Good morning bro ? how are you to day ? he…. Selamat
datang di blog yang ada apanya ini ? bingung, ya udah ngga usah dipikir
langsung aja ke bahasan kali ini tentang reset sepeda motor injeksi. Pada setiap
sepeda motor injeksi jika mengalami kerusakan pada system injeksi secara
otomatis akan tersimpan dalam memori computer kecil yang biasa disebut sebagai
ECU atau ECM, dan jika dibiarkan secara terus menerus akan merusak komponen
yang berkaitan dengan system injeksi tersebut.
Untuk lebih jelasnya ini artikel terkait :
Cara Mengecek Kerusakan Motor Injeksi
Motor Injeksi Pakai Busi Standart, Platinum atau Iridium
Tips Agar Pompa Bahan Bkar / Fuel Pump Awet
Cara Mengecek Kerusakan Motor Injeksi
Motor Injeksi Pakai Busi Standart, Platinum atau Iridium
Tips Agar Pompa Bahan Bkar / Fuel Pump Awet
Untuk mengatasi hal ini biasanya setiap sepeda motor injeksi
memberikan kode MIL (malfanction indicator lamp) atau kedipan genit et …. maksudnya
kedipan pada spidometer. Kode MIL berfungsi sebagai tanda adanya kegagalan
program pada ECU atau ECM, yang bisanya disebabkan oleh kerusakan komponen,
sambungan kabel dan sebagainya.
Kenapa Perlu Reset Pada Sepeda Motor Injeksi
Sebenarnya pertanyaan ini sudah dijawab pada paragraf pertama
tapi biar tambah mantep, gua teriakin he…. Jika ECM terlalu banyak menyimpan
kode kerusakan / kegagalan program dalam jangku waktu yang lama maka ECM atau
ECU akan rusak dan perlu diketahui harga ECM lumayan bikin meringis. Apakah kode
kerusakan bisa lebih dari satu ? ya jelas bisa dan ini sering terjadi.
Gejala Sepeda Motor Injeksi Perlu Direset
Sebelum terlambat maka sebagai biker harus peka dengan
kondisi kendaraannya dan jangan menunggu parah baru melakukan tindakan, so
untuk lebih jelasnya simak langsung dan check it dot :
Adanya kedipan MIL pada indicator spidometer, ini paling
gampang ditebak atau dilihat secara visual.
Tarikan motor terasa sangat berat atau mberebet alias
ngempos ngga ada tenaganya, padahal tekanan ban sudah pas, filter udara bersih,
busi masih bagus.
Putaran stasioner atau langsam yang tidak stabil,
biasanya langsam naik turun akibatnya sepeda motor sering mati atau mogok.
Akselerasi atau respon motor lambat saat buka gas.
Cara Reset ECM atau ECU
Sebenarnya setiap pabrikan menyiapkan special tool atau
alat khusus untuk mereset kode kerusakan yang tersimpan pada ECU atau ECM yang
biasa disebut sebagai scanner, tapi terkadang pabrikan memberikan kemudahan
untuk mereset sepeda motor injeksi dengan cara manual. Untuk sepeda motor Yamaha
harus memakai special tool tapi untuk sepeda motor honda bisa dilakukan secara
manual, caranya ada dibawah ini.
Cara Reset Injeksi Sepeda Motor Honda
Berhubung yang baca sudah pasti tak punya alat scanner,
maka kita akan pakai cara manual dengan hasil yang sangat joss. Cara ini bisa
dipakai untuk semua sepeda motor injeksi merk Honda dari honda supra x 125 fi,
honda supra x 125 helm in, honda beat fi, honda beat esp, honda vario 125,
honda vario 110 fi, honda vario 150, honda cb150r, honda cbr150r, honda verza,
honda megapro fi, honda spacy, honda scoopy fi, honda scoopy esp, honda pcx
150, honda revo fi, honda blade fi, ok langsung saja check it dot.
Siapkan dulu alatnya yaitu SCS Connector atau bisa
memakai kawat, biar lebih jelas lihat pada foto paling atas.
Sebelum melakukan reset pastikan sumber dari kode
kerusakan telah diperbaiki, jika belum dilakukan perbaikan maka 100 % reset
yang akan dilakukan gagal total dan percuma. Karena saat sepeda motor
dihidupkan kode kerusakan tersebut akan muncul kembali karena belum dilakukan
perbaikan pada sumber masalah tersebut.
Setelah sumber masalah diperbaiki cari posisi DLC, untuk
tipe esp dari beat dan vario bisanya letaknya dekat dengan batrey atau accu
sedangkan sport biasanya terletak dibawah jok dekat sekring fuse.
Setelah ketemu buka tutup DLC dan sambungkan dengan alat
yang tadi, ini tampilannya jika menggunakan SCS Connector.
Jika memakai kawat, ini tampilannya awas jangan sampai
salah sambung. Karena setiap tipe mempunyai warna berbeda jadi ngga gua jadikan
patokan, tapi lihat saja posisi cenilannya saat mengahadap atas maka lubang
jumper ada diposisi kiri.
Kunci kontak harus posisi off saat menyambung SCS
Connector dengan DLC.
Setelah tersambung putar kunci kontak ke posisi ON,
kemudian cabut dan colok kembali SCS Connector ke DLC dalam waktu kurang dari 5
detik.
Setelah itu putar kunci kontak ke posisi OFF.
Pemeriksaan
Hasil reset dikatakan berhasil jika posisi lampu MIL di
spidometer tetap menyala saat kunci kontak dalam posisi ON dan SCS Connector
tetap tersambung ke DLC.
Setelah Melakukan Proses Diatas Maka Lakukan Seting
Altitude / seting ketinggian, lho ini buat apa lagi ? agar ECU menyesuaikan
dengan kondisi tekanan atmosfer berdasarkan ketinggian tanah dimana sepeda
motor berada.
Cara Seting Injeksi atau Altitude
Cara ini bisa dilakukan untuk semua jenis sepeda motor
injeksi honda : dari honda supra x 125 fi, honda supra x 125 helm in, honda
beat fi, honda beat esp, honda vario 125, honda vario 110 fi, honda vario 150,
honda verza, honda megapro fi, honda spacy, honda scoopy fi, honda scoopy esp, honda
revo fi, honda blade fi, langsung saja bro sikat :
Pertama pastikan tidak ada kode kerusakan yang tersimpan
di ECM atau ECU, jika masalah kode kerusakan masih ada berarti langkah ini
bakalan gatot alias gagal total.
Kunci kontak posisi off, kemudian sambungkan DLC dengan
SCS Connector
Putar grip gas sampai putaran penuh dan putar kunci
kontak ke posisi ON.
Biarkan lampu MIL berkedip kedip dengan cepat, dalam
waktu kurang dari 5 detik lepaskan grip gas.
Perhatikan lampu MIL apakah berkedip lebih pelan tidak
seperti kedipan cepat tadi, dengan jumlah kedipan pendek sebanyak satu kali. Jika
iya berarti langkah ini berhasil.
Untuk pemeriksaan hasil pengecekan hanya bisa dilihat
dengan scanner. Untuk lebih jelasnya ini videonya bro, dan jangan lupa
subscribe…
Pilihan Mode Berdasarkan Ketinggian Tanah
Mode 1 : 0 – 2.000 meter diatas permukaan laut.
Mode 2 : 2.000 – 2.500 meter diatas permukaan laut.
Mode 3 : 2.500 – 3.500 meter diatas permukaan laut.
Mode 4 : 3.500 sampai lebih tinggi diatas permukaan laut
Ok bro sekian dulu untuk, artikel terkait liat – liat sendiri
ya. Berhubung pala udah pening berarti saatnya bobo cantic he…. See you next,
safety first and keep riding no arogan, salam satu aspal.
Bang kalau motor yamaha tidak bisa di riset cara manual ya
BalasHapusbisa bang yamaha copot masa aki posisi on hbis itu 1-2 menit pasang lagi
HapusMotor saya yamaha vega force tidak bisa di riset cara manual ya
BalasHapusBang punya saya reset dua kali malah berebet apa yang rusak
BalasHapusSetau saya cuma honda yang bisa reset manual.
BalasHapusGan numpang tanya motor ane CBR 250 builup habis di bersihkan injeksinya sekarang rpm nya tinggi 3000 mohon solusi
BalasHapusMas motor saya gagal seting altitude malah menunjukan MIL 12(Injeksi) bagaimana cara memperbaikinya?
BalasHapusMotor beat fi esp tidak bisa di reset mode g mn tu gan,,
BalasHapusSama gan beat ane juga gak bisa di setting mode
HapusAssalamualaikum bang motor Scoopy saya brebet sudah saya riset berhasil bang normal lagi..tapi setelah 2 hari kembali brebet saya riset normal lagi itu apa ya bang penyebabnya?
BalasHapusJos bg, ane coba sendiri dmotor vario jadi enteng, enak buat grip gas betat betot ambyar hahaha.......
BalasHapusMau tanya bg speda mtor vario 125 cc dgn lmpu led...lampu mil y nyala trus...udah d reset tapi pas mtor baru di hidupkan jalan bbrapa mnit muncul lagi lampu y..dan nyala trus..kndala y ap bg...???
BalasHapusBeda settingan jadinya atau disebut motor meledak
BalasHapus😂🙏
Abis setting brhasil mash ad kedipan trus the tiba2 mtr mati mndadak Saat jln santai, mhon penjelasan ya Gan
BalasHapusapa ada pengaruh keborosan pada saat penyetingan mode?
BalasHapus