda Motor Yamaha dari Standart, Platinum, Iridium :


Jenis            Standart       Platinum       Iridium

Aerox 125     CR7E            -                  -
Byson FI       CPR8EA-9     CPR8EAGP    CPR8EAHIX
Bison Karbu   CPR8EA-9     CPR8EAGP    CPR8EAHIX
Crypton 100 C7HSA           CR7HGP       CR7HIX
F1-Z, F1ZR    BP7HS-10     -                  BP7HIX
Fino 125       CR6HSA       CR6HGP       CR6HIX
Fino 5TL       C7HSA         CR7HGP       CR7HIX
GT New        CR6HSA       CR6HGP       CR6HIX
GT 54P 115  CR6HSA       CR6HGP       CR6HIX
Jupiter 100   C7HSA         CR7HGP       CR7HIX
Jupiter MX    CPR8EA-9     CPR8EAGP    CPR8EAHIX
Jupiter Z FI   CR6HSA       CR6HGP       CR6HIX
Jupiter Z 5TP CR6HSA       CR6HGP       CR6HIX
LEXAM          CR6HSA       CR6HGP       CR6HIX
Mio 5TL        C7HSA          CR7HGP       CR7HIX
Mio FI 54P    CR6HSA       CR6HGP       CR6HIX
Mio M3         CR6HSA       CR6HGP       CR6HIX
Mio Sporty    C7HSA         CR7HGP       CR7HIX
Mio Z           CR6HSA       CR6HGP       CR6HIX
Soul 115       C7HSA        CR7HGP       CR7HIX
Soul 115       C7HSA        CR7HGP       CR7HIX
Soul FI 54P   CR6HSA       CR6HGP       CR6HIX
MT 25 250    CR9E            CR9EGP        CR9EIX
NMAX 150    CPR8EA-9     CPR8EAGP    CPR8EAHIX
Nouvo S       C7HSA           CR7HGP       CR7HIX
RX-KING       BPR8HS-10   -                  BPR8HIX
RX-S,           BPR8HS                 -        BPR8HIX
YT 115         BPR8HS                 -        BPR8HIX
RX Z,            BP8ES          -                  BPR8EIX
RX R 145      BP8ES          -                  BPR8EIX
Scorpio Z      DP8EA-9       DPR8EGP-9   DPR8EIX-9
Vega            C7HSA         CR7HGP       CR7HIX
Vega Force    CR6HSA       CR6HGP       CR6HIX
Vega ZR       CR6HSA       CR6HGP       CR6HIX
Vixion 150    CR8E            CR8EGP        CR8EIX
New Vixion L CR8E            CR8EGP        CR8EIX
XRIDE 125    CR6HSA       CR6HGP       CR6HIX
Xabre           CR9E            CR9EGP        CR9EIX
Xeon 125      CR7E            CR7EGP        CR7EIX
Xeon RC 125 CR7E            CR7EGP        CR7EIX
Xeon FI 125  CR7E            CR7EGP        CR7EIX
YZF R15       CR9E            CR9EGP        CR9EIX
YZF R25       CR9E            CR9EGP        CR9EIX
         

Kode Busi Sepeda Motor TVS dari Standart, Platinum, Iridium :


Jenis Motor            Standar                  Platinum       Iridium

Apache RTR 160     CR7E            CR7EGP                 CR7EIX
Apache X venture    CR7E            CR7EGP                 CR7EIX
Neo 125                 CR7E            CR7EGP                 CR7EIX
Rocks 125              CR7E            CR7EGP                 CR7EIX

Ok bro sekian dulu ya, berhubung gue sudah ngantuk dan mata mulia lelah. So, see you next salam satu aspal dan keep riding no arogan.

Komentar