Ok… bro selamat datang dulu gua ucapkan, buat para bro
sekalian yang lagi puyeng dengan tanda tanya ??? sebab motor verzanya kesayangannya
sakit – sakitan, et dah…. Kaya dukun aja gua ngomong. Disini tempatnya mencari
reverensi yang tajam setajam silet baru beli he…..
Berhubung kemarin sudah gua kasih bocoran tentang penyakit
motor CB150R taun pertama, maka untuk kali ini gua kasih bocoran tentang
penyakit yang biasanya terdapat di sepeda motor Honda Verza, ok langsung aja
chek it dot.
Penyakit Motor Honda Verza
- Bearing / Laher Noken As (Cam Shaft ) Rusak
Noken As / Cam Shaft terletak di bagian head silinder
berfungsi untuk menggerakan Rocker Arm kemudian di teruskan ke panyung klep /
klep / valve, agar klep membuka dan
menutup sesuai timing pengapian. Itu posisi dan fungsi dari noken as, nah
.. yang jadi pertanyaannya bearing noken
as terletak ada dimana?? Karena part ini yang kita bahas. Ya jalas menempel di noken as tersebut,
he…
Bearing ini berfungsi sebagai peredam putaran dan mengurangi
gesekan pada noken as / cam shaft, jika part ini rusak / ambrol maka akan
terdengar suara noise / berisik / di bagian head silinder, biasanya berbunyi
klotok – klotok. Penyelesainnya dengan
mengganti cam shaft tersebut atau cuman mengganti bearing cam shaft / noken as
nya, tapi saran gue mending ganti noken as saja karena kalau dihitung – hitung
selisihnya sedikit dengan mengganti bearing noken as.
Tapi kalau masih ngotot pinging anti bearing nokn as, cari
bearing yang mmpunyai kode C3 jangan asal comot ya bro, ini gua kasih link
penjelasannya..
- Peer / Pegas Perseneling Patah
Akibat dari patahnya peer
/ pegas sepeda motor tersebut tidak bisa oper gigi / ganti perseneling,
paling mentok cuman gigi satu dan netral, untuk dan seterusnya akan susah dan
ribet. Cirinya jika peer perseneling patah,
saat perseneling nambah gigi atau mengurangi perseneling tidak mau
membalik.
Untuk penyelesaiannya cuman dengan mengganti peer / pegas
perseneling yang patah tersebut, tapi bro nyari barangnya rada ribet karena ini
bukan part fast moving. Ini gua kasih gambarna biar mantep…
- Fuel Pump / Pompa Bahan Bakar
Sebenarnya ini problem buat seluruh motor injeksi entah dari
pabrikan sayap mengepak, garputala, Suzuki dan Kawasaki, cirinya saat kunci
kontak di putar On tidak ada suara dengung di bagian tangki bahan bakar. Untuk
masalah ini saat tidak ada dengungan dari tangki bahan bakar, fuel pump
bukanlah satu – satunya sumber masalah tersebut, karena bisa berasal dari ECU,
kabel body, atau part – part yang terkait. Untuk lebih jelasnya gua kasih
linknya bro…
- Bosh Swing Arm Oblak
Sebenarnya untuk problem ini hampir semua motor mengalaminya
jika usia sepeda motor tersebut sudah mulai sepuh / tua, jadi ngga usah gua
omongin lagi, tapi tetep ini ada linknya yang kebetulan ngebahas bosh swing arm
Honda Verza.
Ok bro sekian dulu ya, nanti kalau ada yang lain gua kasih
tahu. Jangan lupa safety first, quality must, salam satu aspal….