Udara selain dibutuhkan oleh makhluk hidup, mesin sepeda
motor juga membutuhkannya untuk proses pembakaran bahan bakar menjadi tenaga. Semakin
besar udara masuk keruang bakar maka akselerasi akan semakin cepat. Atas dasar
inilah para biker melakukan open filter alias memelapas filter udara dari
throttle body (TB) atau karburator.
Apakah power sepeda motor akan meningkat ? ya meningkat
tapi sedikit malah tidak terasa sama sekali jika tanpa ubahan pada komponen
lain entah di bagian karburator maupun ruang bakar atau pengapian. Tapi memang
cara ini yang paling gampang dan murah untuk meningkatkan akselerasi pada
sepeda motor, apakah harus seting karburator atau throttle body ? untuk motor
karburator ada yang cukup copot filter saja, ada juga yang perlu mengubah /
menaikan pilot jet 1 step lebih tinggi dengan bawaan dari motor. Sementara
untuk throttle body (motor injeksi) tak perlu seting lagi karena ECU / ECM akan
menyesuaikan pasokan bahan bakar sesuai tekanan udara yang masuk ke TB.
Sebelum kita kupas setajam silet baru beli diwarung, ini
link tentang jenis–jenis filter udara bawaan dari pabrikan dan cara
membersihkannya,
Fungsi dan Letak Filter Udara Sepeda Motor
Fungsi dari filter udara
yaitu untuk menyaring udara
yang akan masuk kedalam Karburator atau TB dari partikel atau benda – benda
asing.
Letak Filter Udara :
Jenis motor bebek / cup, filter udara berada dibelakang
spakbor roda depan berlaku untuk semua merk.
Jenis motor matic, filter udara ada di depan roda
belakang untuk model karburator semantara motor matic injeksi berada persis
diatas cvt.
Jenis motor sport dan Bebek Sport, filter udara biasanya
terletak dibawah jok sepeda motor.
Beberapa Penerapan Open Filter Pada Sepeda Motor :
Copot Semua Box Filter
Cara ini paling ekstream dan paling murah karena hanya
mencopot atau melepas filter udara beserta boxnya. Cara ini banyak diterapkan
pada motor – motor untuk kompetisi, yang hanya dipakai kalau lagi balapan
doang. Kenapa box filter tersebut dilepas ? biasanya untuk dipasang Velocity
Stack, untuk alasan lainnya tanya sendiri aja sama orangnya yang melakukan cara
ini he…
Ini gambar velocity stack,
Fungsi dari velocity stack untuk mengubah volume dan
kecepatan udara yang masuk kedalam karburator atau TB, sesuai karakter mesin
sepeda motor.
Filter Racing Open Pod
Jenis filter udara ini ada banyak yang dijual dipasaran,
untuk kisaran harga dari Rp 50.000 sampai Rp 500 ribu tergatung model. Untuk
memasangnya harus melepas box filter bawaan sepeda motor kemudian pasang filter
racing jenis open pod ini. Cara membersihkannya cukup menyemprotkan angina dari
kompresor atau cuci sampai kering dengan air sabun cuci. Terkadang untuk filter
jenis ini malah bikin mampet angina yang masuk kedalam karburator atau TB jadi
harus cermat dan teliti dulu sebelum membeli. Ini jepretannya bro…
Filter Racing Drop In
Untuk filter udara racing jenis drop ini tidak perlu
melepas atau mencopot box filter udara bawaan pabrik, karena cukup mengganti
filter udaranya saja. Masalah harga paling murah sekitar Rp 250 ribu sampai
artikel ini gua post, ngga tau besok - besok harganya naik atau malah turun
he…. Ini gambarnya bro..
Open filter dan pememakai filter udara racing entah
model open pod dan drop in, akan mempunyai efek atau akibat pada sepeda motor tersebut.
Karena debu yang ikut masuk ke karburator / TB tanpa adanya penyaring udara
atau menggunkan filter racing, sebab filter racing kebanyakan mempunyai celah
lubang yang lebih besar dari filter original bawaan motor. Untuk lebih jelas
ini akibatnya, langsung chek it dot…
Efek dari Melepas Filter Udara Sepeda Motor :
Karburator atau Throttle Body Cepat Kotor
Karburtor atau TB adalah part yang pertama kali yang
akan mengalami dampak langsung dari tindakan open filter, walaupun hanya berupa
noda hitam atau kotoran yang merupakan penumpukan dari debu-debu. Tapi untuk
jangka panjang, penumpukan debu terebut lama kelamaan akan merusak karburator /
TB, ditandai dengan stasioner / langsam yang ngga stabil.
Manifold
Manifold adalah jalur kedua sebelum masuk ke mesin,
dibagian ini dampak dari open filter tidak terlalu ketara, cuman untuk model
karburator tertentu. Kotoran dari debu akan menutup lubang vakum menuju bahan
bakar, sehingga bahan bakar tidak akan turun kekarburator karena tidak ada
hisapan udara kosong (vakum) dari ruang bakar. Ingat bro ini untuk jenis sepeda
motor yang memakai filter vakum bahan bakar, ciri dari motor jenis ini saat
bahan selang bahan bakar di cabut dari karburator, bahan bakar tidak akan
langsung keluar.
Klep atau Valve
Karena debu yang masuk keruang bakar (mesin) tidak
terbakar secara sempurna bersama bahan bakar, tapi akan menimbulkan tumpukan
karbon yang menempel di bagian klep. Sehingga akan menimbulkan bocor kompresi,
sehingga mesin akan sulit dihidupkan.
Piston atau Seher
Ini adalah bagian utama dari dampak tindakan open
filter, jika tidak terjadi bocor kompresi yang diakibatkan karena klep tidak
bisa dalam posisi rapat dengan siting klep. Maka yang terjadi penumpukan karbon
persis diruang bakar, sehingga kompresi akan sangat padat dan terjadi knocking.
Hal ini akan sangat berdampak pada umur pakai / kerusakan pada piston, walapaun
proses ini dalam jangka waktu yang lama bukan dalam hitungan harian.
Ok bro, kalau mau bersikukuh open filter sebaiknya
sering dilakukan pembersihan pada filter racing tersebut dan service berkala
pada karburator atau throttle body. Agar tambah yakin ini videonya chek it
dot….