Sebelumnya gue ucapin selamat datang dulu, buat para bro
semua dari mbekayu bro sampai kang bro. Gue ramal dulu, nanti kita akan ketemu
di bengkel ?? et…. Ngomong opo iki bocah (ngomong apa ini bocah) ?? maklum lah
bro lagi demam dilan, biar kekinian. Tapi kali ini bukan mau ngomongin dilan
sama motor CB 100 nya tapi mau ngomongin motor matik, ya memang ngga nyambung
tapi sambung – sambungin aja he…
Sekarang ini sepeda motor matik seperti kacang goreng,
yang selalu hilir mudik di jalanan, ngga percaya hitung saja sendiri. Kalau
percaya kita lanjut lagi he…. Sepeda motor tipe matik mempunyai perbedaan
dengan tipe sport ataupun cup / bebek, karena perbedaan itu terletak jelas di
kontruksi mesin hal itu bisa dilihat dari system penggerak roda belakang, transmisi,
jenis kopling dan masih banyak lagi, sampai – sampai oli pelumas mesin juga
berbeda. Untuk lebih jelasnya ini linknya bro.
Pengertian CVT
Pengertian CVT secara umum adalah jenis transmisi yang
dapat mengubah perbandingan gigi (gear ratio) setiap saat. Sedangkan secara
khususnya, lho kok secara khusus, la iya bro karena ini blog tentang motor.
Sedangkan teknologi cvt bukan hanya dipakai pada sepeda motor, tapi mobil,
truk, bus dan lainnya. Transmisi otomatis atau CVT, pertama kali ditemukan oleh
Van der Doorne dari belanda pada tahun 1959, tapi dikembangkan oleh produsen
mobil jepang pada tahun 1994 – 1995.
CVT alias Continuos Variable Tranmission pada sepeda
motor adalah sebuah system perpindahan tenaga / kecepatan secara otomatis yang
langsung mengikuti perputaran poros engkol (crank shaft) kemudian tenaga
putaran disalurkan ke pulley depan dan dihubungkan oleh vbelt untuk menyalurkan
tenaga kebagian pulley belakang.
Keunggulan dari CVT yaitu mempunyai kontruksi mesin yang
sederhana dan adanya perubahan perbandingan gigi tidak memaksa perputaran mesin
untuk turun setiap pergantian gigi transmisi. Maksudnya saat melawati medan
jalan datar, nanjak / turun tidak perlu melakukan penggantian gigi dengan
menggunakan perseneling seperti tipe sepeda motor sport dan cub.
Dalam kontruksi mesin sepeda motor matik, roda gigi /
gear transmisi terletak terpisah dengan poros engkol, sehingga transmisi
membutuhakan minyak pelumas sendiri. Untuk lebih jelasnya ini linknya bro..
Cara Kerja Mesin Motor Matik (CVT) :
Tenaga yang dihasilkan dari langkah usaha akan memutar
poros engkol (crank shaft) kemudian disalurkan ke pulley depan, putaran tenaga
tersebut akan disalurkan oleh vbelt ke pulley belakang kemudian sampai ke roda
belakang.
Perpindahan tenaga tersebut akan sangat ditentukan oleh
mengembang dan menutupnya antara pulley depan dan pulley belakang. Untuk lebih
jelasnya berikut posisi saat motor kecepatan rendah, sedang dan tinggi :
Saat pertama start diameter pulley depan (drive face)
akan kecil sedangkan diameter pulley belakang (driven pulley) akan mengembang /
membesar.
Saat kecepatan menengah, diameter pulley depan dan
pulley belakang akan sama – sama mengembang.
Saat kecepatan tinggi, diameter pulley depan (drive
face) akan membesar sedangkan diameter pulley belakang (driven pulley) akan
mengecil. Perubahan seperti diatas akan terjadi secara terus menerus tanpa
adanya perubahan / perpindahan gigi. Sedangkan vbelt berguna untuk
menghubungkan antara pulley depan dan pulley belakang.
Komponen CVT Sepeda Motor Metik :
Pulley Depan
Primary Fixed Sheave / Drive Pulley Face
Yaitu bagian pulley depan yang berhung langsug dengan
poros engkol dan bersifat tetap tidak bergerak karena terjepit oleh mur pulley
depan. Berfungsi sebagai tempat Vbelt untuk mengikat pulley depan, bagian ini
jarang sekali mengalami karusakan, dan berada disisi terluar dari pulley depan.
Sliding Primary Sheeve / Movable Drive Face
Bagian dari pulley depan yang terhubung ke poros engkol
dan bisa bergerak maju mundur karena adanya dorongan dari roller akibat dari
gaya sentrifugal. Moveble drive face sekaligus sebagai dudukan roller atau
rumah roller, sering kali mengalami kerusakan satu paket dengan bosh roller.
Kerusakannya biasanya ditandai pada bagian vbelt
terdapat serbuk pecahan karat yang berwarna merah kecoklatan, adanya gap /
jarak antara bosh roller dan rumah roller atau dengan bahasa simpelnya bosh
roller dan rumah roller oblak.
Apakah perlu diganti kedua part tersebut ?? jelas iya
jika dibiarkankan lama roller akan cepat aus / rusak walaupun baru ganti roller
selama satu bulan. Penyebab dari kerusakan pada rumah roller dan bosh roller
karena usia pakai dari komponen tersebut atau pemakaian part roller variasi /
aftermarket yang tidak presisi.
Roller
Pemberat yang berfungsi untuk menggerakan moveble drive
face karena gaya sentrifugal, roller pada sepeda motor metik biasanya terdapat
6 buah dan mempunyai berat yang beragam. Roller bergerak karena gaya
sentrifugal (gaya yang menjauhi pusatnya / sumbernya) dalam hal ini poros
engkol sebagai pusat dari gaya terebut.
Roller akan mengalami aus atau kerusakan ditandai adanya
bagian yang terkikis atau sudah tidak bulat lagi. Sehingga tenaga dari poros
engkol tidak akan sepenuhnya tersalurkan, pabrikan menganjurkan penggantian
roller per 24.000 km dibarengi dengan penggantian vbelt.
Vbelt atau Van Belt
Tali kipas atau Vbelt alias Van Belt berfungsi sebagai
penerus putaran dari pulley depan menuju pulley belakang dan terbuat dari serat
baja yang telah dicampur dengan karet. Pada sepeda motor matik kebanyakan
memakai jenis vbelt bergerigi, agar vbelt bekerja secara sempurna maka harus
diperhatikan ketegannya. Jika terlalu tegang, maka putaran cvt akan terasa
berat, sebaliknya jika terlalu kendur maka vbelt tidak bisa menyalurkan putaran
dengan baik dan terjadi slip. Maka dari itu jangan asal comot vbelt saat
melakukan penggantian, karena efeknya akan sangat besar ke sepeda motor.
Pulley Belakang
Clutch Housing atau Outer Clutch
Berbentuk seperti teromol atau mangkuk yang berfungsi
sebagai penerima putaran dari kanvas kopling sentrifugal yang kemudian akan
dikirimkan ke bagian transmisi hingga akhirnya ke roda belakang.
Centrifugal Clucth atau Kanvas Kopling Ganda
Kanvas kopling matik atau kopling ganda berfungsi untuk
menghubungkan tenaga dari secondary sliding sheave ke rumah kopling kemudian
diteruskan ke bagian transmisi.
Ketika grip gas diplintir pada kecepatan rendah atau RPM
bawah maka gaya sentrifugal dari kanvas kopling juga kecil. Sehingga roda belakang
akan berputar pelan, tapi sebaliknya jika grip gas diplintir pada kecepatan
tinggi. Maka kanvas kopling akan menggesek rumah kopling sehingga terjadi
perpindahan tenaga dari kanvas kopling ke rumah kopling.
Kerusakan pada kanvas kopling biasanya disebabkan karena
umur pemakaian dan cara pakai atau cara berkendara dari biker tersebut. Lho
maksudnya ?? jadi gini bro, semisal motor lu sudah km 24.000 dan kanvas
koplingnya habis / aus ya wajar lah. Tapi kalau motor lu baru km 4.000 kemudian
kanvas kopling habis / aus atau malah pecah, itu 90 % penyebabnya dari cara
pakai biker tersebut. Nah yang 10 % itu rahasia Tuhan, he…. He…
Primary Fixed Sheave atau Driven Face
Adalah bagian dari pulley belakang yang tidak bergerak /
tetap dan terdapat bearing / laher bambu dan bearing driven face. Kerusakan
pada primary fixed sheave / driven face terdapat pada kedua bearing yang berada
di belakang driven face, sehingga akan terdengar suara kasar pada bagian cvt
yang di sebabkan karena bearing tersebut. Untuk lebih jelasnya ini linknya bro…
Secondary Sliding Sheave atau Movable Driven Face
Berfungsi untuk mengatur besar dan kecil diameter pada
pulley belakang, pada komponen ini terdapat peer / pegas yang berfungsi
menggerakan secondary sliding sheave. Kalau di pulley depan roller sebagai
penggerak sementara pulley belakang digerakan oleh peer cvt (driven face spring
/ secondary sheeve spring).
Kerusakan pada secondary sliding sheave / movable driven
face biasanya karena hal sepele, yaitu tidak melakukan penggantian grease cvt
dalam jangka lama atau lebih dari 2 tahun sekitar 24.000 km. Seharusnya saat
penggantian vbelt dan roller dibarengi dengan penggantian grease dan lebih
bagus lagi 4 buah sil O-ring / sil driven face diganti agar lebih mantep tidak
adanya kebocoran grease.
Akibat dari tak pernah mengganti grease cvt ada pada
gambar pertama.
Cara Mengganti Vbelt Motor Honda Beat, Vario, Spacy, Scoopy :
Buka blok cvt dengan menggunakan kunci T8, dan lepaskan
blok cvt tersebut.
Pasang special tool ( Clucth Center Holder atau
Universal Holder) di pulley depan, buka mur ring 22 dengan kunci shock / kunci
momen 22.
Pasang Fly Wheel Holder di pulley belakang, kemudian
kendorkan mur ring 19 dengan kunci shock / kunci momen 22.
Setelah itu lepaskan pulley depan, belakang dan vbelt
terserah urutannya.
Cara memasangnya
Susun 6 buah roller pada rumah roller dan bosh roller.
Kemudian pasang ramp plate dan 3 piece slide pada
susunan rumah roller tadi.
Setelah itu pasang susunan tersebut pada poros engkol
(crankshaft) dan pasang vbelt dibagian bosh roller.
Tutup vbelt dengan drive face dan pasang mur 22 beserta
ringnya terlebih dahulu, jangan lupa kencangkan mur tersebut dengan memakai treaker
tadi, nah ini fotonya….
Selanjutnya pasang pulley belakang beserta outer clutch
dan kencangkan mur 19 mm.
Cara Merawat CVT Sepeda Motor Matic
Lakukan pembersihan setiap 8.000 km agar tidak ada debu,
kotoran atau bahkan adanya rembesan oli dan grease, hal ini bisa dilakukan
dengan membongkar semua komponen cvt atau hanya menyemprotnya dengan spray gun
(angin) jika tidak memiliki treaker.
Saat membongkar komponen cvt, lebih mantep cuci pakai
air sabun bisa memakai bensin asal bisa dipastikan bahwa di dalam bensin tidak
tercampur dengan oli mesin dan grease. Sementara vbelt harus memakai air sabun.
Hal yang murah sering dilupakan tapi sangat fatal untuk
jangka panjang, yaitu penggantian grease cvt saat bebarengan dengan penggantian
vbelt dan roller. Sebelum main ganti – ganti, sebaiknya cek dulu kondisi sil
O-ring atau sil driven face. Apakah sil tersebut bocor ?? jika bocor, dan hanya
grease saja yang diganti maka bisa dipastikan grease tersebut akan bocor lagi. Maka
sebaiknya sil o – ring diganti sekalian biar mantep.
biar ada gambaran tonton video ini sampai selasai ya bro dan jangn lupa subscribe, kalau mau nanya di channel aja biar gua gampang jawabnya he.. he..
biar ada gambaran tonton video ini sampai selasai ya bro dan jangn lupa subscribe, kalau mau nanya di channel aja biar gua gampang jawabnya he.. he..
Ok bro sekian dulu, next videonya meluncur, jangan lupa
safety first and keep riding no arogan. Salam satu aspal
Komentar
Posting Komentar