Selamat pagi, siang, sore dan malam para bro semua, dari
mas bro dan mba bro yang datang lagi atau baru nyasar di blog paling keren
menurut gue sendiri he…. Buat postingan kali ini yang mau diomongin tentang oli
gardan, dari kapan gantinya? Apa efeknya kalau kehabisan atau kalau bocor /
rembes ? kenapa oli gardan saat di tap berwarna putih, merah karat, hitam atau
malah berwarna seperti oli gardan yang masih baru ? ok tetep pantengin tarus
sampai kelar dimana lagi kalau bukan di Sendal jepit works he…… anu apa kue
(apakaah itu) ????
Pengertian Oli Gardan atau Transmisi
Sebelum kita kupas satu persatu, apasih oli gardan atau
transmisi ? yaitu minyak pelumas yang berfungsi untuk mengurangi gesekan dan
mendinginkan kinerja transmisi motor matik (gear rasio) agar komponen tersebut
menjadi awet atau tahan lama. Oli gardan atau transmisi hanya terdapat di
sepeda motor jenis matik sedangkan untuk tipe cup dan sport tidak ada ya bro…..
Kenapa motor matik membutuhkan oli gardan atau transmisi
? karena bagian transmisi terpisah dari mesin utama yang dilumasi dengan oli
mesin. Maka dari itu setiap motor meti membutuhkan 2 minyak pelumas yaitu oli
mesin dan oli gardan.
Kapan Waktu Penggantian Oli Gardan / Transmisi
Setiap pabrikan menganjurkan untuk melakukan penggantian
oli gardan pada tiap km 8.000 dan kelipatannya atau kurang lebih jika dihitung
bulan per 8 bulan sekali. Tapi itu kalau posisi normal tidak ada kendala, jika
terendam banjir maka wajib melakukan penggantian oli gardan. Karena biasanya
oli gardan tercampur air, jika dibiarkan tanpa adanya penggantian maka akan
terjadi kerusakan pada transmisi.
Ini contoh jepretannya
Takaran Oli Gardan / Transmisi Sepeda Motor
Takaran Oli Gardan Motor Honda
Honda Beat karbu, Honda Beat FI, Honda Vario 110 karbu, Honda
Vario 110 FI, Honda Vario 125, Honda Vario 150, Honda Spacy Karbu, Honda Spacy
FI, Honda PCX 125, Honda PCX 150 mempunyai takaran 120 ml setiap penggantian
periodik
Takaran Oli Gardan Motor Yamaha
Yamaha Mio Sporty, Yamaha Mio Smille, Yamaha Fino Karbu,
Yamaha Nouvo, mempunyai takaran 100 ml setiap penggantian periodik
Yamaha Mio J, Yamaha Mio M3, Yamaha Mio S, Yamaha Mio Z,
Yamaha Soul GT, Yamaha Fino FI, Yamaha Fino 125, Yamaha X-Ride 110, Yamaha
X-Ride 125, Yamaha Xeon mempunyai takaran 140 ml setiap penggantian periodik
Yamaha Lexi, Yamaha NMAX, Yamaha Aerox mempunyai takaran
150 ml setiap penggantian periodik
Takaran Oli Gardan Motor Suzuki
Suzuki Skywave, Suzuki Sky drive, Suzuki Spin, Suzuki
Addres, Suzuki Nex mempunyai takaran 100 ml setiap penggantian periodik
Akibat Oli Gardan Tidak Diganti :
Saat penggantian oli gardan akan terlihat apakah oli
gardan yang dipakai telah mengalami penurunan kualitasnya sehingga komponen
didalam transmisi mengalami kerusakan seperti foto diatas. Untuk mencegah
kerusakan yang lebih parah didalam transmisi sepeda motor matik maka perhatikan
warna oli gardan saat dilakukan penggantian.
Oli gardan berwarna putih susu
Berarti oli gardan telah bercampur dengan air dalam
waktu yang cukup lama, bisanya disebabkan karena menerobos banjir, atau selang
pernafasan tidak terpasang secara benar, bisa juga karena selang pernafasan
sobek. Jadi untuk meminimalisir terjadinya kerusakan yang lebih parah lakukan
pengecekan setiap saat posisi selang pernafasan.
Oli Gardan Berwarna Kecoklatan / Merah Bata
Jika saat penggantian oli gardan lama berwarna merah bata
/ kecoklatan, kemungkinan besar bagian transmisi sudah berkarat dan tinggal
menunggu bearing transmisi pada pecah he….. ngeri pokoknya bro.
Oli Gardan Berwarna Hitam
Untuk oli gardan yang berwarna hitam, berarti agak
mendingan dari pada berwarna kecoklatan dan putih. Karena oli gardan yang
berwarna hitam mengindikasikan sepeda motor yang selama satu tahuanan atau
lebih tidak pernah melakukan penggantian atau tidak mengganti oli gardan secara
periodic.
Oli Gardan Berwarna Seperti Oli Gardan Baru
Nah ini warna yang paling benar, itu pertanda motor yang
terawatt dan terselamatkan he….
Apakah oli gardan bisa memakai oli mesin ? boleh asal
memakai oli mesin sepeda motor dengan standar API sejenis SG dan Standart Jaso
MB. Kesimpulannya jangan memakai oli mesin motor kopling basah apalagi pakai
oli mesin diesel, tapi balik lagi ke Empunya he…. Biar tambah makyos gua
bisikin cara ganti oli gardan, chek it dot…
Cara Mengganti Oli Gardan Yamaha Mio, Soul, Xeon, NMAX :
Siapkan alatnya yaitu Tang, baskom / nampan oli, kunci
ring 12 lebih bagus lagi pakai kunci shock 12 jangan kunci pas biasanya baud
akan slek dan oli gardan.
Buka baud pembungan oli gardan dengan memakai kunci ring
12, posisi dari pembuangan oli gardan ada di bagian bawah dari transmisi, untuk
lebih jelasnya ini jepretannya bro….
Ingat untuk membuka baud putar kearah kiri, ngencengin
baud kearah kanan…
Buka tutup lubang masuk oli gardan, dan putar perlahan
roda agar sirkulasi oli gardan lebih maksimal.
Setelah oli gardan sudah tidak menetes, maka tutup
lubang pembuangan dengan baud 12 ring tadi. Usahakan ulir pakai tangan dulu
baru pakai kunci ring 12 dan pastikan kecencangan dari baud tersebut.
Isikan oli gardan tersebut dan jangan lupa kencangkan
tutup oli gardan.
Cara Mengganti Oli Gardan Honda Beat, Vario, Spacy, Fino
dan PCX :
Sediakan dulu alatnya kunci T12, tang potong / cutter
dan sejenisnya, baskom / nampan oli, tak lupa oli gardan / transmisi.
Posisikan sepeda motor pada standart tengah (standart
2), siapkan nampan oli diposisi baud oli gardan.
Buka kedua baud 12 ring dengan kunci T12 tadi, bisanya
baud tersebut terdapat ring alumanium / tembaga. Letaknya di belakang cvt dekat
shock belakang biar lebih jelas ini gambarnya.
Setelah oli gardan keluar, putar perlahan roda belakang
untuk mensirkulasi oli gardan secara maksimal.
Kemudian tutup baud oli gardan yang paling bawah.
Masukan oli gardan kedalam transmisi, dan tutup baud oli
gardan.
Cek kembali kekencangan baud oli gardan dan pastikan
ring tembaga / aluminium terpasang dengan benar.
Nah biar tambah jelas ini video perbandingan oli gardan
yang terawat dan kurang terawat, chek it dot ….. jangan lupa subscribe… ya bro…
Ok bro sekian dulu, next time dilanjut lagi jangan lupa
stay terus di portal paling keren versi gua sendiri…. He…. Keep riding no
arogan, safety first and salam satu aspal…..
Bang mau tanyak kalo oli gardannya pakek oli atas mesin 2 (mesrania SAE 20 2T bisa gak tu ?
BalasHapussama bahayanya min kalo gak diganti2. minimal sih ane ganti setiap dua kali ganti federal oil buat mesin, ganti oli gardan deh habis itu
BalasHapus